Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Klook.com

2022-06-13

6 Destinasi Wisata di Provinsi Zuid-Holland, Belanda, yang Wajib Kalian Kunjungi

Salam Traveling!


Setelah Noord-Holland, sekarang kita menuju ke provinsi selanjutnya di Belanda yaitu Zuid-Holland.

Zuid-Holland atau South Holland (Holland Selatan), merupakan provinsi yang terletak tepat di sebelah selatan Noord-Holland. Sama seperti Noord-Holland, Zuid-Holland juga terletak di wilayah barat Belanda. Provinsi ini berbatasan dengan North Sea di sebelah barat dan utara, dengan Utrecht dan Gelderland di sebelah timur, dan dengan Noord-Brabant dan Zeeland di sebelah selatan. Zuid-Holland merupakan provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Belanda, yaitu sekitar 3,7 juta jiwa pada tahun 2021.


Rotterdam, Zuid-Holland
Rotterdam, Zuid-Holland - foto oleh djedj / Pixabay

Berikut beberapa destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh para traveler di Zuid-Holland:


1. Rotterdam

Rotterdam Port
Rotterdam Port - foto oleh Valerii Iavtushenko / Pixabay

Destinasi pertama adalah Rotterdam, kota pelabuhan utama di negara Belanda. Kota ini merupakan kota terbesar kedua setelah Amsterdam dengan jumlah penduduk sekitar 651 ribu jiwa pada tahun 2020. Secara geografis, Rotterdam terletak di delta sungai Rhine-Meuse-Scheldt. Sungai Nieuwe Maas membagi wilayah kota menjadi 2 bagian: utara dan selatan. Rotterdam merupakan salah satu kota pelabuhan utama di Laut Utara dan Benua Eropa sehingga sering dijuluki sebagai “Gateway to Europe”.

Taman kota di Rotterdam
Salah satu taman kota di Rotterdam - foto oleh djedj / Pixabay

Sebagai kota pelabuhan terbesar di Eropa, Rotterdam menjadi pusat ekonomi dan logistik di benua ini. Kota ini merupakan rumah bagi sekitar 180 warga negara. Rotterdam terkenal dengan universitasnya, Erasmus University Rotterdam (EUR), yang merupakan salah satu universitas ternama di Eropa. Kota ini juga terkenal dengan area riverside-nya, kebudayaan, maritim, serta arsitektur modern. Landmark dan objek wisata utama di Rotterdam antara lain Cube House, Museum Boijmans Van Beuningen , Market Hall, Erasmus Bridge (Erasmusburg), Euromast, Witte Huis, dan Ahoy Rotterdam. Informasi lebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata Rotterdam.


2. Den Haag

Den Haag, Zuid-Holland
Den Haag - foto oleh Cor Gaasbeek / Pixabay

Destinasi kedua adalah Den Haag atau yang dalam Bahasa Inggris dikenal dengan nama The Hague. Den Haag merupakan ibu kota provinsi Zuid-Holland sekaligus pusat administrasi pemerintahan negara serta Kerajaan Belanda. Kota ini juga terkenal sebagai lokasi kantor utama PBB, yaitu United Nations’ International Court of Justice and International Criminal Court. Den Haag juga merupakan kota terbesar ketiga di Belanda setelah Amsterdam dan Rotterdam dengan jumlah penduduk sekitar 549 ribu jiwa pada tahun 2020.


Area Old Town, Den Haag
Area Old Town, Den Haag - foto oleh Julian Hacker / Pixabay

Secara geografis, Den Haag terletak di tepi North Sea, wilayah barat Belanda. Sebagai pusat administrasi negara, di Den Haag terdapat kantor pemerintahan (Cabinet), parlemen (States General), pengadilan tinggi (Supreme Court), serta Council of State negara ini. Keluarga kerajaan Belanda, King Willem-Alexander dan Queen Máxima juga menetap di Den Haag, tepatnya di istana Huis ten Bosch dan Noordeinde Palace. Sebagian besar kantor kedutaan negara jga berada di kota ini. Meski demikian, ibu kota negara secara konstitusional tetap berada di Amsterdam. Beberapak landmark dan objek wisata utama di Den Haag antara lain Madurodam, Mauritshuis, Kunstmuseum Den Haag, Peace Palace, Binnenhof, dan Escher Museum.


3. Delft

Salah satu jalan dan kanal di Kota Delft
Salah satu jalan dan kanal di Kota Delft - foto oleh djedj / Pixabay

Destinasi ketiga adalah Delft, kota metropolitan yang terletak di wilayah barat Provinsi Zuid-Holland. Kota ini terletak di antara Rotterdam dan Den Haag, serta termasuk dalam area metropolitan Rotterdam-Den Haag dan Randstad. Jumlah penduduk kota ini sekitar 101 ribu jiwa pada tahun 2017. Selain terkenal sebagai destinasi wisata, Delft juga dikenal sebagai kota pendididkan. Di kota ini terdapat Universitas Teknologi Delft (TU Delft), yang merupakan salah satu perguruan tinggi utama serta pusat penelitian dan pengembangan teknologi di Belanda. Beberapa landmark dan objek wisata utama di Delft antara lain City Hall, Oosdtpoort (Eastern gate), Oude Kerk (Old Church), Nieuwe Kerk (New Church), patung Hugo Grotius, Prinsenhof (Princes' Court), Gemeenlandshuis Delfland, Vermeer Centre, dan kincir angin De Roos. Untuk mencapai destinasi ini, dari Amsterdam, pengunjung bisa menggunakan kereta, dan hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam.


4. Leiden

Kanal di Kota Leiden
Kanal di Kota Leiden - foto oleh Manav Porwal / Pixabay

Destinasi keempat adalah Leiden, kota cantik yang terletak di wilayah utara provinsi Zuid-Holland. Kota ini terkenal dengan bangunan-bangunan berarsitektur klasik khas Belanda, serta Universitas Leiden, yang merupakan perguruan tinggi tertua di dunia, yang telah berdiri sejak tahun 1575. Di universitas tersebut terdapat Hortus Botanicus Leiden Botanical Garden, yang dibangun pada tahun 1590. Di kebun botani tersebutlah, bunga tulip pertama kali diperkenalkan ke seluruh wilayah Eropa Barat. Jumlah penduduk Leiden sekitar 123 ribu jiwa pada tahun 2017. Selain Hortus Botanicus, landmark lainnya di kota ini antara lain Naturalis Bodiversity Center, Rijksmuseum van Oudheden, Museum de Lakenhal, Dutch National Museum of Antiquities, serta Kagerplassen (Kaag Lakes). Leiden sering dikunjungi oleh wisatawan karena letaknya yang tidak terlalu jauh dari Amsterdam dan Den Haag. Untuk mencapai destinasi ini, pengunjung bisa menggunakan kereta dari stasiun Amsterdam-Centraal menuju ke stasiun Leiden Centraal, dan hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 35 menit.


5. Kinderdijk

Deretan kincir angin di Kinderdijk
Deretan kincir angin di Kinderdijk - foto oleh Valdas Miskinis / Pixabay

Destinasi kelima adalah Kinderdijk, desa kecil cantik yang terkenal dengan kincir angin klasik khas Belanda, serupa dengan Zaanse Schaans. Desa ini terletak di wilayah Moolenwaard, wilayah timur provinsi Zuid-Holland. Dari Rotterdam, desa ini berjarak sekitar 15 km di sebelah timur. Kinderdijk terletak di wilayah polder Alblasserwaard, di persimpangan Sungai Lek dan Sungai Noord. Untuk mengeringkan polder tersebut, 19 kincir angin berukuran besar dibangun sejak tahun 1740. Kumpulan kincir angin tersebut merupakan yang tertua dan terbanyak dari seluruh wilayah Belanda. Pada tahun 1997, UNESCO memasukkan wilayah desa ini ke dalam World Heritage Site dengan nama Mill Network at Kinderdijk-Elshout. Untuk mencapai destinasi ini, dari Rotterdam, pengunjung bisa menggunakan bisa maupun waterbus (vervoer), dan hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 jam.


6. Gouda

Gouda, Zuid-Holland
Gouda, Zuid-Holland - foto oleh Ralf Roletschek

Destinasi keenam adalah Gouda, kota kecil cantik yang terkenal dengan keju gouda dan cemilan stroopwafel. Kota ini terletak di wilayah timur provinsi Zuid-Holland, tidak jauh dari perbatasan dengan provinsi Utrecht. Dari Rotterdam, Gouda berjarak sekitar 21 km ke sebelah timur laut. Jumlah penduduk kota ini sekitar 73 ribu jiwa pada tahun 2019. Selain keju, Gouda juga terkenal beberapa bangunan berarsitektur Gothic, salah satunya adalah Town Hall yang telah dibangun sejak abad ke-15. Bangunan tersebut terletak di Markt Square, sebuah lapangan yang juga telah ada sejak abad pertengahan. Di lapangan inilah selalu diadakan pasar keju gouda yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan pada bulan April hingga Agustus setiap tahunnya. Selain Town Hall dan Markt Square, objek wisata lain di Gouda adalah Goudse Waag atau Gouda Cheese Museum dan Museum Gouda. Di kota terdapat 2 stasiun kereta yaitu Stasiun Gouda dan Gouda Goverwelle yang menghubungkan kota ini dengan Den Haag, Rotterdam, dan Utrecht.


Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang 6 destinasi wisata di Provinsi Zuid-Holland, Belanda, yang wajib kalian kunjungi. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!





Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar