Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

2023-01-03

4 Kota Destinasi Wisata di Negara Bagian Massachusetts, Amerika Serikat

Salam Traveling!


Sekarang kita menuju ke wilayah Pantai Timur Amerika Serikat atau yang lebih dikenal dengan sebutan East Coast. Dan state atau negara bagian pertama yang akan kita tuju adalah Massachusetts (MA).

Patung Paul Revere, Boston, Massachusetts
Patung Paul Revere, Boston, Massachusetts - foto oleh David Mark / Pixabay

Massachusetts (MA) merupakan salah satu state yang berpenduduk cukup padat di wilayah East Coast, Amerika Serikat. State ini termasuk dalam region New England bersama dengan 5 state lainnya: Connecticut, Maine, New Hampshire, Rhode Island, dan Vermont. Wilayah Massachusetts dibatasi oleh Samudra Atlantik dan Teluk Maine di sebelah timur, New Hampshire dan Vermont di sebelah utara, New York di sebelah barat, serta Connecticut dan Rhode Island di sebelah selatan. Ibu kota state ini terletak di Boston, yang terletak di wilayah pantai timur serta merupakan kota metropolitan terpadat di region New England. Di masa lampau, wilayah Massachusetts pada awalnya merupakan area pertanian, perikanan, dan perdagangan, yang kemudian bertransformasi menjadi pusat industri pada saat Revolusi Industri. Pada abad ke-20, ekonomi negara bagian ini kemudian beralih ke sektor pelayanan public. Saat ini Massachusetts merupakan pusat bioteknologi, engineering, pendidikan tinggi, keuangan, serta perdagangan maritim.


Berikut 4 kota besar sekaligus destinasi wisata di Massachusetts yang sering dikunjungi oleh para traveler:


1. Boston

Faneuil Hall, Boston
Faneuil Hall, Boston - foto oleh David Mark / Pixabay

Destinasi pertama adalah Boston, ibu kota negara bagian Massachusetts sekaligus kota terbesar di seluruh region New England. Kota ini terletak di tepi Teluk Massachusetts yang merupakan bagian dari Samudra Atlantik. Wilayah Boston dikelilingi oleh kota-kota yang lebih kecil yang membentuk region Greater Boston. Kota-kota tersebut antara lain Wintrop di sebelah timur; Revere, Chelsea, dan Everett di sebelah timur-laut; Somerville dan Cambridge di sebelah utara; Watertown di sebelah barat-alut; Newton dan Brookline di sebelah barat; Dedham di sebelah barat-daya; serta Milton dan Quincy di sebelah tenggara. Sungai Charles memisahkan wilayah Boston (Allston-Brighton, Fenway-Kenmore dan Back Bay) dari Watertown dan Cambridge; Sungai Neponset membentuk batas wilayah Boston selatan dengan Quincy dan Milton; Sungai Mystic memisahkan Charlestown dari Chelsea dan Everett; serta Chelsea Creek dan Boston Harbor memisahkan wilayah East Boston dari Downtown, The North End, dan The Seaport. Jumlah penduduk kota Boston sekitar 675 ribu jiwa pada tahun 2020, sementara area metropolitan Greater Boston memiliki penduduk mencapai 4,8 juta jiwa.

Pusat Kota Boston
Pusat Kota Boston - foto oleh cytis / Pixabay

Boston merupakan salah satu kota tertua di Amerika Serikat dan merupakan lokasi terjadinya berbagai peristiwa bersejarah. Beberapa di antaranya adalah Revolusi Amerika, Boston Massacre, Boston Tea Party, Battle of Bunker Hill, dan Siege of Boston. Saat ini, kota ini merupakan pusat kebudayaan dan finansial di region New England. Selain itu, dengan banyaknya kampus dan universitas di wilayah sekitar Boston, termasuk di antaranya Universitas Harvard dan MIT, menjadikan kota ini sebagai pusat sains dan penelitian yang berkembang pesat. Dengan semua keunikannya, Boston juga memiliki berbagai landmark yang menarik untuk dikunjungi seperti Museum of Fine Arts Boston, New England Aquarium, Fenway Park, Isabella Stewart Gardner Museum, Museum of Science, Faneuil Hall, Freedom Trail, Boston Common, dan Boston Children’s Museum.


2. Salem

House of Seven Gables, Salem
House of Seven Gables, Salem - foto oleh David Mark / Pixabay

Destinasi kedua adalah Salem, kota bersejarah di tepi pantai yang terletak di wilayah Pantai Utara Greater Boston. Kota kecil ini termasuk dalam wilayah county Essex, sekitar berjarak sekitar 25 km di sebelah timur-laut Kota Boston. Sekitar tahun 1626, Salem mulai menjadi pemukiman bangsa Eropa. Selanjutnya kota ini berkembang menjadi salah satu pusat perdagangan dan pelayaran pada awal sejarah Amerika Serikat. Saat ini, Salem merupakan wilayah pinggiran Kota Boston.

Old Town Hall, Salem
Old Town Hall, Salem - foto oleh George Pankewytch / Flickr

Salem sebagian besar merupakan area pemukiman serta wisata. Objek wisata utama di kota ini antara lain House of Seven Gables, Salem State University, Pioneer Village, Salem Maritime National Historic Site, Salem Willows Park, dan Peabody Essex Museum. Selain itu di area Federal Street District dan Charter Street Historic District terdapat pemukiman penduduk yang bersejarah dan berarsitektur klasik. Jumlah penduduk kota ini sekitar 44 ribu jiwa pada tahun 2020.


Salem juga terkenal dengan tragedi bersejarah Salem witch trials yang terjadi pada tahun 1692. Beberapa mobil polisi di kota ini dihiasi dengan logo penyihir (witch), salah satu sekolah dasar umum dikenal dengan sebutan Witchcraft Heights, dan tim atletik Salem High School diberi nama Witches. Gallow Hill dipercaya sebagai lokasi eksekusi hukuman gantung bagi mereka yang didakwa melakukan praktek sihir. Saat ini, lokasi tersebut merupakan taman kota yang digunakan sebagai arena bermain serta berolahraga.


3. Worcester

Gedung American Antiquarian Society, Worcester
Gedung American Antiquarian Society, Worcester - foto oleh Magicpiano / Wikimedia Commons

Destinasi ketiga adalah Worcester, kota terbesar kedua di region New England setelah Boston. Nama kota ini berasal dari nama kota Worcester di Inggris, serta memiliki populasi penduduk sekitar 206 ribu jiwa pada tahun 2020. Worcester berjarak sekitar 64 km di sebelah barat Boston, sekitar 80 km di sebelah timur Springfield, dan 64 km di sebelah utara Providence. Karena letak geografisnya tersebut, di bagian tengah wilayah Massachusetts, kota ini diberi julukan sebagai “Heart of the Commonwealth”, serta symbol hati (heart) menjadi lambang kota ini.

Gedung Union Station, Worcester
Gedung Union Station, Worcester - foto oleh Terageorge / Wikimedia Commons

Worcester berkembang sebagai kota industri pada abad ke-19 karena adanya Blackstone Canal serta transportasi kereta. Industri yang berkembang di kota ini pada saat itu adalah mesin, tekstil dan kawat. Imigran dari Eropa merupakan populasi penduduk terbesar. Akan tetapi saat Perang Dunia II, kegiatan industri di kota ini mulai menurun. Perekonomian kota terus menurun hingga sekitar tahun 1990-an. Saat itu pendidikan tinggi, kesehatan, serta bioteknologi mulai berkembang berkembang pesat, serta para imigran kembali berdatangan.


4. Cambridge

Harvard University, Cambridge
Harvard University, Cambridge - foto oleh Ingfbruno / Wikimedia Commons

Destinasi keempat adalah Cambridge, kota yang terkenal dengan perguruan tinggi ternama dunia yaitu Harvard University dan Massachusetts Institute of Technology (MIT). Kota ini terletak di wilayah county Middlesex serta merupakan bagian dari area metropolitan Greater Boston. Cambridge merupakan kota terbesar keempat di negara bagian Massachusetts setelah Boston, Worcester dan Springfield, dengan jumlah penduduk sekitar 118 ribu jiwa pada tahun 2020. Cambridge terletak di sebelah utara Boston, di sepanjang Sungai Charles. Nama kota ini diambil dari nama Universitas Cambridge yang terletak di Inggris.

Kendall Square, Cambridge
Kendall Square, Cambridge - foto oleh Another Believer / Wikimedia Commons

Selain Harvard dan MIT, perguruan tinggi terkenal lainnya di Cambridge antara lain Lesley University dan Hult International Business School, serta Raddcliffe College yang saat ini telah bergabung menjadi bagian dari Harvard University. Salah satu area yang sangat terkenal di kota ini adalah Kendall Square yang diberi julukan “the most innovative square mile on the planet”. Diberi julukan demikian, karena di sekitar area ini telah berdiri banyak perusahaan startup sejak tahun 2010.


Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang 4 kota destinasi wisata di negara bagian Massachusetts, wilayah pantai timur Amerika Serikat. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar