Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Klook.com

2023-03-16

5 Kota Destinasi Wisata di Negara Bagian New York, Amerika Serikat

Salam Traveling!


Masih di wilayah Pantai Timur atau East Coast, setelah Massachusetts, sekarang kita menuju ke negara bagian selanjutnya di Amerika Serikat yaitu New York (NY).

New York City, New York
New York City, New York - foto oleh Jo Wiggijo / Pixabay

Perlu teman-teman ketahui bahwa New York State atau negara bagian New York berbeda dengan New York City (NYC), yang telah kita bahas sebelumnya. New York State merupakan negara bagian yang juga terletak di wilayah East Coast atau Pantai Timur, tepat di sebelah barat Massachusetts. New York City atau Kota New York terletak di negara bagian ini serta merupakan kota terbesar. Meski demikian, ibu kota negara bagian bukanlah New York City, melainkan Albany.

Niagara Falls, New York
Niagara Falls, New York - foto oleh Natasha_G_Pixabay

Wilayah New York State berbatasan dengan New Jersey dan Pennsylvania di sebelah selatan; dengan Connecticut, Massachusetts dan Vermont di sebelah timur; serta dengan Provinsi Quebec dan Ontario (Kanada) di sebelah utara dan barat. Negara bagian ini memiliki area yang sangat luas, sekitar 141.300 km persegi, dan berada di urutan ke-27 dari seluruh negara bagian di Amerika Serikat. Sementara dari populasi penduduk, New York State berada di urutan ke-4 dengan jumlah penduduk total mencapai 20 juta jiwa pada tahun 2020, yang sebagian besar berdomisili di New York City (NYC).


Berikut 5 kota sekaligus destinasi wisata utama di negara bagian New York yang sering dikunjungi oleh para traveler:


1. New York City (NYC)

New York City dan Sungai Hudson
New York City dan Sungai Hudson - foto oleh Robert Jones / Pixabay

Destinasi pertama adalah New York City atau biasa disingkat dengan NYC, kota metropolitan terbesar di Amerikas Serikat. New York City terkenal sebagai pusat bisnis, keuangan, media, seni, hiburan, dan fashion, di dunia. Secara geografis, kota ini terletak di ujung tenggara state New York, di muara Sungai Hudson, wilayah timur-laut Amerika Serikat. Wilayah New York dibagi menjadi 5 borough (sektor) yaitu Brooklyn, Queens, Manhattan, The Bronx, dan Staten Island. Jumlah penduduk kota ini sekitar 8,8 juta jiwa pada tahun 2020. Sementara untuk keseluruhan area metropolitan, jumlah penduduknya mencapai 23,5 juta jiwa. Di New York, terdapat salah satu bandara tersibuk di Benua Amerika, yaitu John F. Kennedy International Airport. Beberapa landmark dan objek wisata utama di New York City (NYC) antara lain Patung Liberty, Empire State Building, Central Park, dan Times Square. Informasi selengkapnya bisa dibaca di Wisata New York City, Amerika Serikat.


2. Albany

New York Capitol, Albany
New York Capitol, Albany - foto oleh GetArchive

Destinasi kedua adalah Albany, ibu kota negara bagian New York. Secara geografis, kota ini terletak di tepi barat Sungai Hudson, wilayah timur New York. Dari New York City, Albany berjarak sekitar 220 km di sebelah utara. Albany terkenal dengan aristektur, kebudayaan, institusi pendidikan tinggi, serta sejarah. Kota ini merupakan pusat ekonomi dan kebudayaan Capital District negara bagian New York, yang meliputi Albany serta wilayah kota di sekitarnya yaitu Troy, Schenectady, dan Saratoga Springs.

Albany City Hall
Albany City Hall - foto oleh Onasil / Flickr

Beberapa landmark dan objek wisata yang sering dikunjungi oleh para traveler di Albany antara lain Schuyler Mansion State Historic Site, New York State Museum, Ten Broeck Mansion, New York State Capitol, Washington Park, Albany Institute of History & Art, Historic Cherry Hill, USS SLATER, dan Discover Albany Visitors Center.


3. Buffalo

Buffalo, New York
East High School, Buffalo - foto oleh Andre Carrotflower / Wikimedia Commons

Destinasi ketiga adalah Buffalo, kota terbesar kedua di negara bagian New York serta pusat administrasi Erie County. Secara geografis kota ini terletak wilayah barat New York State, di ujung timur Danau Erie (Lake Erie) dan hulu Sungai Niagara (Niagara River). Wilayah barat kota ini berbatasan dengan Provinsi Ontario (Kanada), yang dipisahkan oleh Sungai Niagara yang mengalir dari Danau Erie ke Danau Ontario (Lake Ontario).

Richardson Olmsted Complex, Buffalo
Richardson Olmsted Complex, Buffalo - foto oleh GetArchive

Sekitar 28 km di sebelah utara Buffalo, terletak kota kecil Niagara Falls yang juga berada di tepi Sungai Niagara. Wilayah Buffalo beserta Niagara Falls membentuk area metropolitan Buffalo-Niagara Falls Metropolitan Statistical Area (MSA) yang memiliki total penduduk sekitar 1,1 juta jiwa pada tahun 2020. Beberapa landmark dan objek wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan di Buffalo antara lain Buffalo AKG Art Museum, Theodore Roosevelt Inaugural National Historic Site, Frank Lloyd Wright’s Martin House, Buffalo Naval Park, Canalside, Sahlen Field, Buffalo City Hall, Buffalo and Erie County Botanical Gardens, dan The Buffalo Zoo.


4. Rochester

Rochester, New York
Rochester, New York - foto oleh Patrick Ashley / Wikimedia Commons

Destinasi keempat adalah Rochester, kota terbesar keempat di negara bagian New York serta pusat administrasi Monroe County. Secara geografis, kota ini terletak di tepi selatan Danau Ontario (Lake Ontario), wilayah barat New York State. Di sebelah utara, kota ini berbatasan dengan Provinsi Ontario (Kanada), yang terletak di seberang Danau Ontario. Rochester merupakan kota terbesar keempat di negara bagian ini setelah New York City, Buffalo dan Yonkers. Wilayah metropolitan kota ini mencakup 6 county dan memiliki jumlah total penduduk sekitar 1 juta jiwa pada tahun 2020.

Rochester City Hall
Rochester City Hall - foto oleh Kenneth C. Zirkel / Wikimedia Commons

Rochester merupakan salah satu kota boomtown, julukan bagi kota yang berkembang pesat di masa lampau. Perkembangan tersebut disebabkan karena lokasi kota ini di lembah Sungai Genesee (Genesee River Valley) yang memiliki tanah yang subur sehingga kota ini berkembang menjadi pusat pengolahan gandum serta pusat industri. Saat ini Rochester merupakan kota pusat teknologi dan pendidikan dengan 2 perguruan tinggi ternama, University of Rochester dan Rochester Institute of Technology. Beberapa landmark dan objek wisata di kota ini antara lain The Strong National Museum of Play, George Eastman Museum, Seneca Park Zoo, Memorial Art Gallery, RMSC (Rochester Museum & Science Center), Seabreeze Amusement Park, Susan B. Anthony Museum & House, Highland Park, dan Ontario Beach Park.


5. Niagara Falls

Niagara Falls, New York
Niagara Falls, New York - foto oleh Jeff Leonhardt / Pixabay

Destinasi kelima adalah Niagara Falls, kota kecil yang terelak di sebelah timur Sungai Niagara (Niagara River), wilayah barat negara bagian New York. Di sebelah barat, kota ini berbatasan dengan Provinsi Ontario (Kanada) dan dipisahkan oleh Sungai Niagara. Tepat di seberang sungai, terdapat kota dengan nama yang sama yaitu Niagara Falls (ON). Niagara Falls termasuk dalam wilayah Niagara County dan memiliki jumlah penduduk hanya sekitar 48 ribu jiwa pada tahun 2020. Sekitar 28 km di sebelah selatan kota ini terletak kota Buffalo. Gabungan wilayah Niagara Falls beserta Buffalo membentuk area metropolitan Buffalo-Niagara Falls Metropolitan Statistical Area (MSA). Sesuai letak geografisnya, objek wisata utama di kota ini pastinya Air Terjun Niagara atau Niagara Falls dan Niagara Falls State Park. Objek wisata lainnya yang juga terletak di sepanjang Sungai Niagara antara lain Cave of the Winds, Niagara Falls Observation Tower, Whirpool State Park, Three Sisters Islands, American Falls, paket tour melintasi Sungai Niagara dengan dengan kapal wisata Maid of the Mist.


Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang 5 kota destinasi wisata di negara bagian New York, wilayah Pantai Timur / East Coast, Amerika Serikat. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!





Artikel Terkait:


Baca Juga:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar