Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Klook.com

2016-02-21

10 Destinasi wisata cantik di United Kingdom favorit para Traveler - Bag. 1

Salam Traveling!

Setelah Jerman, Belanda, dan Prancis, sekarang kita menuju ke negara Eropa selanjutnya yaitu United Kingdom atau UK. Tetapi perlu diketahui bahwa United Kingdom (UK) berbeda dengan Inggris (England), meskipun Inggris merupakan bagian dari UK.

United Kingdom (UK), juga dikenal dengan nama Britain, adalah negara berdaulat (sovereign state)yang terdiri atas 4 negara (country): England (Inggris) dengan ibu kota London, Wales dengan ibu kota Cardiff, Scotland (Skotlandia) dengan ibu kota Edinburgh, dan Northern Ireland (Irlandia Utara) dengan ibu kota Belfast. Ibu kota dan pusat pemerintahan negara ini terletak di London, England. Secara geografis, UK terletak di pantai barat-laut Benua Eropa, yang meliputi keseluruhan wilayah pulau Great Britain, wilayah utara pulau Irlandia, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Samudra Atalntik membatasi negara ini di sebelah utara dan barat, Laut Celtic (Celtic Sea) di sebelah selatan, dan Laut Utara (North Sea) di sebelah timur.

Apa saja destinasi wisata utama yang sering dikunjungi oleh para traveler di United Kingdom? Berikut 10 di antaranya:

1. London

London, Inggris
London, Inggris
Destinasi pertama adalah London, ibu kota sekaligus kota terbesar di Inggris. Secara geografis kota ini terletak di tepi Sungai Thames, wilayah tenggara Inggris. Jumlah penduduk kota ini sekitar 8,6 juta jiwa pada tahun 2016. Di London terdapat 4 landmark yang merupakan UNESCO World Heritage Site yaitu: Tower of London; Kew Gardens; area yang meliputi Palace of Westminster, Westminster Abbey, dan St Margaret’s Church; serta Royal Observatory Greenwich yang merupakan penanda waktu Greenwich Meridian Time (GMT). Landmark lain yang sering dikunjungi oleh wisatawan yaitu Buckingham Palace, Tower Bridge, London Eye, Trafalgar Square, The Shard, British Museum, National Gallery, Tate Modern, British Library, dan London Underground. Di London terdapat 6 bandara internasional, tetapi yang paling utama adalah Heathrow Airport (LHR) yang terletak di Longford, sekitar 31 km dari pusat kota. Informasi lebih jelas tentang objek wisata di London bisa dibaca di Wisata London (bag .1) dan Wisata London (bag.2).

2. Edinburgh

Edinburgh, Skotlandia © Ad Meskens
Destinasi wisata kedua adalah Edinburgh, ibu kota negara Skotlandia. Secara geografis kota ini terletak di region Lothian, di pesisir selatan muara Sungai Forth (Firth of Forth). Edinburgh merupakan kota terbesar kedua di Skotlandia setelah Glasgow. Jumlah penduduk kota ini sekitar 464 ribu jiwa pada tahun 2014. Landmark utama di kota ini adalah area Old Town (Auld Toun) dengan berbagai bangunan bersejarahnya seperti Edinburgh Castle, Holyrood Palace, dan St. Giles Cathedral. Selain itu, ada juga area New Town yang terdiri dari bangunan-bangunan klasik berarsitektur Georgian khas abad ke-18. Kedua area kota tersebut, dimasukkan ke dalam daftar UNESCO World Heritage Site pada tahun 1999. Selain pariwisata, Edinburgh juga terkenal sebagai kota pendidikan. Salah satu universitas tertua di UK, Univeristy of Edinburgh, terletak di kota ini. Universitas tersebut juga merupakan salah satu perguruan tinggi dengan peringkat terbaik di dunia. Untuk lebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata Edinburgh.


3. Bath

Bath, Inggris
Bath, Inggris - foto oleh Arpingstone
Destinasi wisata ketiga adalah Bath, kota kecil di wilayah Somerset, South West England. Kota ini terletak di lembah Sungai Avon, sekitar 156 km di sebelah barat London. Jumlah penduduk kota ini sekitar 88 ribu jiwa pada tahun 2015. Sesuai dengan namanya, Bath merupakan kota yang terkenal dengan objek wisata air panas (natural hot springs). Saat menduduki kota ini, bangsa Romawi telah membangun banyak permandian umum. Yang paling terkenal dan tetap ada hingga saat ini adalah Roman Baths. Selain itu, Bath juga terkenal dengan bangunan-bangunan klasik berarsitektur Georgian yang telah dibangun sejak abad ke-18. Selain Roman Baths, objek wisata lain yang sering dikunjungi di Bath adalah Bath Abbey, Royal Crescent, Thermae Bath Spa, Holbourne Museum, Jane Austen Centre, dan Royal Victoria Park. Untuk mencapai destinasi ini, pengunjung bisa menggunakan kereta dari stasiun London Paddington menuju ke Bath Spa, dan membutuhkan waktu sekitar 1 setengah jam.

4. Glasgow

Glasgow, Skotlandia
Glasgow, Skotlandia - foto oleh John Lindie
Destinasi wisata keempat adalah Glasgow, kota terbesar di Skotlandia. Secara geografis, kota ini terletak di di tepi Sungai Clyde, di wilayah barat dataran rendah Skotlandia. Dahulu Glasgow hanyalah sebuah kota kecil di tepi Sungai Clyde. Kota ini kemudian berkembang pesat setelah Revolusi Industri pada abad ke-18 dan menjadi kota pelabuhan utama di Skotlandia. Jumlah penduduk Glasgow sekitar 599 ribu jiwa pada tahun 2015. Penduduk kota ini menamakan diri mereka dengan sebutan dengan Glaswegians. Pada tahun 2008, Glasgow terpilih sebagai UNESCO City of Music. Landmark utama yang ada di kota ini antara lain Provand’s Lordship, St. Mungo’s Cathedral, Kelvingrove Art Galley and Museum, Riverside Museum, Glasgow Science Centre, Burrel Collection, Glasgow Botanic Gardens, dan Mitchell Library.


5. Oxford

Oxford, Inggris
Oxford, Inggris - foto oleh Ozeye
Destinasi wisata kelima adalah Oxford, kota pendidikan yang terkenal dengan perguruan tinggi terbaik di dunia, Universitas Oxford. Oxford adalah ibu kota county Oxfordshire, South East England. Populasi penduduk kota ini sekitar 157 ribu jiwa (estimasi 2015). University of Oxford, yang telah berdiri sejak abad ke-12, merupakan universitas tertua di dunia yang menggunakan Bahasa Inggris (English). Selain pendidikan, Oxford juga merupakan kota yang terkenal dengan teknologi informasi, sains, publishing, dan manufaktur. Landmark utama di kota ini antara lain Bodleian Library, Pitt Rivers Museum, Oxford University Museum, Ashmolean Museum, University Church of St Mary the Virgin, University of Oxford Botanic Garden, Carfax Tower, dan Covered Market. Untuk mencapai destinasi ini, dari London, pengunjung bisa menggunakan bis maupun kereta dan hanya membutuhkan waktu sekitar 1 setengah jam.

6. York

York, Inggris
York, Inggris - foto oleh Lisa Jarvis
Destinasi wisata keenam adalah York, kota kecil yang terletak di region Yorkshire and the Humber. Secara geografis, kota terletak di persimpangan Sungai Ouse dan Sungai Foss, wilayah tengah Inggris. York pertama kali dibangun oleh Bangsa Romawi pada tahun 71 AD dengan nama Eboracum sebagai ibu kota provinsi Britannia Inferior. Kota ini kemudian diubah menjadi Kerajaan Northumbria dan Jórvík. Pada abad pertengahan, York berkembang menjadi pusat perdagangan wool dan ibu kota utara Church of England. Pada tahun 2016 jumlah penduduk kota ini sekitar 208 ribu jiwa. Pada tahun 2010, York mendapat penghargaan sebagai City of Media Arts, yang merupakan bagian dari UNESCO Creative Cities Network. Landmark utama di kota ini antara lain York Minster, York Castle, Clifford’s Tower, York Castle Museum, City Walls, Yorkshire Museum, Jorvik Viking Centre, Theatre Royal, dan York Museum Gardens. Dari London, kota ini bisa dicapai dengan kereta dan membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan.


7. Belfast

Belfast, Irlandia Utara
Belfast, Irlandia Utara - foto oleh Ardfern
Destinasi wisata ketujuh adalah Belfast, ibu kota negara sekaligus kota terbesar di Irlandia Utara. Secara geografis, kota ini terletak di lembah Sungai Lagan, wilayah pantai timur negara ini. Berbeda dengan kota-kota lain pada umumnya yang terletak dalam satu region atau county, wilayah Belfast terbagi ke dalam 2 county. Wilayah pusat kota ini terletak di County Antrim; sedangkan wilayah timur dan selatan kota terletak di County Down. Jumlah penduduk kota ini sekitar 333 ribu jiwa pada tahun 2015. Belfast merupakan tempat asal kapal terkenal dunia RMS Titanic yang diproduksi oleh perusahaan konstruksi kapal Harland and Wolff. Landmark utama di kota ini antara lain Titanic Belfast, Ulster Museum, Botanic Gardens, Grand Opera House, Belfast Castle, dan SSE Arena. Untuk mencapai Belfast, dari kota-kota besar di UK pengunjung umumnya menggunakan pesawat udara melalui Belfast International Airport. Lebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata Belfast, Irlandia Utara.

8. Skye

Skye, Skotlandia
Destinasi wisata kedelapan adalah Skye (Isle of Skye), pulau cantik yang terletak di ujung utara gugusan pulau Inner Hebrides, Skotlandia. Pulau ini termasuk dalam wilayah administrasi Highland Council. Skye juga merupakan pulau terbesar di gugusan Inner Hebrides. Wilayah semenanjung pulau ini didominasi oleh rangkaian pegunungan Cuillins, dengan tebing-tebing berbatu yang memiliki pemandangan menakjubkan. Karena letaknya jauh di wilayah utara bumi, Skye memiliki iklim lembab, basah, dan berangin. Pemukiman penduduk terbesar di pulau ini terletak di Portree. Dengan daratan utama Skotlandia, Skye bisa dicapai dengan ferry maupun road bridge. Karena memiliki keindahan alam yang menakjubkan, pulau ini sering dijadikan sebagai lokasi setting dalam novel maupun film.


9. Manchester

Manchester, Inggris
Manchester Town Hall - foto oleh Baresi franco
Destinasi wisata kesembilan adalah Manchester, kota metropolitan yang terletak di county Greater Manchester, region North West England. Secara geografis, kota ini terletak di wilayah barat-laut Inggris. Wilayah Manchester dibatasi oleh 2 pegunungan; Pegunungan Pennies di sebelah utara dan Cheshire Plan di sebelah selatan. Area pusat kota ini terletak di tepi timur Sungai Irwell, dan wilayah selatan kota dialiri oleh Sungai Mersey. Dari Liverpool, Manchester berjarak sekitar 56 km ke sebelah barat. Jumlah penduduk kota ini sekitar 520 ribu jiwa pada tahun 2014. Sejak Revolusi Industri pada abad ke-19, Manchester telah berkembang sebagai pusat industri utama di Eropa. Kota ini juga merupakan kota asal 2 klub sepak bola utama Eropa yaitu Manchester United dan Manchester City. Bandara internasional utama di kota ini adalah Manchester Airport. Stasiun kereta (rail) utama di kota ini adalah Manchester Piccadily dan Manchester Victoria. Informasi lebih jelasnya tentang objek wisata di Manchester, bisa dibaca di Wisata Manchester.

10. Liverpool

Liverpool, Inggris
Liverpool, Inggris
Destinasi wisata kelima adalah Liverpool, kota yang tidak asing bagi penggemar sepak bola. Liverpool adalah kota pelabuhan yang terletak di Teluk Liverpool (Liverpool Bay), muara Sungai Mersey, County Merseyside, England. Populasi penduduk kota ini sekitar 470 ribu jiwa (estimasi 2014). Penduduk asli Liverpool disebut dengan Liverpudlians. Berbagai pelayaran terkemuka dunia seperti RMS Titanic, RMS Lusitania, Queen Mary dan Olympic, selalu berlabuh di kota ini. Selain itu Liverpool juga merupakan daerah asal komunitas Afrika dan China di Eropa. Landmark utama Liverpool adalah area kota Liverpool Maritime Mercantile City (terdiri dari Pier Head, Albert Dock, dan William Brown Street) yang termasuk dalam daftar UNESCO World Heritage Site. Landmark lain yang juga sering dikunjungi oleh wisatawan antara lain The Beatles Story, World Museum, Merseyside Maritime Museum, dan Walker Art Gallery. Informasi lebih jelas tentang objek wisata di Liverpool, bisa dibaca di Wisata Liverpool.


Nah teman-teman, demikianlan informasi tentang 10 destinasi wisata cantik di United Kingdom favorit para traveler - bagian 1. Informasi tentang 10 destinasi wisata selanjutnya di negara ini, bisa dibaca di 10 Destinasi Wisata di United Kingdom - bagian 2. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip yang lain!




Artikel Terkait:


Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar