Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Klook.com

2016-03-27

8 Destinasi Wisata Cantik di Negeri Kincir Angin, Belanda - Bag. 1

Salam Traveling!

Setelah UK, Prancis, Belgia, dan Jerman, sekarang kita akan berkunjung ke Negeri Kincir Angin, Belanda.

Belanda (The Netherlands / Nederland) adalah negara maju yang terletak di wilayah Eropa Barat. Negara ini juga sering disebut dengan nama Holland, meskipun Holland sebenarnya hanyalah nama wilayah, bukan keseluruhan negara ini. Secara geografis, Belanda berbatasan dengan Jerman di sebelah timur, Belgia di sebelah selatan, dan Laut Utara (North Sea) di sebelah barat dan utara. Menurut bahasa, “Netherlands” berarti “negara yang rendah”, yang menunjukkan bahwa sebagian besar wilayah negara ini berada di daratan yang sangat rendah, bahkan hampir separuhnya lebih rendah dari permukaan laut. Wilayah tersebut disebut polder, yang berasal dari wilayah laut dan danau yang dikeringkan dengan kincir angin. Di Belanda terdapat bandara yang juga merupakan salah satu bandara internasional utama di Eropa, yaitu Schipol International Airport (AMS) yang terletak di Haarlemmermeer, sekitar 9 km dari pusat kota Amsterdam.

Berikut 8 destinasi wisata cantik di Belanda yang sering dikunjungi oleh para traveler:

1. Amsterdam

Amsterdam, Belanda
Amsterdam, Belanda
Destinasi wisata pertama adalah Amsterdam, ibu kota negara Belanda. Amsterdam merupakan kota terbesar di Belanda dengan jumlah penduduk sekitar 837 ribu jiwa pada tahun 2016. Amsterdam terletak di Provinsi Noord-Holland (Holland Utara), di wilayah barat Belanda. Sungai Amstel mengalir di wilayah pusat kota hingga ke IJ Bay. Hampir seluruh wilayah Amsterdam berupa polder dengan ketinggian 2 meter di bawah permukaan laut. Di kota ini terdapat banyak kanal dengan total panjang lebih dari 100 km. Tiga kanal utama: Herengracht, Prinsengracht, dan Keizergracht: termasuk dalam UNESCO World Heritage Site. Dengan banyaknya kanal, di Amsterdam terdapat setidaknya 90 pulau dan lebih dari 1.200 jembatan, sehingga kota ini sering dijuluki sebagai Venice of the North. Canal cruise atau pelayaran menyusuri kanal merupakan objek wisata utama di Amsterdam. Landmark dan objek wisata lainnya antara lain Rijksmuseum, Anne Frank House, Royal Palace, dan Vondelpark. Lebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata Amsterdam dan Wisata Kanal Amsterdam.

2. Rotterdam

Rotterdam, Belanda
Rotterdam, Belanda
Destinasi wisata kedua adalah Rotterdam, kota pelabuhan terbesar di Belanda. Rotterdam merupakan kota terbesar kedua di Belanda setelah Amsterdam dengan jumlah penduduk sekitar 630 ribu jiwa pada tahun 2015. Secara geografis, Rotterdam terletak di delta sungai Rhine-Meuse-Scheldt, Provinsi Zuid-Holland (Holland Selatan), wilayah barat Belanda. Sungai Nieuwe Maas membagi wilayah kota menjadi 2 bagian: utara dan selatan. Rotterdam merupakan salah satu kota pelabuhan utama di Laut Utara dan Benua Eropa sehingga sering dijuluki sebagai “Gateway to Europe”. Di kota ini terdapat Erasmus University Rotterdam (EUR), salah satu universitas utama di Eropa yang terletak di tepi sungai. Landmark dan objek wisata utama di Rotterdam antara lain Erasmus Bridge (Erasmusburg), Euromast, Museum Boijmans Van Beuningen, Cube House, Witte Huis, dan Ahoy Rotterdam. Untuk lebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata Rotterdam.

3. Den Haag

Den Haag, Belanda
Den Haag, Belanda
Destinasi wisata ketiga adalah Den Haag atau The Hague, kota pusat parlemen Kerajaan Belanda. Den Haag merupakan ibu kota Provinsi Zuid-Holland (Holland Selatan) sekaligus kota terbesar ketiga di Belanda setelah Amsterdam dan Rotterdam. Jumlah penduduk kota ini sekitar 515 ribu jiwa pada tahun 2015. Secara geografis, Den Haag terletak di kawasan urban Haaglanden, wilayah barat Belanda. Meski bukan ibu kota negara, tetapi Den Haag merupakan kota penting, karena di kota ini terdapat kantor pusat pemerintah (kabinet), parlemen, dan pengadilan tinggi (supreme court) negara Belanda. Sama seperti New York, Jenewa, dan Wina, Den Haag juga merupakan salah satu kota yang memiliki kantor pusat PBB (United Nations). Landmark dan objek wisata utama di kota ini antara lain Madurodam, Mauritshuis, Peace Palace, Binnenhof, dan Escher Museum.

4. Zaanse Schans

Zaanse Schans, Belanda
Zaanse Schans, Belanda
Destinasi keempat adalah Zaanse Schans, sebuah area wisata yang terletak di wilayah kota Zaandam, Provinsi Noord-Holland. Di area yang merupakan open-air museum ini terdapat sederetan kincir angin dan rumah-rumah kayu tradisional khas Belanda yang dibangun pada abad ke-19 dan abad ke-20. Di area ini juga terdapat Zaans Museum, yang dibuka sejak tahun 1994. Objek wisata lainnya di area ini adalah Catharina Hoeve cheese farm, De Zaanse Schans Clog Workshop, Kuiperij, Museumwinkel Albert Heijin, dan In de Gecroonde Duyvekater Bakery Museum. Untuk menikmati keindahan deretan kincir angin di Zaanse Schans tidak dipungut biaya sama sekali, tetapi untuk mengunjungi museum dan objek wisata lainnya, pengunjung akan dikenakan biaya. Untuk mencapai Zaanse Schans ini cukup mudah, karena letaknya yang cukup dekat dari Amsterdam. Dari stasiun Amsterdam Central, pengunjung bisa menggunakan kereta menuju ke Koog-Zaandijk, dan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju ke area wisata ini.

5. Delft

Delft, Belanda
Delft, Belanda
Destinasi wisata kelima adalah Delft, sebuah kota yang terletak di Provinsi Zuid-Holland. Kota ini terletak di antara Rotterdam dan Den Haag, serta termasuk dalam area metropolitan Rotterdam-Den Haag dan Randstad. Jumlah penduduk kota ini sekitar 101 ribu jiwa pada tahun 2017. Selain terkenal sebagai destinasi wisata, Delft juga dikenal sebagai kota pendididkan. Di kota ini terdapat Universitas Teknologi Delft (TU Delft), yang merupakan salah satu perguruan tinggi utama serta pusat penelitian dan pengembangan teknologi di Belanda. Beberapa landmark dan objek wisata utama di Delft antara lain City Hall, Oosdtpoort (Eastern gate), Oude Kerk (Old Church), Nieuwe Kerk (New Church), patung Hugo Grotius, Prinsenhof (Princes' Court), Gemeenlandshuis Delfland, Vermeer Centre, dan kincir angin De Roos. Untuk mencapai destinasi ini, dari Amsterdam, pengunjung bisa menggunakan kereta, dan hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam.

6. Volendam

Volendam, Belanda
Volendam, Belanda
Destinasi keenam adalah Volendam, sebuah kota cantik yang terletak di Provinsi Noord-Holland. Secara geografis, kota ini terletak di tepi Teluk Ijsselmeer, wilayah utara Belanda. Jumlah penduduk kota ini sekitar 22 ribu jiwa pada tahun 2007. Volendam merupakan salah satu destinasi yang kebudayaannya masih dilestarikan oleh masyarakat lokal setempat. Rumah-rumah penduduk di kota ini sebagian besar masih memiliki arsitektur tradisional, yang dibangun dari kayu dan dicat berwarna-warni. Volendam juga terkenal dengan pakaian khas tradisional Belanda, yang akan dipakai oleh penduduk saat acara festival rakyat. Beberapa objek wisata utama di Volendam antara lain Volendam Marken Express, Marina Volendam, Cheese Factory Volendam, Foto de Boer, Volendams Museum, De Simonehoeve, Marken, serta Alida Hoeve Cheese Farm & Wooden shoe factory. Dari Amsterdam, destinasi ini hanya berjarak sekitar 22 km dan untuk mencapainya pengunjung bisa menggunakan bis.

7. Utrecht

Utrecht, Belanda
Utrecht, Belanda
Destinasi wisata ketujuh adalah Utrecht, ibu kota Provinsi Utrecht. Kota ini terletak di wilayah tengah Belanda, serta termasuk dalam kawasan metropolitan Randstad. Utrecth merupakan kota terbesar keempat di Belanda dengan jumlah penduduk sekitar 345 ribu jiwa pada tahun 2017. Sejak abad ke-8, kota ini telah menjadi pusat agama Kristen dan Katolik di Belanda. Karena posisi Utrecht yang terletak di wilayah sentral Belanda sehingga kota ini dijadikan sebagai pusat perhubungan dan transportasi darat. Utrecht Centraal merupakan stasiun railway utama di negara ini yang terhubung dengan Schipol Airport, Amsterdam, Rotterdam, dan kota-kota lain, termasuk Jerman. Utrecth University yang terletak di kota ini merupakan perguruan tinggi terbesar di Belanda. Landmark dan objek wisata utama di Utrecht antara lain Dom Tower of Utrecht, Railway Museum, Museum Speelklok, Centraal Museum, dan De Haar Castle. Untuk mencapai destinasi ini, dari Amsterdam, pengunjung bisa menggunakan kereta, dan hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

8. Maastricht

Maastricht, Belanda
Maastricht, Belanda
Destinasi wisata keempat adalah Maastricht, ibu kota provinsi Limburg. Kota ini terletak di wilayah selatan Belanda, tepatnya di tepi Sungai Mass (Meuse) dan Sungai Jeker. Jumlah penduduk kota ini sekitar 121 ribu jiwa pada tahun 2014. Maastricht terkenal sebagai kota pendidikan dan budaya dengan berbagai bangunan berarsitektur klasik, sama seperti Amsterdam. Bagi masyarakat Eropa, Maastricth merupakan kota dibentuknya European Union (EU), European Citizenship, dan mata uang utama Eropa, Euro. Salah satu perguruan tinggi utama di Belanda, Maastricht University, terletak di kota ini. Landmark dan objek wisata utama di Maastricht antara lain Bonnefanten Museum, Museum an het Vrijthof, Sint Servaasburg, Binnenstad, Jekerwartier, Mount Saint Peter, dan Stadspark. Dari Amsterdam, destinasi ini berjarak sekitar 215 km, dan untuk mencapainya, pengunjung bisa menggunakan kereta.

Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang 8 destinasi wisata cantik yang sering dikunjungi oleh para traveler di Negeri Kincir Angin, Belanda. Delapan destinasi selanjutnya, bisa dibaca di Destinasi Wisata di Belanda (Bag.2). Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar