Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Klook.com

2016-08-21

Wisata Munich, Ibu Kota sekaligus Kota Terbesar di Bavaria, Jerman

Salam Traveling!

Masih di Jerman, setelah Berlin dan Frankfurt, sekarang kita menuju ke kota tujuan wisata selanjutnya, yaitu Munich.

Munich (München) merupakan ibu kota sekaligus kota terbesar di state Bavaria. Secara geografis kota ini terletak di sebelah utara Pegnungan Alpen Bavaria, di tepi Sungai Isar, wilayah selatan Jerman. Nama Munich berasal dari Bahasa Jerman kuno "Munichen" yang berarti "by the monks" atau "oleh para biarawan". Kata ini digunakan karena dahulu para biarawan Benedictine membangun sebuah biara di tempat ini yang saat ini menjadi kota tua (Old Town) Munich. Jumlah penduduk kota ini sekitar 1,4 juta jiwa pada tahun 2015. Munich merupakan kota asal salah satu klub sepak bola utama Eropa, yaitu Bayern München dengan stadionnya, Allianz Arena. Bandara internasional utama di kota ini adalah Munich Airport atau Flughafen München (MUC). Dari Berlin, Frankfurt, dan kota-kota besar lain di Eropa, Munich bisa dijangkau dengan kereta InterCity dan EuroCity.

Landmark dan tempat wisata yang sering dikunjungi oleh para traveler di Munich antara lain:

1. Hofgarten Munich

Hofgarten, Munich
Hofgarten (Court Garden), Munich - foto oleh romanboed
Hofgarten (Court Garden) adalah sebuah taman yang terletak di pusat kota Munich, di antara Munich Residenz dan Englischer Garten. Taman ini pertama kali dibangun pada tahun 1613 oleh Elector Bavaria, Maximilian I. Hofgarten dibangun dengan gaya Renaissance. Di bagian tengah taman terdapat sebuah paviliun berbentuk segi delapan (octagon) yang dibangun untuk menghormati Dewi Diana. Di setiap sisi paviliun terdapat jalan setapak yang menghubungkan pavilion dengan sisi-sisi taman yang lain. Di puncak atap paviliun terdapat patung Bavaria yang dibuat pada tahun 1623. Di sebelah selatan taman ini terdapat kebun bunga dan berbagai lukisan yang menggambarkan sejarah Bavaria. Tempat wisata ini dibuka setiap hari selama 24 jam.

2. Munich Residenz

Munich Residenz, Munich
Hall of Antiquities, Munich Residenz, Munich - foto oleh sooolaro
Munich Residenz (Münchner Residenz) dulunya merupakan bangunan istana Kerajaan Bavaria, atau yang lebih dikenal dengan nama House of Wittelsbach. Bangunan ini terletak di pusat kota Munich. Munich Residenz pertama kali dibangun pada tahun 1385 dengan perpaduan arsitektur Rennaissance, Neoclassic, Baroque, dan Rococo. Istana ini merupakan yang terbesar di seluruh Jerman yang saat ini dibuka untuk publik. Kompleks bangunan ini memiliki 10 halaman dan 130 ruangan. Keseluruhan kompleks dibagi menjadi 3 bagian: Köningsbau, Alte Residenz (Old Residenz), dan Festsaalbau (yang menghadap ke Hofgarten). Di bagian Festsaalbau terdapat Cuviliés Theatre dan Herkulessaal (Hercules Hall), tempat diadakannya pertunjukan Bavarian Radio Symphony Orchestra.

3. Nymphenburg Palace

Nymphenburg Palace, Munich
Nymphenburg Palace, Munich
Nymphenburg Palace (Schloss Nymphenburg) merupakan bangunan istana berarsitektur Baroque yang terletak di Munich, tidak jauh dari Munich Residenz. Istana ini pertama kali dibangun pada tahun 1664 sebagai tempat tinggal keluarga Kerajaan Bavaria pada musim panas (summer residence). Kompleks bangunan utama istana dibagi menjadi 3 bagian yaitu Central Pavilion, Southern Pavilion dan South Wing, serta Northern Pavilion dan North Wing. Di kompleks taman juga terdapat 5 paviliun yaitu Pagodenburg, Badenburg, Magdalenenklause, Amelienburg, dan Apollotemple. Beberapa bagian istana yang sering dikunjungi oleh wisatawan antara lain Schlossmuseum, Marstallmuseum dan Pozellanmuseum, dan Grand Parterre.

4. Englischer Garten

Englischer Garten, Munich
Englischer Garten, Munich
Englischer Garten (English Garden) merupakan taman kota terbesar di Munich. Taman ini membentang mulai dari pusat kota hingga ke batas timur-laut kota Munich. Englischer Garten pertama kali dibangun pada tahun 1789 di area seluas 3,7 km persegi. Taman ini merupakan yang terluas di seluruh wilayah Eropa, bahkan lebih luas dari Central Park New York. Karena memiliki area yang sangat luas, tentunya bukan hanya bunga-bunga dan pepohonan yang ada di taman ini, tetapi ada berbagai objek wisata dan landmark lainnya yang juga sering dikunjungi seperti Eisbach (sungai buatan sepanjang 2 km), Japanese Tea House, Schönfeldwiese (padang Schönfeld), Monopteros (Apollo Temple), Steinerne Bank (sebuah bangku yang terbuat dari batu), Chinese Tower, Rumford Hall, Kleinhesseloher See (danau buatan seluas 8,6 hektar), dan Hirschau (padang rumput yang terletak di wilayah utara taman).

5. Marienplatz

Marienplatz, Munich
Marian Column, Marienplatz, Munich
Marienplatz (St. Mary Square) adalah sebuah lapangan (square) yang terletak pusat kota Munich. Lapangan ini pertama kali dibangun pada tahun 1158. Nama Marienplatz diambil dari nama menara St. Mary (Mariensäule) yang dibangun pada tahun 1638. Menara tersebut terletak tepat di tengah lapangan ini, dan dibuat untuk merayakan berakhirnya kekuasaan Swedia di Munich. Di puncak menara, terdapat patung Virgin Mary yang terbuat dari campuran emas, yang sebelumnya diletakkan di Frauenkirche Munich. Saat ini Marenplatz didominasi oleh bangunan Neues Rathaus (New City Hall) yang terletak di sebelah utara lapangan. Dan di sebelah timur lapangan terdapat bangunan Altes Rathaus (Old City Hall). Di antara Marienplatz dan Karlplatz terdapat area pejalan kaki yang dipenuhi oleh pertokoan, restoran, dan cafe.

6. Deutsches Museum

Deutsches Museum, Munich
Deutsches Museum, Munich
Deutsches Museum (German Museum) adalah museum sains dan teknologi yang terletak di Museumsinsel, Munich. Deutsches Museum merupakan museum terbesar di Munich sekaligus terbesar dunia dalam bidang sains dan teknologi. Museum ini menampilkan koleksi sekitar 28.000 objek yang terdiri dari 50 bidang ilmu. Deutsces Museum pertama kali dibuka pada tahun 1903 atas inisiatif Oskar von Miller, seorang insinyur elektronik Jerman. Beberapa bidang sains yang dipamerkan di museum ini antara lain Aerospace, Astronomy, Computers, Energy Technology, Mining, dan Physics. Selain di Munich, Deutsches Museum juga memiliki 2 cabang lainnya yaitu Flugwerft Schleiβheim yang terletak di tepi utara kota Munich, dan satu cabang museum lainnya yang terletak di Bonn.

7. Viktualienmarkt

Viktualienmarkt, Munich
Viktualienmarkt, Munich
Viktualienmarkt (Victuals Market) merupakan lapangan sekaligus pasar makanan yang terletak di pusat kota Munich. Pasar seluas 2,2 hektar ini dibentuk pada tahun 1807. Pada saat itu, Schrannenplatz (Marienplatz) yang merupakan pasar sereal dan produk pertanian menjadi semakin kecil, sehingga dibangunlah Viktualienmarkt sebagai pasar untuk produk makanan. Di pasar ini terdapat sekitar 140 kedai dan toko kecil yang menawarkan aneka produk makanan seperti buah-buahan, keju, ikan, daging, dan lain sebagainya. Selain itu, di pasar ini juga terdapat beberapa toko bunga, toko roti, dan restoran. Viktualienmarkt buka setiap hari Senin hingga Sabtu, mulai pukul 8 pagi hingga 6 sore.

8. Hellabrunn Zoo

Hellabrunn Zoo, Munich
Beruang kutub di Hellabrunn Zoo - foto oleh sjeverni_medvjedi
Hellabrunn Zoo (Tierpark Hellabrunn) merupakan kebun binatang yang terletak di tepi Sungai Isar, wilayah selatan Munich. Kebun binatang seluas 40 hektar ini terletak di dekat wilayah Thalkirchen. Hellabrunn Zoo pertama kali beroperasi pada tahun 1911 dan saat ini tercatat sekitar 18 ribu lebih satwa yang ada di kebun binatang ini. Semua satwa tersebut terdiri atas sekitar 767 spesies. Karena letaknya yang berdekatan dengan sungai serta kondisi air tanah yang sangat baik, sehingga kebutuhan air di kebun binatang ini tercukupi hanya dengan sumur lokal di area tersebut. Selain itu, sebagian besar satwa di kebun binatang ini juga tidak diletakkan dalam kandang, melainkan di parit-parit yang telah disediakan. Pada tahun 2013, Hellabrunn Zoo mendapat peringkat ke-4 sebagai kebun binatang terbaik di Eropa berdasarkan jumlah konservasi dan pengembangbiakan beberapa satwa yang hampir punah.

Nah teman-teman, demikianlan informasi tentang wisata Munich (München), ibu kota sekaligus kota terbesar di state Bavaria, Jerman. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar