Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Mei 27, 2018

Menelusuri Keindahan 5 Danau Cantik di kaki Gunung Fuji, Jepang

Salam Traveling!

Setelah mengunjungi beberapa destinasi wisata dan gunung-gunung cantik di Jepang, sekarang kita akan berwisata ke 5 danau yang terletak di kaki Gunung Fuji atau yang lebih dikenal dengan julukan Fuji Five Lakes (Fuji-goko).

Fuji Five Lakes atau Fuji-goko merupakan nama area yang terletak di kaki utara Gunung Fuji, Jepang. Area ini termasuk dalam wilayah Prefektur Yamanashi, region Chubu, wilayah tengah Pulau Honshu. Dinamakan Fuji Five Lakes karena di area ini terdapat 5 danau yang terbentuk akibat letusan Gunung Fuji di masa lampau. Kelima danau tersebut adalah Danau Kawaguchi (Kawaguchiko), Danau Yamanaka (Yamanakako), Danau Sai (Saiko), Danau Shōji (Shōjiko), dan Danau Motosu (Motosuko).

Gunung Fuji dan Fuji Five Lakes
Gunung Fuji dan Fuji Five Lakes (Fuji-goko)
Area Fuji Five Lakes berada pada ketinggian kurang lebih 1.000 meter di atas permukaan laut. Populasi penduduk di area ini sekitar 100 ribu jiwa pada tahun 2007. Kota utama di area ini adalah Fujiyoshida, yang terkenal dengan kuliner mie udon (Hoto Noodles). Selain danau, di sekitar Fuji Five Lakes juga terdapat berbagai objek wisata lainnya seperti Kubota Museum, Fuji Q Highland, Shibazakura, Chureito Pagoda, Iyashi no Sato, Oshino Hakkai, Mt. Tenjo Ropeway, Music Forest, serta beberapa permandian air panas atau onsen.

Berikut kelima danau cantik yang membentuk area Fuji Five Lakes:

1. Danau Kawaguchi (Kawaguchiko)

Danau Kawaguchi, Jepang
Danau Kawaguchi (Kawaguchiko)
Danau pertama adalah Danau Kawaguchi (Kawaguchiko), danau yang paling mudah dicapai dari kelima danau di area Fuji Five Lakes. Danau ini memiliki luas permukaan sekitar 6,13 km persegi serta merupakan yang terluas kedua dari semua danau. Danau Kawaguchi juga memiliki elevasi yang paling rendah, yaitu sekitar 800 meter di atas permukaan laut, serta memiliki tepi danau yang paling panjang. Karena letaknya yang paling mudah dicapai, di sekitar anau ini terdapat banyak fasilitas wisata terutama di tepi timur danau. Sementara di tepi utara dan tepi barat, area danau masih alami dan belum banyak dikembangkan.

Kawaguchiko Music Forest
Kawaguchiko Music Forest
Dari Danau Kawaguchi, wisatawan bisa menikmati panorama Gunung Fuji, yang paling jelas adalah dari tepi utara danau. Waktu terbaik untuk menikmati panorama Gunung Fuji adalah di musim semi pada bulan April, serta di musim gugur pada pertengahan bulan November. Di sekitar danau juga terdapat berbagai objek wsiata seperti Kachi Kachi Ropeway, Kubota Itchiku Museum, Kawaguchiko Museum of Art, Kawaguchiko Music Forest, Yamanashi Gem Museum, Herb Hall, serta beberapa hotel yang menyediakan fasilitas onsen (permandian air panas). Untuk mencapai Danau Kawaguchi, dari Tokyo, pengunjung bisa menggunakan bis maupun kereta.

2. Danau Yamanaka (Yamanakako)

Danau Yamanaka, Jepang
Danau Yamanaka (Yamanakako) dan Gunung Fuji
Danau kedua adalah Danau Yamanaka (Yamanako), danau terbesar dari kelima danau di Fuji Five Lakes. Luas danau ini sekitar 6,46 km persegi. Danau Yamanaka terletak di ujung timur dari semua danau, serta berada pada elevasi yang paling tinggi, yaitu sekitar 982 meter dari permukaan laut. Area sekitar Danau Yamanaka merupakan yang kedua dikembangkan setelah Danau Kawaguchi. Fasilitas penunjang wisata seperti hotel, minshuku, restoran dan area camping bisa dijumpai di tepi barat dan timur danau.

Danau Yamanaka, Jepang
Danau Yamanaka
Sama seperti Danau Kawaguchi, dari Danau Yamanaka, wisatawan juga bisa menikmati keindahan Gunung Fuji. View terbaik bisa diperoleh dari tepi utara danau, meskipun area tersebut masih alami dan belum dikembangkan. Salah satu spot untuk melihat pemandangan Gunung Fuji tersebut adalah Panorama Dai, yang terletak di atas bukit di tepi tenggara danau. Dari spot tersebut, pengunjung juga bisa menikmati keindahan Danau Yamanaka dari ketinggian. Di sekitar danau ini juga terdapat beberapa permandian air panas (onsen) seperti Benifuji no Yu dan Ishiwari no Yu. Untuk mencapai Danau Yamanaka, pengunjung bisa menggunakan bis dari Stasiun Shinjuku dan Stasiun Tokyo. Dari Satsiun Kawaguchi, juga tersedia bis yang menuju danau ini.

3. Danau Sai (Saiko)

Danau Sai dan Gunung Fuji
Danau Sai (Saiko) dan Gunung Fuji
Danau ketiga adalah Danau Sai (Saiko), danau yang terletak tepat di sebelah barat Danau Kawaguchi. Danau ini memiliki luas sekitar 2,1 km persegi serta kedalaman maksimum mencapai 71,7 meter. Danau Sai merupakan danau terkecil kedua di Fuji Five Lakes setelah Danau Shoji. Danau ini berada pada elevasi 900 meter di atas permukaan laut, sama dengan elevasi Danau Shoji dan Danau Motosu. Kesaamaan elevasi tersebut menunjukkan bahwa ketiga danau ini dulunya merupakan satu danau yang kemudian dipisahkan oleh lava akibat letusan Gunung Fuji.

Danau Sai, Jepang
Danau Sai, Jepang
Meski terletak bersebelahan dengan Danau Kawaguchi, tetapi area di sekitar Danau Sai belum banyak dikembangkan. Hal ini disebabkan karena dari tepi danau ini, wisatawan tidak bisa menikmati panorama Gunung Fuji, kecuali dari beberapa spot di tepi barat danau. Danau ini dikelilingi oleh beberapa pegunungan, sehingga menghalangi pandangan ke Gunung Fuji. Meski kurang populer, di sekitar Danau Sai terdapat beberapa area camping serta jalur hiking, salah satunya yang menuju ke Hutan Aokigahara Jukai, yang merupakan hutan terseram di Jepang. Di area ini juga terdapat beberapa objek wsiata seperti Iyashi no Sato, Koyodai, Yurari, Bat Cave, Ice Cave, dan Wind Cave. Untuk mencapai Danau Sai, pengunjung bisa menggunakan bis dari Stasiun Kawaguchiko.

4. Danau Shoji (Shojiko)

Danau Shoji dan Gunung Fuji
Danau Shoji (Shojiko) dan Gunung Fuji
Danau keempat adalah Danau Shoji (Shojiko), danau terkecil dari kelima danau Fuji Five Lakes. Danau ini terletak di sebelah barat Danau Sai. Luas danau ini hanya sekitar 0,5 km persegi, dengan kedalaman maksimum mencapai 15,2 meter. Sama dengan Danau Sai, Danau Shoji juga berada pada elevasi 900 meter di atas permukaan laut.

Danau Shoji, Jepang
Danau Shoji, Jepang
Seperti halnya Danau Sai, area sekitar Danau Shoji juga belum banyak dikembangkan. Meski demikian, danau ini cukup populer dikunjungi karena dari tepi utara, pengunjung bisa menikmati pemandangan Gunung Fuji. Bahkan pada Periode Meiji, Bangsa Inggris memberi julukan "Switzerland of East Asia" bagi Danau Shoji, karena keindahan panoramanya. Selain itu, di sekitar Danau Shoji juga terdapat hotel, area camping, fasilitas windsurfing serta olah raga air lainnya. Untuk mencapai danau ini, pengunjung bisa menggunakan bis dari Stasiun Kawaguchiko. Selain itu, dari Stasiun Shinjuku, juga tersedia bis yang menuju ke danau ini.

5. Danau Motosu (Motosuko)

Danau Motosu dan Gunung Fuji
Danau Motosu (Motosuko) dan Gunung Fuji
Danau terakhir adalah Danau Motosu (Motosuko), danau yang letaknya di ujung barat, tepat di sebelah barat Danau Shoji. Danau ini memiliki luas sekitar 4,7 km persegi serta kedalaman maksimum mencapai 121,6 meter. Dengan kedalaman tersebut, danau ini merupakan danau terdalam di Fuji Five Lakes serta merupakan danau terdalam ke-9 di seluruh Jepang. Sama seperti Danau Sai dan Danau Shoji, Danau Motosu juga berada pada elevasi 900 meter di atas permukaan laut.

Danau Motosu, Jepang
Danau Motosu, Jepang
Karena letaknya yang paling jauh serta cukup sulit diakses, area sekitar Danau Motosu juga belum banyak dikembangkan. Hanya ada beberapa hotel serta area camping yang telah dibangun di sekitar danau. Selain itu, wisatawan yang datang ke danau ini umunya ingin melakukan aktivitas outdoor, seperti memancing, hiking, atau berkeliling danau dengan menggunakan perahu. Danau Motosu cukup terkenal di Jepang karena gambar danau ini digunakan pada mata uang 1000 yen serta mata uang 5000 yen sebelumnya. Untuk mencapai danau ini, pengunjung bisa menggunakan bis dari Stasiun Kawaguchiko, atau dari Stasiun Shinjuku di Tokyo.

Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang 5 danau cantik yang membentuk area Fuji Five Lakes di kaki Gunung Fuji, Jepang. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar