Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Juni 30, 2018

Wisata Okinawa, kepulauan cantik di ujung selatan Jepang

Salam Traveling!

Masih di Jepang, setelah Tokyo, Kyoto, Osaka, dan Hokkaido, sekarang kita menuju ke destinasi cantik yang terletak di ujung selatan negara ini, yaitu Kepulauan Okinawa.

Okinawa, Jepang
Okinawa, Jepang
Okinawa (Okinawa-ken) merupakan perfektur yang letaknya paling selatan di wilayah Jepang. Prefektur ini termasuk dalam region Kyushu. Wilayah Okinawa meliputi 2/3 dari Kepulauan Ryukyu dan membentang sepanjang sekitar 1.000 km di Samudra Pasifik, mulai dari ujung selatan Kyushu hingga ke perbatasan Taiwan. Secara garis besar, pulau-pulau di prefektur ini dibagi ke dalam 3 kelompok yaitu: Okinawa Islands (Okinawa Shoto) yang terletak di sekitar Pulau Okinawa (Okinawa Honto); Miyako Islands (Miyako Retto) di sekitar Pulau Miyako; dan Yaeyama Islands (Yaeyama Retto) di sekitar Pulau Ishigaki. Ibu kota sekaligus kota terbesar di Prefektur Okinawa adalah Naha, yang terletak di sebelah selatan Pulau Okinawa.

Okinawa, Jepang
Okinawa, Jepang
Pulau-pulau yang membentuk wilayah Okinawa juga dikenal dengan nama Kepulauan Ryukyu. Penduduk lokal di kepulauan ini memiliki kebudayaan yang cukup berbeda dibandingkan dengan wilayah daratan Jepang, termasuk bahasa, seni, serta makanan khas. Wilayah ini memiliki iklim subtropis, dengan suhu udara yang bisa mencapai -15 derajat Celcius di musim dingin. Laut Okinawa merupakan salah satu laut yang memiliki pemandangan paling cantik di dunia, karena keanekaragaman hayati serta terumbu karang yang ada. Karena keindahannya tersebut, Okinawa menjadi salah satu destinasi favorit di Jepang bagi pecinta snorkeling dan scuba diving.

Berikut beberapa destinasi yang sering dikunjugi oleh para traveler di Okinawa:

1. Yaeyama Islands

Kabira Bay, Ishigaki Island
Kabira Bay, Ishigaki Island
Destinasi pertama adalah Yaeyama Islands atau Yaeyama Retto, gugusan pulau-pulau yang terletak di sekitar Pulau Ishigaki. Gugusan ini terletak di ujung barat-daya Prefektur Okinawa, tepat di sebelah barat-daya Miyako Islands. Yaeyama Islands juga merupakan wilayah Jepang yang dihuni oleh penduduk yang letaknya paling selatan serta paling barat. Hateruma merupakan pulau berpenduduk yang yang letaknya paling selatan, sementara Yonaguni merupakan pulau berpenduduk yang letaknya paling barat. Luas wilayah kepulauan ini sekitar 591 km persegi. Pusat administrasi dan ekonomi di Yaeyama Islands adalah Ishigaki City (Ishigaki-jima), yang terletak di Pulau Ishigaki.

Wilayah Yaeyama Islands terdiri atas 32 pulau. Beberapa pulau utama adalah Pulau Ishigaki, Pulau Iriomote, Pulau Taketomi, serta Pulau Yonaguni. Pulau Ishigaki merupakan pulau berpenduduk terbanyak serta berperan sebagai pusat transportasi di region ini. Pulau Iriomote merupakan pulau terluas, serta wilayahnya masih berupa hutan hijau alami. Pulau Taketomi terkenal desa tradisional penduduk Ryukyu. Dan Pulau Yonaguni terkenal dengan Bahasa Yonaguni, yang merupakan salah satu bahasa asli penduduk Jepang. Untuk mencapai destinasi ini, pengujung bisa menggunakan pesawat udara dari Tokyo, Osaka, Nagoya, Naha, serta Miyako, melalui bandara New Ishigaki Airport (ISG) yang terletak di Ishigaki.

2. Okinawa Island

Naha, Okinawa Island
Naminoue Beach, Naha, Okinawa Island
Destinasi kedua adalah Okinawa Island atau Okinawa Honto, pulau utama di wilayah Prefektur Okinawa. Pulau ini terletak di wilayah tengah prefektur, serta merupakan pulau terbesar sekaligus pusat transportasi di region ini. Di pulau inilah terletak Naha, yang merupakan ibu kota Prefektur Okinawa. Luas Pulau Okinawa sekitar 1.200 km persegi serta berjarak sekitar 640 km di sebelah selatan daratan utama Jepang. Jumlah total penduduk di pulau ini sekitar 1,3 juta jiwa pada tahun 2014.

Wilayah Pulau Okinawa terbagi menjadi 3 bagian: Greater Naha di wilayah tengah pulau yang merupakan area uban; wilayah ujung selatan yang berpenduduk lebih sedikit; serta area Yambaru di ujung utara sebagian besar masih berupa hutan dan pedesaan. Karena merupakan pulau utama, di Okinawa Island terdapat berbagai landmark dan objek wisata seperti Churaumi Aquarium, War Memorials, Safe Utaki, Hiji Waterfall, Ocean Expo Park, Shuri Castle, Hedo Misaki, Nakagusuku Castle, Shikinaen Garden, Okinawa World, serta masih masih banyak lagi. Untuk mencapai destinasi ini, dari Tokyo, pengunjung bisa menggunakan pesawat udara melalui bandara Naha Airport (OKA).

3. Miyako Island

Eastern Cape, Miyako Island
Eastern Cape, Miyako Island
Destinasi ketiga adalah Miyako Island atau Miyako-jima, pulau terbesar di gugusan Miyako Islands. Pulau ini bersama dengan gugusan Miyako Islands dan Yaeyama Islands terletak di wilayah barat-daya Prefektur Okinawa. Dari Pulau Okinawa, Pulau Miyako berjarak sekitar 300 km ke sebelah selatan, sementara dari Gugusan Yaeyama, pulau ini berjarak sekitar 100 km ke sebelah utara. Beberapa kota dan pemukiman utama di pulau ini antara lain Hirara, Gusukube, Irabu, Shimoji, dan Ueno. Kelima area tersebut membentuk area kota yang dikenal dengan nama City of Miyakojima.

Miyako Island merupakan pulau terbesar keempat dari semua pulau di Prefektur Okinawa. Luas pulau ini sekitar 159 km persegi dengan populasi penduduk sekitar 55 ribu jiwa pada tahun 2006. Sebagian besar wilayah Pulau Miyako berupa dataran rendah yang dikelilingi oleh pantai-pantai dengan panorama yang sangat cantik, yang terkenal adalah Eastern Cape (Higashi-hennazaki). Beberapa pantai lainnya di pulau ini antara lain Maehama Beach, Yoshino Beach, dan Sunayama Beach. Untuk mencapai destinasi ini, dari Tokyo, Osaka, Naha, dan Ishigaki, pengunjung bisa menggunakan pesawat udara melalui bandara Miyako Airport (MMY).

4. Kerama Islands

Kerama Islands, Okinawa
Kerama Islands
Destinasi keempat adalah Kerama Islands atau Kerama Shoto, gugusan pulau-pulau kecil yang masih terletak di sekitar Pulau Okinawa. Gugusan pulau ini tersusun atas setidaknya 36 pulau kecil, serta berjarak hanya sekitar 40 km di sebelah barat-daya pulau utama Okinawa. Dari semua pulau kecil tersebut, hanya sekitar 4 yang didiami oleh penduduk, yaitu Pulau Tokashiki, Pulau Zamami, Pulau Aka, dan Pulau Geruma.

Kerama Islands cukup populer dikunjungi oleh wisatawan. Selain karena letaknya yang cukup dekat dengan pulau utama Okinawa, pulau-pulau ini juga menawarkan keindahan pantai berpasir putih yang masih alami. Kerama Islands juga populer bagi pecinta diving dan snorkeling. Pada bulan Januari hingga Maret, di wilayah ini pengunjung juga bisa menyaksikan atraksi ikan paus. Dua pulau di yang sering di Kerama Islands adalah Pulau Zamami yang terkenal dengan keindahan pantainya, serta Pulau Togashiki yang merupakan pulau terbesar. Untuk mencapai destinasi ini, dari Naha, pengunjung bisa menggunakan ferry yang menuju ke Togashiki maupun ke Zamami.

6. Kume Island

Kume Island, Okinawa
Kume Island
Destinasi terakhir kita kali ini adalah Kume Island atau Kumejima, sebuah pulau kecil yang juga masih merupakan bagian dari Gugusan Okinawa (Okinawa Shoto). Pulau ini memiliki luas sekitar 59 km persegi, serta berjarak sekitar 90 km di sebelah barat pulau utama Okinawa. Berbeda dengan pulau utama, area Pulau Kume belum banyak dikembangkan. Jumlah penduduk di pulau ini juga relatif sedikit, hanya sekitar 8.700 penduduk pada tahun 2010.

Meski belum memiliki banyak fasilitas wisata, tetapi Pulau Kume merupakan salah satu destinasi favorit di Okinawa. Karena letaknya yang masih di sekitar pulau utama Okinawa, di Pulau Kume juga terdapat beberapa pantai berpasir putih yang masih alami. Beberapa yang terkenal adalah Hatenohama Beach, Ara Beach, Eef Beach, dan Shinri Beach. Selain pantai, di pulau ini juga terdapat beberapa objek wisata lainnya seperti Uezu Residence, reruntuhan Uegusuku Castle, Pool of Tropical Fish, Tatami Ishi Rocks, Torinokuchi Rock, dan Mifuga Rock. Untuk mencapai destinasi ini, dari Naha, pengunjung bisa menggunakan ferry maupun pesawat melalui bandara Kumejima Airport (UEO). Sedangkan untuk berkeliling pulau, wisatawan umumnya menyewa mobil, motor, maupun sepeda.

Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang Wisata Okinawa, kepulauan cantik di ujung selatan Jepang. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar