Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

November 15, 2018

8 Wisata Alam Cantik di Bavaria, State Terbesar di Negara Jerman

Salam Traveling!

Masih di Jerman, setelah Berlin, sekarang kita akan menuju ke state terbesar di negara ini, sekaligus yang memiliki berbagai objek wisata alam, yaitu Bavaria.

Bavaria (Bayern) merupakan salah satu dari 16 state yang membentuk negara Jerman. State ini tidak berbatasan dengan laut sama sekali, serta memiliki wilayah yang paling luas dari state-state lainnya. Bavaria terletak di ujung tenggara Jerman, serta berbatasan langsung dengan wilayah Austria, Republik Ceko, dan Swiss. Dengan Austria, state ini dibatasi oleh Pegunungan Alpen Bavaria (Bavarian Alps), dengan Republik Ceko dibatasi oleh Bavarian Forest dan Bohemian Forest, dan dengan Swiss dibatasi oleh Danau Constance. Ada 2 sungai utama yang mengalir di wilayah state ini yaitu Sungai Danube dan Sungai Main. Beberapa kota utama yang ada di Bavaria antara lain Munich (München), Nuremberg (Nürnberg), Augsburg, Regensburg, Würzburg, Ingolstadt, Fürth, dan Erlagen.

Karena memiliki wilayah yang luas dan letaknya di dekat Pegunungan Alpen, Bavaria memiliki berbagai bentang alam dan objek wisata alam yang memiliki panorama yang menakjubkan. Berikut beberapa di antaranya:

1. Berchtesgaden National Park

Berchtesgaden National Park, Bavaria
Berchtesgaden National Park, Bavaria - foto oleh
Wisata alam pertama adalah Berchtesgaden National Park, sebuah taman nasional yang terletak di ujung selatan Bavaria, tepat di perbatasan Jerman – Austria. Taman nasional ini terletak di sebelah selatan kota Berchtesgaden, tepatnya di wilayah Ramsau bei Berchtesgaden dan Schönau am Königssee. Berchtesgaden National Park pertama kali diresmikan pada tahun 1978 untuk melindungi area Pegunungan Alpen Berchtesgaden. Di bagian tengah area ini terdapat danau Königssee, serta danau Obersee yang berukuran lebih kecil. Tepat di tepi danau tersebut, menjulang puncak Watzmann (2.713 m), yang merupakan puncak tertinggi ketiga di wilayah Jerman. Pusat informasi taman nasional ini terletak di kota Berchtesgaden dan Ramsau. Pada tahun 1990, Berchtesgaden National Park dimasukkan ke dalam daftar UNESCO Biosphere Reserve. Untuk mencapai objek wisata ini, dari Munich pengunjung bisa menggunakan kereta Regional-Express (RE) menuju ke Freilassing, kemudian dilanjutkan dengan kereta Berchtesgadener Land Bahn (BLB) yang menuju ke Berchtesgaden.

2. Königssee

Königssee, Bavaria
Königssee, Bavaria
Wisata alam kedua adalah Königssee, sebuah danau cantik yang terletak di bagian tengah Taman Nasional Berchtesgaden, wilayah ujung selatan Bavaria. Danau ini terletak di Pegunungan Alpen Berchtesgaden, serta termasuk dalam wilayah Schönau am Königssee. Königssee merupakan danau gletser yang membentang sepanjang 7,7 km dari arah utara ke selatan. Meski memiliki ukuran yang cukup panjang, tetapi lebar maksimum danau ini hanya 1,7 km, yang menyebabkan bentuk Königssee lebih menyerupai sebuah fyord. Terlebih lagi, danau ini dikelilingi oleh berbagai tebing-tebing pegunungan tinggi, termasuk di antaranya Puncak Watzmann. Königssee merupakan danau terdalam ketiga di seluruh wilayah Jerman. Di ujung utara danau ini terdapat sebuah pulau kecil, Christlieger Island. Tepat di sebelah selatan Königssee, terdapat danau yang lebih kecil, Obersee, serta sebuah air terjun, Rötbach.

3. Watzmann

Watzmann, Bavaria
Watzmann, Bavaria
Wisata alam selanjutnya adalah Watzmann, puncak pegunungan yang terletak di area Taman Nasional Berchtesgaden, wilayah selatan Bavaria. Puncak Pegunungan Alpen Bavaria ini terletak di sebelah selatan kota Berchtesgaden. Watzmann memiliki ketinggian 2.713 meter serta merupakan puncak tertinggi ketiga di seluruh wilayah Jerman. Puncak pegunungan ini memiliki 3 puncak utama dan 2 puncak tambahan, semuanya membentang dari arah utara ke selatan. Ketiga puncak utama tersebut adalah Hocheck (2.651 m), Mittelspitze (2.713 m), dan Südspitze (2.712 m). Sementara dua puncak tambahan adalah Watzmannfrau atau Kleiner Watzmann dan Watzmannkinder yang masing-maisng memiliki ketinggian 2.307 meter. Di tepi timur puncak ini terdapat aliran gletser, Watzmann Glacier, yang memiliki luas sekitar 10 hektar. Sama seperti puncak pegunungan lainnya, Watzmann juga populer bagi para pecinta hiking. Umumnya pendakian puncak ini berlangsung antara bulan Juni hingga September. Jalur yang paling mudah dimulai dari desa Ramsau di dekat Berchtesgaden, menuju ke Watzmann Hut yang berada pada ketinggian 1.928 meter.

4. Alpsee

Alpsee, Bavaria
Alpsee, Bavaria
Dari Berchtesgaden, sekarang kita beranjak ke kota Füssen, yang juga terletak di ujung selatan Bavaria. Sekitar 4 km di sebelah tenggara kota ini, tepatnya di distrik Ostallgäu, terdapat sebuah danau cantik, Alpsee. Danau ini terletak tidak jauh dari 2 kastil utama di Bavaria, yaitu Neuschwanstein Castle dan Hohenschwangau Castle. Berbeda dengan danau sebelumnya, Alpsee memiliki ukuran yang cukup kecil. Panjang danau ini hanya 1,9 km dengan tepi pantai sepanjang 4,7 km. Karena letaknya yang berdekatan dengan 2 kastil, menjadikan Alpsee sebagai salah satu objek wisata favorit. Di perairan danau ini juga hidup angsa-angsa liar. Untuk menyusuri danau ini, pengunjung bisa menyewa perahu atau bisa juga dengan mengikuti jalur hiking yang sudah disediakan di sekeliling danau.

5. Eibsee

Eibsee dan Zugspitze, Bavaria
Eibsee dan Zugspitze, Bavaria
Selanjutnya kita akan menuju ke kota Garmisch-Partenkirchen, sebuah kota kecil yang juga terletak di ujung selatan Bavaria. Sekitar 9 km di sebelah barat-daya kota ini, terdapat sebuah danau cantik, Eibsee. Danau ini terletak pada elevasi 973 meter serta tepat berada di kaki puncak Zugspitze (2.962 m), yang merupakan puncak tertinggi di seluruh wilayah Jerman. Eibsee memiliki bentuk menyerupai setengah lingkaran, dengan sisi terpanjang 3,15 km dan lebar 0,56 km. Luas total permukaan danau ini sekitar 177 hektar dengan tepi pantai sepanjang 8 km. Untuk mencapai Eibsee, dari stasiun kereta Garmisch-Partenkirchen, pengunjung bisa menggunakan bis. Di dekat danau ini, terdapat jalur cable car yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk mencapai puncak Zugspitze.

6. Zugspitze

Zugspitze, Bavaria
Zugspitze, Bavaria
Selanjutnya kita akan menuju ke Zugspitze (Zugspitz), puncak tertinggi di Jerman, yang memiliki ketinggian 2.962 meter di atas permukaan laut. Puncak ini terletak di dekat Danau Eibsee, wilayah ujung selatan Bavaria. Puncak ini juga terletak di sebelah selatan Garmisch-Partenkirchen, dan tepat di sebelah barat merupakan wilayah state Tyrol, Austria. Zugspitze merupakan bagian dari Pegunungan Wetterstein, deretan Northern Limestone Alps. Di sebelah selatan puncak ini terdapat dataran tinggi karst Zugspitzplatt, yang memiliki banyak gua kapur. Di puncak ini juga terdapat 3 aliran gletser; 2 di antaranya merupakan yang terbesar di Jerman, yaitu Northern Schneeferner dan Höllentalferner; serta Southern Schneeferner. Bagi pengunjung yang ingin mencapai puncak ini, tersedia 3 jalur cable car yaitu Tyrolean Zugspitze Cable Car, Bavarian Zugspitze Railway, dan Eibsee Cable Car.

7. Tegernsee

Tegerrnsee, Bavaria
Tegernsee, Bavaria
Dari Garmish-Partenkirchen, kita akan melanjutkan ke Tegernsee, sebuah danau yang juga terletak di wilayah selatan Bavaria. Dari Munich, danau ini berjarak sekitar 60 km ke sebelah selatan. Tegernsee berbentuk memanjang dari utara ke selatan, dengan sisi terpanjang 6,5 km dan lebar 1,4 km. Luas permukaan danau ini sekitar 8,9 km persegi. Ada 6 sungai utama yang mengalir mengisi perairan danau ini, yaitu Weißach, Rottach, Alpbach, Sölbach, Breitenbach, dan Zeisselbach; dan dari danau ini hanya mengalir 1 sungai yaitu, Mangfall. Di tepi Tegernsee terdapat sebuah kota resort dengan nama yang sama, yaitu Tegernsee. Beberapa kota lainnya yang juga berada di tepi danau ini antara lain Bad Wiessee, Kreuth, Gmund, dan Rottach-Egern. Untuk mencapai objek wisata ini, dari Munich, pengunjung bisa menggunakan kereta Bayerische Oberlandbahn, dan dilanjutkan dengan kereta Tegernsee-Bahn.

8. Walchensee

Walchensee, Bavaria
Walchensee, Bavaria
Objek wisata terakhir kita kali ini adalah Walchensee, sebuah danau cantik yang berwarna biru-turquoise yang terletak di wilayah Kochel, sekitar 85 km di sebelah selatan Munich. Walchensee merupakan danau alpen terbesar di Jerman, serta merupakan danau terdalam, dengan kedalaman mencapai 192 meter. Bentuk danau ini menyerupai segitiga dengan sisi terpanjang 6,7 km dan lebar 5 km. Luas area danau ini sekitar 16,4 km persegi, dengan panjang garis pantai mencapai 27 km. Hanya ada satu sungai utama yang mengalir mengisi perairan Walchensee, yaitu sungai Obernnach. Dari danau ini, juga hanya mengalir satu sungai, yaitu sungai Jachen. Di danau ini terdapat satu pulau kecil, Sassau, yang memiliki luas sekitar 2,9 hektar. sama seperti Tegernsee, Walchensee juga merupakan danau favorit bagi para wisatawan di wilayah Bavaria. Di tepi danau ini terdapat jalur gondola, Herzogstandbahn, yang menuju ke puncak bukit Fahrenberg.

Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang 8 wisata alam cantik di Bavaria, state terbesar di negara Jerman. Informasi tentang objek-objek wisata klasik di wilayah ini, bisa dibaca di artikel selanjutnya, 8 Objek Wisata Klasik di Bavaria. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar