Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

November 08, 2018

Wisata Kent, Destinasi Cantik di Ujung Tenggara Inggris

Salam Traveling!

Masih di Inggris, setelah London dan Cornwall, sekarang kita menuju ke Kent, destinasi cantik yang terletak di ujung tenggara Inggris.

Kent merupakan sebuah county yang terletak di region South East England, wilayah tenggara Inggris. Wilayah county ini dibatasi oleh Sungai Thames dan Laut Utara di sebelah utara, dengan Greater London di sebelah barat-laut, dengan Surrey di sebelah barat, dengan East Sussex di sebelah selatan, serta dengan English Channel di sebelah timur. Secara administratif, wilayah Kent dibagi ke dalam 13 distrik; beberapa yang utama adalah Dover, City of Canterbury, Margate, serta Maidstone yang merupakan county town. Karena letaknya yang cukup dekat dengan London, sehingga destinasi ini cukup mudah untuk dicapai oleh para traveler. Umumnya, dari London, pengunjung hanya membutuhkan waktu sekitar 1 setengah jam dengan menggunakan bis maupun kereta.

Berikut beberapa destinasi, landmark, dan objek wisata yang sering dikunjungi oleh para traveler di Kent:

1. Leeds Castle

Leeds Castle, Kent
Leeds Castle, Kent
Landmark sekaligus objek wisata pertama adalah Leeds Castle, sebuah kastil cantik yang terletak desa Leeds, sekitar 8 km di sebelah tenggara Maidstone, Kent. Meski menggunakan nama Leeds, tetapi kastil ini tidak terletak di kota Leeds, melainkan di desa Leeds, wilayah tengah Kent. Leeds Castle pertama kali dibangun pada tahun 1086. Pada abad ke-13, kastil ini dikuasai oleh Raja Edward I serta dijadikan sebagai kediaman favorit kerajaan. Pada abad ke-16, Raja Henry VIII menggunakan kastil ini sebagai tempat tinggal istri pertamanya, Catherine of Aragon. Bangunan kastil yang ada saat ini sebagian besar dibangun pada abad ke-19. Kastil ini berada di sebuah pulau kecil di tengah danau yang terbentuk dari aliran Sungai Len. Leeds Castle telah dibuka untuk publik sejak tahun 1976. Selain bangunan utama, di halaman kastil ini juga terdapat taman yang dilengkapi dengan labirin (maze) dan area bermain untuk anak-anak.

2. Dover Castle

Dover Castle, Kent
Dover Castle, Kent
Landmark dan objek wisata kedua adalah Dover Castle, kastil klasik yang terletak di Dover, wilayah pantai timur Kent. Kastil ini dibangun pada abad ke-12 atas perintah Raja Henry II. Katil yang terletak di tepi Selat Dover ini merupakan kastil terbesar di Inggris serta diberi julukan sebagai “Key of England” karena perannya yang sangat penting sepanjang sejarah Inggris. Setidaknya ada beberapa perang besar dimana Dover Castle digunakan sebagai benteng pertahanan, di antaranya adalah Perang Napoleon pada akhir abad ke-18 serta Perang Dunia II pada awal abad ke-20. Pada tahun 2007, pemerintah Inggris menghabiskan dana sekitar 2 juta pounds untuk merenovasi interior kastil ini. Saat ini, selain sebagai objek wisata, Dover Castle juga tetap merupakan monumen dan situs arkeologi yang dilindungi.

3. Canterbury Cathedral

Canterbury Cathedral, Kent
Canterbuty Cathedral, Kent
Landmark ketiga adalah Canterbury Cathedral, gereja katedral yang terletak di wilayah Canterbury, Kent. Gereja ini pertama kali dibangun pada tahun 1070, dan terus mengalami perubahan hingga tahun 1834. Canterbury Cathedral dibangun arsitektur perpaduan Romanesque dan Gothic, serta merupakan gereja tertua di seluruh wilayah Inggris. Dari segi struktur, gereja ini memiliki panjang gereja 160 meter, dilengkapi dengan 5 menara setinggi 72 meter dan 14 lonceng. Pada tahun 1988, Canterbury Cathedral dimasukkan ke dalam daftar UNESCO World Heritage Site bersama dengan St Augustine’s Abbey dan St Martin’s Church. Di kompleks gereja ini juga terdapat perpustakaan yang menyimpan sekitar 50 ribu koleksi, sebagian di antaranya dicetak sebelum abad ke-20.

4. Hever Castle

Hever Castle, Kent
Hever Castle, Kent - foto oleh Christoph Matthias Siebenborn
Landmark dan objek wisata keempat adalah Hever Castle, kastil cantik yang terletak di desa Hever, wilayah barat Kent. Kastil ini terletak di dekat kota Edenbridge, hanya sekitar 48 km di sebelah tenggara London. Hever Castle pertama kali dibangun pada abad ke-13 dan merupakan sebuah “country house” miliki keluarga Boleyn. Country house sendiri merupakan istilah bagi rumah besar (mansion) yang terletak di wilayah pedesaan (countryside), umumnya dimiliki oleh para bangsawan. Hever Castle selanjutnya menjadi milik Kerajaan Inggris saat Anne Boleyn, yang merupakan keturunan keluarga Boleyn, menikah dengan Pangeran Henry VIII pada abad ke-16. Serupa dengan Leeds Castle, bagian halaman Hever Castle juga dilengkapi dengan taman-taman dan labirin (maze), serta sebuah danau.

5. Whitstable

Whitstable, Kent
Whitstable, Kent
Destinasi wisata kelima adalah Whitstable, sebuah kota kecil yang terletak di tepi pantai utara Kent. Kota ini berjarak sekitar 8 km di sebelah utara Canterbury, serta sekitar 3 km di sebelah barat Herne Bay. Jumlah penduduk kota kecil ini sekitar 32 ribu jiwa pada tahun 2011. Whitstable terkenal dengan kuliner tiram (oyster), dan setiap musim panas, di kota ini diadakan Festival Oyster. Selain festival kuliner, Whitstable juga terkenal dengan objek wisata pantai, serta beberapa landmark seperti Whitstable Castle &Gardens, Whitstable Museum and Gallery, Harbour Street, Kentish Flats offshore windfarm, dan Island Wall. Di kota terdapat stasiun kereta Whitstable yang dilalui oleh jalur kereta Chatham Main Line, yang menghubungkan kota ini dengan Ramsgate dan Stasiun Victoria di London.

6. Turner Contemporary

Turner Contemporary, Kent
Turner Contemporary, Kent - foto oleh Carlos Dominquez
Objek wisata selanjutnya adalah Turner Contemporary, galeri seni yang terletak di Margate, wilayah pantai timur-laut Kent. Sesuai dengan namanya, galeri ini menyimpan berbagai koleksi seni kontemporer dan telah dibuka sejak tahun 2011. Nama Turner sendiri diambil dari nama pelukis landscape terkenal, J.M.W. Turner, yang pernah bersekolah dan sering berkunjung ke Margate. Turner Contemporary dibangun di tepi pantai Laut Utara, serta didesain oleh beberapa arsitek dan seniman ternama seperti Snøhetta, David Chipperfield, dan Tracey Emin.

7. White Cliffs of Dover

White Cliffs of Dover, Kent
White Cliffs of Dover, Kent - foto oleh Immanuel Giel
Selanjutnya kita akan menuju ke objek wisata alam yaitu White Cliffs of Dover, formasi tebing sepanjang 13 km yang terletak di tepi pantai Selat Dover. Sesuai dengan namanya, tebing ini terletak di Dover, wilayah timur Kent. Tebing ini berwarna putih menyerupai kapur, serta memiliki ketinggian hingga 110 meter. Tepat di seberang Selat Dover, terdapat formasi tebing yang serupa yang terletak di tepi pantai Côte d’Albâtre, wilayah Normandy, Prancis. Pada hari cerah, White Cliffs of Dover bisa terlihat jelas dari wilayah Prancis tersebut. Selain keindahan tebing dan pantai, di area ini juga terdapat Dover Castle, Dover Museum, serta South Foreland Lighthouse, sebuah mercusuar bergaya Victoria yang terletak di tepi Teluk St. Margaret.

8. Dreamland Margate

Dreamland Margate, Kent
Dreamland Margate, Kent - foto oleh Ruth Johnston
Objek wisata terakhir kita kali ini adalah Dreamland Margate, sebuah taman bermain dan hiburan yang terletak di tepi pantai Margate, wilayah timur-laut Kent. Taman bermain ini sebenarnya telah ada sejak tahun 1880, tetapi baru menggunakan nama “Dreamland” pada tahun 1920 saat rollercoaster Scenic Railway pertama kali dibuka. Pengelolaan Dreamland sempat mengalami krisis pada tahun 2000-an, dan di tahun 2005 taman bermain ini hampir ditutup. Tetapi masyarakat lokal kemudian mengadakan kampanye untuk meresotarasi taman ini kembali, dan di tahun 2015 Dreamland kembali dibuka. Saat ini, Dreamland ini memiliki sekitar 22 ride (atraksi), beberapa di antaranya adalah Scenic Railway yang telah ada sejak tahun 1920, Betty Beehive Coaster, Speedway Ark, Hurricane jets, dan The Gallopers.

Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang Wisata Kent, destinasi cantik di ujung tenggara Inggris. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga


Tidak ada komentar:

Posting Komentar