Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Klook.com

2019-06-20

Wisata Stuttgart, Ibu Kota State Baden-Württemberg, Jerman

Salam Traveling!

Masih di Baden-Württemberg, setelah mengunjungi objek-objek wisata klasik dan wisata alam, sekarang kita akan berkunjung ke Stuttgart, ibu kota sekaligus kota terbesar di state ini.

Stuttgart (Bahasa Jerman Swabia: Schduagert) merupakan ibu kota sekaligus kota terbesar di state Baden-Württemberg. Secara geografis, kota ini terletak di wilayah tengah state, tepatnya di tepi Sungai Neckar, di sebuah lembah subur yang dikenal dengan nama “Stuttgart Cauldron”. Dari Pegunungan Jura Swabia dan Hutan Black Forest, kota ini bisa dicapai dengan 1 jam berkendara. Stuttgart merupakan kota terbesar keenam di Jerman dengan jumlah penduduk sekitar 632 ribu jiwa pada tahun 2018. Sementara area metropolitan kota ini memiliki populasi penduduk mencapai 5,3 juta jiwa. Stuttgart dikenal sebagai kota automobile, karena di kota inilah kantor pusat beberapa merek mobil terkenal dunia seperti Mercedes-Benz, Porsche, dan Bosch. Meski demikian, di wilayah kota ini juga terdapat berbagai objek wisata alam seperti taman-taman kota dan perkebunan anggur.

Berikut beberapa objek wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan di Stuttgart:

1. Schlossplatz

Schlossplatz, Stuttgart
Neues Schloss di Schlossplatz, Stuttgart - foto oleh Julian Herzog
Objek wisata pertama adalah Schlossplatz, lapangan utama sekaligus yang terbesar di kota Stuttgart. Lapangan ini terletak di distrik (Stadtbezirk) Stuttgart-Mitte, sebuah area yang dulunya merupakan pusat kota di masa lampau, atau yang biasa dikenal dengan istilah Altstadt (Old Town). Di lapangan inilah terletak Neues Schloss atau New Palace Stuttgart, yang juga merupakan landmark utama di Baden-Württemberg. Tepat di sebelah lapangan ini, terdapat dua lapangan utama lainnya, yaitu Schillerplatz di sebelah barat-daya, dan Karlplatz di sebelah selatan. Dengan kedua lapangan tersebut, Schlossplatz dipisahkan oleh Königstraβe (King Street). Setiap tahunnya, di Schlossplatz selalu diadakan berbagai event besar seperti konser terbuka, serta children’s fair yang merupakan bagian dari Weihnachten Market. Saat Final Piala Dunia 2006, lapangan ini digunakan untuk acara nonton bersama yang dihadiri lebih dari 40 ribu penonton. Di musim panas 2008, di Schlossplatz juga pernah diadakan pameran bertema United Buddy Bears, dengan karya utamanya deretan 144 patung setinggi 2 meter sebagai simbol toleransi di dunia.

2. Schillerplatz

Schillerplatz, Stuttgart
Schillerplatz, Stuttgart - foto oleh Andreas Praefcke
Objek wisata kedua adalah Schillerplatz, sebuah lapangan yang juga terletak di distrik Stuttgart-Mitte, wilayah sentral kota Stuttgart. Di lapangan inilah terletak Altes Schloss atau Old Castle Stuttgart, salah satu landmark utama di Baden-Württemberg. Schillerplatz terletak tepat di sebelah barat-daya Schlossplatz, yang juga merupakan lapangan utama di kota Stuttgart. Nama Schillerplatz diambil dari nama Friedrich Schiller, seorang penyair dan sejarawan yang berasal dari Württemberg, serta pernah tinggal menetap di kota ini. Selain Altes Schloss, di lapangan ini juga terdapat beberapa bangunan bersejarah lainnya, seperti Stiftskirche, Fruchtkasten, Prinzenbau, Alte Kanzlei, serta patung Friedrich Schiller. Setiap dua kali dalam sepekan, di Schillerplatz selalu diadakan bazar yang selalu ramai dikunjungi oleh warga lokal serta wisatawan.

3. Castle Solitude

Castle Solitude, Stuttgart
Castle Solitude, Stuttgart
Objek wisata ketiga adalah Castle Solitude (Schloss Solitude), sebuah kastil yang terletak di distrik Weilimdorf, wilayah barat-laut Stuttgart. Kastil ini terletak perbukitan antara kota Leonberg, Gerlingen, dan Stuttgart. Castle Solitude dibangun pertama kali pada abad ke-18 dengan arsitektur khas Rococo dan Neoclassic. Pembangunan kastil ini berdasarkan perintah Pangeran Württemberg, Charles Eugene, yang pada saat itu digunakan sebagai hunting lodge atau tempat peristirahatan saat berburu. Nama ‘solitude’ berasal dari Bahasa Prancis yang berarti ‘loneliness’ atau ‘kesendirian’. Meski letaknya lebih dekat dengan kota Gerlingen, tetapi kastil ini sleanjutnya dimasukkan ke dalam wilayah urban Stuttgart-West, tepatnya di tahun 1956. Karena letaknya di atas bukit, selain keindahan kastil, dari sini pengunjung juga menikmati panorama kota Weilimdorf, Korntal, serta dataran rendah di sekitar Ludwigsburg.

4. Wilhelma Zoological-Botanical Garden

Wilhelma Zoological-Botanical Garden, Stuttgart
Burung commorant di Wilhelma Zoological-Botanical Garden, Stuttgart
Objek wisata selanjutnya adalah Wilhelma Zoological-Botanical Garden (Wilhelma Zoologisch-Botanischer Garten), kebun binatang sekaligus kebun botani yang terletak di distrik Bad Cannstatt, wilayah utara Stuttgart. Kebun binatang ini terletak di tepi Sungai Neckar, serta di dekat Rosenstein Palace. Bangunan Wilhelma sendiri telah dibangun sejak tahun 1829 atas perintah Pangeran William I Württemberg. Saat itu, semua bangunan didesain mengikuti arsitektur khas Moor, serupa dengan arsitektur Alhamra di Granada. Pada tahun 1919, kebun botani pertama kali di buka, dan diikuti oleh pembukaan kebun binatang pada tahun 1951. Beberapa spesies hewan yang utama di kebun binatang ini antara lain badak, gajah, kera, serta berbagai spesies burung dan reptil. Saat ini, Wilhelma merupakan salah satu kebun binatang favorit di Baden-Württemberg yang selalu dikunjungi oleh 2 juta pengunjung setiap tahun.

5. Killesbergpark

Killesbergpark, Stuttgart
Killesbergpark, Stuttgart - foto oleh qwesy qwesy
Objek wisata selanjutnya adalah Killesbergpark (Höhenpark Killesberg), sebuah taman kota yang terletak di distrik Stuttgart-Nord, wilayah utara kota Stuttgart. Dari Wilhelma, taman ini hanya berjarak sekitar 3 km ke sebelah barat. Killesbergpark memiliki luas sekitar 50 hektar dan telah dibuka sejak tahun 1939. Sebelumnya area ini hanya merupakan bekas penggalian tambang. Area ini selanjutnya ditransformasikan untuk menyelenggarakn berbagai event holtikultura, termasuk di antaranya festival kebun Bundesgartenschau dan Internationale Gartenbauausstellung (IGA) yang tetap berlangsung hingga saat ini. Selain taman-taman bunga, di Killesbergpark juga terdapat Menara Killesberg setinggi 40 meter serta miniatur kereta api berukuran 15 inci dengan jalur kereta Killesbergbahn sepanjang kurang lebih 2,3 km. Sekitar 1 km dari taman ini, terdapat landmark lainnya yaitu Bismarck Tower dan rumah Presiden Republik Federal Jerman yang pertama, yaitu Theodor Heuss.

6. Stadtbibliothek Stuttgart

Stadtbibliothek Stuttgart
Bagian interior Sadtbibliothek Stuttgart - foto oleh GillyBerlin
Objek wisata keenam adalah Stadtbibliothek Stuttgart atau Public Library Stuttgart, perpustakaan umum yang terletak di area Mailänder Platz, distrik Stuttgart-Mitte, wilayah pusat kota Stuttgart. Dari Schloβplatz, tempat wisata ini hanya berjarak sekitar 1,5 km ke sebelah utara. Stadtbibliothek pertama kali dibangun pada tahun 1834 sebagai kediaman Raja Württemberg. Saat ini perpustakaan ini dikenal dengan Stadtbücherei Stuttgart dan hingga tahun 2011 terletak di Wilhelm Palais. Di tahun 2011, perpustakaan ini selanjutnya dipindahkan ke lokasinya saat ini, Mailänder Platz, dan didesai dengan arsitektur modern berbentuk kubik berwarna putih. Bagian interior perpustakaan pun didominasi oleh warna putih dengan penataan ruang seperti layaknya sebuah kubik. Selain perpustakaan utama ini, Stadtbibliothek juga memiliki perpustakaan cabang di 17 distrik serta 2 perpustakaan mobile.

7. Fernsehturm Stuttgart

Fernsehturm Stuttgart
Fernsehturm Stuttgart
Objek wisata terakhir kita kali ini adalah Fernsehturm Stuttgart, atau Stuttgart TV Tower, menara telekomunikasi dan observasi yang terletak di Jahnstraβe, distrik Stuttgart-Süd, wilayah selatan kota Stuttgart. Menara setinggi 216 meter ini pertama kali dibangun pada tahun 1954, dengan arsitektur modern dan berbahan dasar RC (reinforced concrete). Menara ini mulai beroperasi pada tahun 1956 dan direnovasi pada tahun 1965. Pada awal dibangun, Fernsehturm Stuttgart sempat mengalami kontroversi, tetapi dalam perkembangannya menara ini selajutnya menjadi landmark utama serta objek wisata di kota Stuttgart. Menara ini terletak di atas bukit Hoher Bopser yang memiliki elevasi 483 meter. Dengan lokasi tersebut ditambah dengan ketinggian menara, dari dek observasi Fernsehturm, pengunjung bisa menikmati panorama hutan dan kebun anggur di sekitar Stuttgart, bahkan sebagian Pegunungan Swabian Jura dan Hutan Black Forest.

Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang wisata Stuttgart, ibu kota sekaligus kota terbesar di state Baden-Württemberg, Jerman. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar