Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Desember 30, 2019

5 Gunung Cantik di region Bernese Oberland, Swiss – Bagian 1

Salam Traveling!

Masih di Bernese Oberland, region cantik yang terletak di ujung selatan Canton Bern, Swiss, setelah sebelumnya mengunjungi berbagai kota dan desa cantik yang ada di region ini, sekarang kita akan mengunjungi gunung-gunung yang juga memiliki pemandangan alam cantik di region ini.

Bernese Oberland sendiri merupakan bagian dari canton Bern yang berupa dataran tinggi dan pegunungan. Area ini terletak di ujung selatan canton serta merupakan satu dari lima region administratif, yang lebih dikenal dengan sebutan Oberland. Region ini dibagi menjadi 4 distrik dan 80 kota. Keempat distrik tersebut adalah Frutigen-Niedersimmental, Intrelaken-Oberhasli, Obersimmental-Saanen, dan Thun. Destinasi utama di region ini antara lain Interlaken, Wengen, Mürren, Lauterbrunnen, Grindelwald, Haslital, Danau Thun, Kandersteg, Simmental, dan Saanenland. Sementara di Pegunungan Bernese Alps, puncak tertinggi adalah Finsteraarhorn (4.274 m), tetapi yang lebih terkenal adalah Eiger, Mönch, dan Jungfrau.

Berikut 5 gunung dengan pemandangan cantik yang sering dikunjungi oleh wisatawan di region Bernese Oberland:

1. Jungfrau

Jungfrau, Bernese Oberland
Deretan pegunungan Jungfrau (kanan), Mönch (tengah), dan Eiger (kiri) - foto oleh Hansueli Krapf
Gunung cantik pertama adalah Jungfrau merupakan, salah satu puncak utama di deretan Pegunungan Alpen Bernese Oberland. Gunung ini memiliki tinggi 4.158 meter dan terletak di sebelah timur Lauterbrunnen, tepat di perbatasan Canto Bern dan Canton Valais. Gunung ini merupakan yang tertinggi ketiga di deretan Pegunungan Bernese Alps setelah Finsteraarhorn dan Aletschhorn. Bersama dengan Mönch dan Eiger, Jungfrau membentuk tembok alam raksasa di deretan Pegunungan Alpen Swiss, tepatnya di antara wilayah Bernese Oberland dan Dataran Tinggi Swiss. Tembok alam sepanjang 10 km inilah yang membatasi lembah Lauterbrunnen dan Grindelwald.
Jungfraubahn, Bernese Oberland
Kereta Jungfraubahn dengan latar belakang Puncak Jungfrau (photo: Roland Zumbühl of Picswiss)
Jungfrau bisa dicapai dengan jalur kereta Jungfraubahn dari Wengen di wilayah Lauterbrunnen, atau dari jalur pass Kleine Scheidegg yang terletak di antara Lauterbrunnen dan Grindelwald. Jalur kereta ini akan menuju ke Jungfraujoch, lembah yang terletak di antara Jungfrau dan Mönch. Stasiun kereta Jungfrau terletak pada ketinggian 3.454 m serta merupakan stasiun kereta tertinggi di Eropa. Karena keindahannya, area Jungfrau menjadi salah satu area wisata favorit di region Bernese Oberland, Swiss. Pada tahun 2001, bersama dengan Gletser Aletsch, wilayah Jungfrau dimasukkan ke dalam daftar UNESCO Wolrd Heritage Site dengan nama Jungfrau-Aletsch.

2. Mönch

Mönch, Bernese Oberland
Panorama Mönch dilihat Stockhorn (photo: Marsianer84/Wkimedia Commons)
Gunung cantik kedua adalah Mönch, gunung setinggi 4.107 meter yang terletak tepat di sebelah timur-laut Jungfrau. Gunung ini juga terletak di wilayah selatan Bernese Oberland, tepat di perbatasan canton Bern dengan canton Valais. Di sebelah timur-laut Mönch, menjulang puncak Eiger. Ketiga puncak gunung ini, Jungfrau – Mönch – Eiger, membentuk tembok alam sepanjang 10 km yang memisahkan wilayah Lauterbrunnen dan Grindelwald.
Jungfraujoch, Bernese Oberland
Mönch (kiri), Jungfraujoch (tengah), dan Jungfrau (kanan) - foto oleh Hansueli Krapf
Di sebelah barat-daya Mönch terletak Jungfraujoch, sebuah cekungan yang terletak antara Jungfrau dan Mönch. Sementara di barat-laut terdapat Ober Mönchsjoch, lereng pegunungan dengan elevasi 3.650 meter, tepat di atas Aletsch Glacier yang mengalir ke canton Valais. Untuk mencapai Mönch, pengunjung bisa menggunakan kereta Jungfraubahn dari Kleine Scheidegg menuju ke Jungfraujoch. Untuk mencapai Kleine Scheidegg sendiri, tersedia jalur kereta Wengerbalpbahn (WAB) dari Wengen di Lauterbrunnen, serta dari Grindelwald.

3. Eiger

Eiger, Bernese Oberland
Eiger (kiri), Mönch (tengah), dan Jungfrau (kanan) - foto oleh Christoph Strässler/Flickr
Gunung cantik ketiga adalah Eiger, gunung setinggi 3.967 meter yang terletak di sebelah utara Mönch. Dari deretan ketiga gunung ini, Jungfrau – Mönch – Eiger, puncak Jungfrau terletak di ujung barat-daya serta merupakan yang tertinggi, puncak Mönch di bagian tengah, dan puncak Eiger di ujung utara serta merupakan yang terendah. Sama seperti Jungfrau dan Mönch, Eiger juga terletak di wilayah selatan Bernese Oberland, tepat di antara canton Bern dan canton Valais. Gunung ini juga membentuk tembok alam sepanjang 10 km yang memisahkan Grindelwald dan Lauterbrunnen.
Eiger-Nordwand, Bernese Oberland
Eiger-Nordwand (photo: Kosala Bandara/Flickr)
Pada para wisatawan, khususnya hiker, bagian utama dari puncak Eiger adalah sisi utara setinggi 1.800 meter yang terbentuk dari batuan dan es. Sisi ini dikenal dengan nama Eiger-Nordwand, Eigerwand, atau cukup dengan Nordwand saja. Eiger-Nordwand merupakan sisi utara yang terbesar di seluruh Pegunungan Alpen di Eropa. Sisi utara ini menjulang tepat di atas area resort Kleine Scheidegg. Untuk mencapai Eiger, pengunjung bisa menggunakan kereta Jungfraubahn dari Kleine Scheidegg yang menuju ke Jungfraujoch, tetapi cukup berhenti di stasiun Eigerwand ataupun Eigergletscher.

4. Schilthorn

Schilthorn dan Piz Gloria
Puncak Schilthorn dan Piz Gloria - foto oleh Ximonic (Simo Räsänen)
Gunung cantik kelima adalah Schilthorn, gunung setinggi 2.970 meter yang terletak di sebelah barat Jungfrau. Gunung ini terletak tepat di atas Lembah Lauterbrunnen (Lauterbrunnental), di wilayah selatan Bernese Oberland. Schilthorn merupakan salah satu gunung yang cukup spesial di Bernese Oberland. Di atas puncak gunung ini terdapat revolving restaurant Piz Gloria yang terkenal melalui serial novel James Bond. Revolving restaurant sendiri merupakan tipe restoran yang bisa berputar, yang ruangannya pada umumnya berbentuk lingkaran. Jika pengunjung menyantap makanan di restoran ini, mereka bisa menikmati panorama sekeliling tanpa harus meninggalkan tempat duduk. Selain Piz Gloria, dari puncak Schilthorn wisatawan juga bisa melihat keindahan puncak Titilis, Eiger, Mönch, dan Jungfrau, hingga Mont Blanc dan Black Forest di perbatasan Swiss - Jerman.
Cable car ke Shilthorn
Cable car yang menuju ke Schilthorn - foto oleh edwin.11
Akses terdekat untuk mencapai Schilthorn adalah melalui Mürren, yang juga masih merupakan bagian dari wilayah kota Lauterbrunnen. Dari Mürren, gunung ini berjarak sekitar 7 km, serta terdapat jalur cable car untuk mencapai ke puncaknya. Sebelum mencapai puncak Shilthorn, cable car akan melalui 2 puncak lain yaitu Allmendhubel dan Birg. Di antara Birg dan Schilthorn, terdapat sebuah danau kecil Grauseeli. Untuk mencapai Mürren dari pusat kota Lauterbrunnen, pengunjung bisa menggunakan cable car menuju ke Grütschalp lalu dilanjukan dengan kereta menuju ke Mürren. Atau bisa juga dengan menggunakan bis menuju ke Stechelberg, dilanjutkan dengan cable car menuju ke Mürren.

5. Blüemlisalp

Blüemlisalp, Bernese Oberland
Blüemlisalp (photo: AdrianMichael/Wikimedia Commons)
Gunung cantik kelima adalah Blüemlisalp, gunung massif yang terletak di sebelah barat-daya Schilthorn. Gunung massif sendiri merupakan istilah bagi gunung yang memiliki beberapa puncak yang berderet. Beberapa puncak Blüemlisalp antara lain Blüemlisalphorn (3.661 m) yang merupakan puncak utama, Wyssi Frau (3.648 m), Morgenhorn (3.623 m), Oeschinenhorn (3.486 m), dan Wildi Frau (3.260 m). Keseluruhan area gunung ini termasuk dalam wilayah Kandersteg dan Reichenbach im Kandertal, di wilayah selatan Bernese Oberland. Sekitar 3 km di sebelah barat puncak utama Büemlisalphorn, terdapat danau cantik Oechinensee, yang juga masih termasuk dalam wilayah Kandersteg.
Blüemlisalp dan Danau Oechinensee
Blüemlisalp dan Danau Oechinensee (photo: Roland Zumbühl of Picswiss)
Kota terdekat untuk mencapai Blüemlisalp adalah melalui Kandersteg. Dari kota tersebut, pengunjung bisa menggunakan mobil untuk menuju ke Danau Oechinensee. Bagi pecinta hiking, tersedia jalur hiking sepanjang 5 km dari tepi timur Oechinensee yang menuju ke puncak utama Blüemlisalphorn. Tetapi bagi wisatawan yang ingin lebih santai, tersedia gondola untuk mencapai puncak. Di puncak terdapat pos pendakian utama yaitu Blüemlisalphütte SAC, yang juga menyediakan penginapan dan restoran. Untuk mencapai Kandersteg sendiri, pengunjung bisa menggunakan jalur kereta Löschberg dari Bern, Spiez, dan Frutigen.

Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang 5 gunung cantik yang sering dikunjungi oleh para traveler di region Bernese Oberland, Swiss – bagian 1. Informasi selanjutnya bisa dibaca di 5 gunung cantik di region Bernese Oberland, Swiss – bagian 2. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar