Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Klook.com

2023-07-31

5 Kota Destinasi Wisata di Negara Bagian New Jersey, Amerika Serikat

Salam Traveling!


Masih di wilayah East Coast atau Pantai Timur Amerika Serikat, setelah Massachusetts dan New York, negara bagian yang akan kita tuju selanjutnya adalah New Jersey (NJ).

Welcome to New Jersey
"Welcome to New Jersey" di Route 284 - foto oleh Famartin/Wikimedia Commons
New Jersey, atau sering disingkat NJ, merupakan negara bagian terpadat di negara Amerika Serikat. Negara bagian ini terletak di tengah area Northeast megalopolis, istilah bagi koridor kota metropolitan yang membentang dari Boston, New York, hingga ke Washington D.C. Wilayah New Jersey termasuk dalam region Mid-Atlantic dan Northeastern. State ini dibatasi oleh New York di bagian utara dan timur-laut; dengan Pennsylvania dan Delaware River di bagian barat; dengan Delaware Bay dan negara bagian Delaware di bagian tenggara; serta dengan Samudra Atlantik di bagian selatan dan timur.

Sungai Passaic (Passaic River), New Jersey
Sungai Passaic (Passaic River), New Jersey - foto oleh 12019/Pixabay
New Jersey merupakan state kelima dengan luas wilayah terkecil di Amerika Serikat. Luas wilayah negara bagian ini hanya sekitar 19 ribu km persegi. Dengan jumlah penduduk yang mencapai 9,3 juta jiwa, menjadikan New Jersey sebagai state terpadat di negara ini di luar Washington D.C. Ibu kota negara bagian ini terletak di Trenton, tetapi kota terbesarnya adalah Newark. New Jersey merupakan satu-satunya negara bagian yang semua county-nya termasuk dalam wilayah metropolitan; 13 county termasuk dalam wilayah metropolitan New York; 7 county termasuk wilayah metropolitan Philadelphia; serta 1 county merupakan bagian dari area industri dan metropolitan Leigh Valley.

Berikut 5 kota dan destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh para traveler di New Jersey:


1. Cape May

Mercusuar Cape May - foto oleh Paul Lowry/Wikimedia Commons
Destinasi pertama adalah Cape May, atau Cape May City, kota resort yang terletak di ujung selatan New Jersey. Kota ini terletak di Semenanjung Cape May, tepat di pertemuan antara Teluk Delaware (Delaware Bay) dan Samudra Atlantik. Cape May merupakan salah satu kota resort tertua di Amerika Serikat. Kota ini beserta seluruh wilayah county Cape May merupakan bagian dari area metropolitan Ocean City, dan juga bagian dari area Philadelphia-Wilmington-Camden atau Delaware Valley. Pada tahun 2020, populasi penduduk di kota ini sekitar 2.768 jiwa. Meski demikian, pada musim panas, populasi penduduk kota bisa meningkat hingga 50.000 karena banyaknya wisatawan yang berkunjung.

Jalan di kota Cape May
Oleh pemerintah kota, seluruh wilayah Cape May ditetapkan sebagain Cape May Historic District, serupa dengan National Historic Landmark. Penetapan tersebut bertujuan untuk melindungi bangunan-bangunan klasik dan bersejarah berarsitektur Victorian yang ada di kota ini. Wilayah pantai Cape May diakui sebagai salah satu dari 10 pantai terbaik di Amerika Serikat oleh Travel Channel. Beberapa landmark utama di kota ini antara lain Emlen Physick Estate, Cape May Lighthouse, Washington Street Mall, Nature Center of Cape May, Historic Cold Spring Village, Cape May County Park & Zoo, Naval Air Station Wildwood Aviation Museum, Salt Marsh Safari, Cape May Stage, Cape May Whale Watcher, The Lobster House, Cape May Winery, dan Morey’s Piers & Beachfront Water Parks.

2. Newark

Military Park, Newark - foto oleh Zeete/Wikimedia Commons
Destinasi kedua adalah Newark, kota terbesar di negara bagian New Jersey sekaligus pusat administrasi County Essex. Kota ini terletak di wilayah timur-laut state dan hanya berjarak sekitar 16 km dari New York City (NYC). Berdasarkan sensus pada tahun 2020, jumlah penduduk di kota ini sekitar 311 ribu jiwa.

Newark merupakan salah stau kota tertua di negara Amerika Serikat. Wilayah kota ini mulai dihuni oleh kaum Puritan dari New Haven Colony pada tahun 1666. Lokasi kota di muara Sungai Passaic (Passaic River) yang mengalir ke Teluk Newark (Newark Bay), menjadikan kota ini bagian dari Pelabuhan New York dan New Jersey (Port of New York and New Jersey). Saat ini, Port Newark-Elizabeth merupakan pelabuhan pengangkut container tersibuk di seluruh wilayah East Coast. Newark Liberty International Airport yang merupakan bandara komersil pertama di state ini, juga merupakan salah satu bandara tersibuk di Amerika Serikat.

Newark Riverfront
Newark Riverfront - foto oleh Defense Visual Information Distribution Service
Beberapa landmark dan objek wisata di Newark antara lain Branch Brook Park, The Newark Museum of Art, Prudential Center, New Jersey Performing Arts Center, Military Park, New Jersey Historical Society, St Lucy’s Roman Catholic Church, Newark Penn Station, Mount Pleasant Cemetery, Weequahic Park, Essex County Riverfront Park, dan Cathedral Basilica of the Sacred Heart.

3. Jersey City

Pusat kota Jersey City - foto oleh Idawriter/Wikimedia Commons
Destinasi ketiga adalah Jersey City, kota terbesar kedua di negara bagian New Jersey. Sama seperti Newark, kota ini juga terletak di wilayah timur-laut state, tepat di perbatasan New Jersey – New York. Dari New York City (NYC), Jersey City hanya berjarak kurang dari 4 km.

Jersey City merupakan pusat administrasi County Hudson. Pada tahun 2020, jumlah penduduk kota ini sekitar 292 ribu jiwa. Jersey City merupakan bagian dari area metropolitan New York. Wilayah kota dikelilingi oleh Sungai Hudson (Hudson River) dan Upper New York Bay di sebelah timur, serta Sungai Hackensack (Hackensack River) dan Newark Bay di sebelah barat. Dengan area sungai sepanjang 49 km dan infrastruktur kereta yang memadai, menjadikan Jersey City sebagai kota penting di sepanjang jalur pelabuhan Port of New York and New Jersey. Kota ini juga terhubung dengan jalur transportasi mass transit dengan Manhattan, NYC.

Light rail di Jersey City - foto oleh BruceEmmerling/Pixabay
Beberapak landmark dan objek wistata utama di Jersey City antara lain Liberty State Park, 9/11 Memorial & Museum, Liberty Science Center, Newport Centre, Statue of Liberty, J Owen Grundy Park, Colgate clock, White Eagle Hall, AMC Newport Centre 11, Loew’s Jersey Theatre, Liberty Landing Marina, Mana Contemporary, Flag Plaza, Sea the City Jet Ski, dan One World Trade Center.

4. Ocean City

Tepi pantai New Jersey
Tepi pantai New Jersey
Destinasi keempat adalah Ocean City, kota resort di wilayah County Cape May, wilayah selatan negara bagian New Jersey. Serupa dengan Cape May, kota ini juga langsung berhadapan dengan Samudra Atlantik. Ocean City merupakan kota pusat area metropolitan Ocean City, yang meliputi seluruh wilayah County Cape May, serta merupakan bagian dari area Philadelphia-Wilmington-Camden (PA-NJ-DE-MD) atau yang lebih dikenal dengan Delaware Valley atau Philadelphia metropolitan area. Pada tahun 2020, populasi penduduk kota hanya sekitar 11 ribu jiwa. Tetapi saat musim panas, jumlah penduduk kota akan meningkan hingga 115 ribu jiwa karena banyaknya turis yang berkunjung.

The Broadwalk, Ocean City
The Broadwalk di Ocean City
Ocean City dikenal sebagai kota resort yang family-oriented. Sejak tahun 1879, di seluruh wilayah kota tidak diperbolehkan adanya penjualan minuman beralkohol. Selain itu, seluruh tepi pantai diawasi oleh penjaga. Beberapa landmark utama di Ocean City antara lain Ocean City Broadwalk yang membentang sepanjang 4 km, Playland’s Castway Cove, Gillian’s Woderland Pier, Corson’s Inlet State Park, JiLLy’s Arcade, Ocean City Music Pier, Haunted Golf, Ocean City Historical Museum, Congo Falls Adventure Golf, Ocean City Parasail, OC Waterpark, Totally Tubular Watersport, Screamer Speedboat & Dolphin Watch, Pirate Voyages, dan Jon & Patty’s Coffee Bar & Bistro.

5. Princeton

President Woodrow Wilson House, Princeton
President Woodrow Wilson House, Princeton - foto oleh Billy Wilson/Flickr
Destinasi kelima adalah Princeton, kota kecil klasik yang terletak di wilayah tengah negara bagian New Jersey. Kota ini termasuk dalam wilayah County Mercer serta memiliki populasi penduduk sekitar 30 ribu jiwa pata tahun 2020. Dari ibu kota state, Trenton, Princeton berjarak sekitar 19 km ke sebelah utara; sementara dari kota terbesar, Newark, kota kecil ini berjarak sekitar 67 km ke sebelah barat-daya.

Princeton telah menjadi kota bahkan sebelum dimulainya Perang Revolusi Amerika. Di wilayah kota ini terdapat salah satu perguruan tinggi ternama di Amerika Serikat, Princeton University, yang telah berdiri sejak tahun 1746. Bukan hanya itu, di Princeton juga terdapat berbagai institusi penting lainnya seperti Institute for Advanced Study, Westminster Choir College, Princeton Plasma Physics Laboratory, Siemens Corporate Research, FMC Corporation, Berlitz International, dan Dow Jones & Company.

School of Architecture, Princeton University
School of Architecture, Princeton University
Beberapa landmark dan objek wisata di Princeton antara lain Princeton University Art Museum, Morven Museum & Garden, Princeton University Chapel, Drumthwacket Foundation, Nassau Hall, Princeton Battle Monument, Princeton Public Library, Marquand Park, Princeton Battlefield State Park, Carnegie Lake, St Paul Roman Catholic School, Princeton Cemetery, McCarter Theatre Center, dan Palmer Square.

Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang 5 kota destinasi wisata di negara bagian New Jersey, wilayah Pantai Timur atau East Coast, Amerika Serikat. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!



Artikel Terkait:


Baca Juga:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar