Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Klook.com

2023-09-23

5 Kota Destinasi Wisata di Negara Bagian North Carolina, Amerika Serikat

Salam Traveling!


Masih di region East Coast atau Pantai Timur Amerika Serikat, setelah Massachusetts, New York, New Jersey dan Virginia, sekarang kita menuju ke negara bagian selanjutnya yaitu North Carolina.

Great Smoky Mountain National Park, North Carolina - foto oleh National Park Gallery/PICRYL
North Carolina merupakan salah satu state yang terletak di region East Coast Amerika Serikat. Negara bagian ini berbatasan dengan Virginia di sebelah utara, dengan Tennessee di sebelah barat, dengan South Carolina dan Georgia di sebelah selatan, serta dengan Samudra Atlantik di sebelah timur. North Carolina merupakan negara bagian dengan jumlah penduduk terbesar ke-9 di Amerika Serikat dengan populasi mencapai 10 juta jiwa pada tahun 2020. Bersama dengan South Carolina di sebelah selatan, negara bagian ini membentuk region Carolinas di wilayah East Coast.

Sunset di salah satu pantai North Carolina - foto oleh Brenda Loyola/PublicDomainPictures
Ibu kota negara bagian North Carolina terletak di Raleigh, tetapi kota terbesar adalah Charlotte. Area metropolitan Charlotte memiliki total penduduk sekitar 2,5 juta jiwa (tahun 2020) serta merupakan area metropolitan terbesar di negara bagian ini. Area metropolitan tersebut juga merupakan pusat perbankan terbesar di Amerika Serikat setelah New York City. Area metropolitan terbesar kedua adalah Raleigh-Durham-Cary dengan populasi penduduk sekitar 2 juta jiwa (tahun 2020). Dia area metropolitan tersebut terdapat pusat riset terbesar di negara ini, yaitu Research Triangle Park.

Berikut 5 kota dan destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh para traveler di North Carolina:

1. Asheville

Asheville - foto oleh Jon Leidel Photography/Flickr
Destinasi pertama adalah Asheville, kota cantik yang terletak di wilayah barat North Carolina. Kota ini merupakan pusat administrasi County Buncombe. Secara geografis, Asheville terletak wilayah Pegunungan Blue Ridge, di pertemuan Sungai Swannanoa dan Sungai French Board. Pada tahun 2020, jumlah penduduk kota ini sekitar 94 ribu jiwa, sementara area metropolitan Asheville memiliki total penduduk mencapai 469 ribu jiwa. Dari kota terbesar, Charlotte, Asheville berjarak sekitar 190 km ke sebelah barat.

Biltmore Estate, Asheville - foto oleh BlueRidgeKitties/Flickr
Asheville merupakan kota yang terletak dengan seni dan arsitektur bersejarah, yang paling terkenal adalah Basilica of Saint Lawrence, Deacon and Martyr. Selain itu, ada juga kompleks Biltmore yang menampilkan karya seni para seniman ternama, seperti Renoir. Area Downtown Art District didominasi oleh galeri seni dan museum. Di sebelahnya, area River Arts District yang dulunya merupakan bangunan-bangunan pabrik, saat ini telah menjadi home-studio bagi berbagai seniman.

Selain Biltmore dan Basilica of Saint Lawrence, landmark lainnya di Asheville antara lain Western North Carolina Nature Center, Asheville Pinball Museum, The North Carolina Arboretum, Thomas Wolfe Memorial, Southern Highland Craft Guild-Folk Art Center, Botanical Gardens at Asheville, Woolworth Walk, The Omni Grove Park Inn, LaZoom Tours, Lexington Glassworks, New Belgium Brewing Company, dan Grovewood Gallery.

2. Charlotte

Skyline kota Charlotte - foto oleh Alex G./Flickr (digidreamgrafix.com)
Destinasi wisata kedua adalah Charlotte, kota terbesar di negara bagian North Carolina. Kota metropolitan ini terletak di region Piedmont, wilayah selatan negara bagian ini. Di sebelah barat kota ini, mengalir Sungai Catawba; sementara di sebelah barat-laut terdapat Danau Norman, danau buatan terbesar di North Carolina. Tidak jauh dari kota ini juga terdapat dua danau buatan lainnya yang berukuran lebih kecil yaitu Danau Wylie dan Danau Mountain Island.

Uptown, Charlotte - foto oleh Ken Lund/Flickr
Charlotte merupakan pusat administrasi County Mecklenburg. Pada tahun 2020, jumlah penduduk kota ini sekitar 874 ribu jiwa, sementara area metropolitan Charlotte memiliki populasi total mencapai 2,6 juta jiwa. Dengan jumlah penduduk seperti itu, Charlotte berada di peringkat ke-15 untuk kota dengan penduduk terbanyak di negara Amerika Serikat.

Beberapa landmark utama di Charlotte antara lain Carowinds, NASCAR Hall of Fame, Discovery Place Science, Freedom Park, Billy Graham Library, Bank of America Stadium, Truist Field Stadium, Mint Museum Uptown, Spectrum Center, Belk Theater at Blumenthal Performing ArtsCenter, Levine Museum of the New South, Harvey B. Gantt Center for African-American Arts + Culture, Optimist Hall, dan U.S. National Whitewater Center.

3. Raleigh

Raleigh - foto oleh James Willamor/Flickr
Destinasi wisata ketiga adalah Raleigh, ibu kota negara bagian North Carolina. Kota ini terletak di County Wake, wilayah tengah negara bagian ini. Raleigh merupakan kota terbesar kedua di state ini setelah Charlotte dengan jumlah penduduk sekitar 467 ribu jiwa pada tahun 2020. Kota ini merupakan yang terbesar di area metro Research Triangle. Raleigh sering dijuluki sebagai ‘City of Oaks’ karena banyaknya pohon oak di tumbuh di sepanjang jalan di pusat kota ini.

S. Saunders Street, Raleigh - foto oleh Store norse leksikon
Di Raleigh terdapat perguruan tinggi North Carolina State University yang merupakan bagian dari Research Triangle, bersama dengan Durham dengan Duke University dan North Carolina Central University, dan Chapel Hill dengan University of North Carolina at Chapel Hill. Nama Research Triangle, sering disingkat dengan The Triangle, telah ada sejak berdirinya Research Triangle Park (RTP) di wilayah Durham dan County Wake pada tahun 1959.

Beberapa landmark utama di Raleigh antara lain North Carolina Museum of Art, Marbles Kids Museum, North Carolina Museum of Natural Sciences, William B. Umstead State Park, North Carolina State Farmers Public Market, Pullen Park, JC Raulston Arboretum, PNC Arena, North Carolina State Capitol, North Carolina Museum of History, Lake Johnson Park, Mordecai Historic Park, Neuse River Trail, Historic Yates Mill County Park, dan Dorothea Dix Park.

4. Wilmington

Wilmington - foto oleh Davis Borett/Flickr

Destinasi wisata keempat adalah Wilmington, kota pelabuhan yang terletak di tepi pantai Samudra Atlantik. Kota kecil ini terletak di tepi Sungai Cape Fear, wilayah tenggara negara bagian. Wilmington merupakan pusat administrasi County New Hanover. Kota ini juga merupakan kota utama di area metropolitan Cape Fear, yang juga meliputi wilayah County Pender. Pada tahun 2020, jumlah penduduk Wilmington sekitar 115 ribu jiwa, sementara total penduduk di area metropolitan mencapai 285 ribu jiwa.

Wilmington - foto oleh Idawriter/Wikimedia Commons

Area pusat kota Wilmington memiliki jalur riverwalk sepanjang kurang lebih 2,8 km. Jalur riverwalk yang dikenal dengan nama Wilmington Riverwalk tersebut terletak di sebelah timur kota serta merupakan salah satu yang terbaik di seluruh Amerika Serikat. Selain di antara Sungai Cape Fear dan Samudra Atlantik, penduduk Wilmington juga mendiami 4 area di sekitar pantai yaitu Fort Fisher, Wrighttsville Beach, Carolina Beach dan Kure Beach.

Selain riverwalk, beberapa landmark utama lainnya di Wilmington antara lain Battleship North Carolina, Airlie Gardens, Bellamy Mansion Museum, Historic Thalian Hall, Cameroon Art Museum, Burgwin-Wright House and Gardens, Wilmington Downtown Incorporated, Cape Fear Museum of History and Science, Wilmington Railroad Museum, Noni Bacca Winery,Jungle Rapids Family Fun Park.

5. Durham

Durham, North Carolina - foto oleh John Parsons, Jr./Flickr

Destinasi wisata kelima adalah Durham, kota terbesar keempat di negara bagian North Carolina. Kota ini terletak di wilayah tengah state, di dataran tinggi Piedmont dan di sepanjang Sungai Eno. Jumlah penduduk kota ini sekitar 283 ribu jiwa pada tahun 2020. Durham bersama dengan Raleigh dan Chapel Hill membentuk area metropolitan Research Triangle yang terkenal dengan pusat penelitian dan berbagai perusahaan teknologi. Dua perguruan tinggi ternama di Amerika Serikat terletak di kota ini yaitu Duke University dan North Carolina Central University.

Brightleaf Square, Durham - foto oleh Eric Allix Rogers/Flickr

Beberapa landmark utama di Durham antara lain Sarah P. Duke Gardens, American Tobacco Campus, Museum of Life and Science, Durhma Performing Arts Center, Durham Bulls Athletic Park, Duke Lemur Center, Eno River State Park, The Carolina Theatre, Bennet Place, Cameron Indoor Stadium, Duke University, Durham Central Park, Nasher Museum of Art, Duke Chapel, dan The Streets at Southpoint.

Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang kota dan destinasi wisata di negara bagian North Carolina, wilayah East Coast atau Pantai Timur Amerika Serikat. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip selanjutnya!



Artikel Terkait:


Baca Juga:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar