Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

September 18, 2019

Wisata Bernese Oberland, region cantik di ujung selatan Canton Bern, Swiss – Bagian 2

Salam Traveling!

Masih di Bernese Oberland, region cantik yang terletak di ujung selatan Canton Bern, Swiss, setelah sebelumnya mengunjungi 6 kota dan desa yang ada di region ini, sekarang kita akan melanjutkan ke 6 kota dan desa berikutnya.

Brünig Pass, Bernese Oberland
Brünig Pass, Bernese Oberland
Bernese Oberland sendiri merupakan bagian dari canton Bern yang berupa dataran tinggi dan pegunungan. Area ini terletak di ujung selatan canton serta merupakan satu dari lima region administratif, yang lebih dikenal dengan sebutan Oberland. Region ini dibagi menjadi 4 distrik dan 80 kota. Keempat distrik tersebut adalah Frutigen-Niedersimmental, Intrelaken-Oberhasli, Obersimmental-Saanen, dan Thun. Destinasi utama di region ini antara lain Interlaken, Wengen, Mürren, Lauterbrunnen, Grindelwald, Haslital, Danau Thun, Kandersteg, Simmental, dan Saanenland. Sementara di Pegunungan Bernese Alps, puncak tertinggi adalah Finsteraarhorn (4.274 m), tetapi yang lebih terkenal adalah Eiger, Mönch, dan Jungfrau.

Berikut 6 kota cantik selanjutnya yang sering dikunjunngi oleh para traveler di region Bernese Oberland:

7. Hasliberg

Hasliberg, Bernese Oberland
Glogghüs Mountain, Hasliberg
Kota cantik ketujuh adalah Hasliberg, kota kecil yang terletak di wilayah timur Bernese Oberland. Kota ini terletak di sebelah timur Interlaken serta termasuk dalam wilayah distrik Interlaken-Oberhasli. Hasliberg terletak di lembah pegunungan di atas Sungai Aare dengan elevasi sekitar 1.000 meter. Wilayah kota ini terbagi menjadi 4 desa yaitu Hohfluh, Wasserwendi, Goldern, dan Reuti. Jumlah total penduduk kota ini sekitar 1.164 jiwa pada tahun 2018. Hasliberg bersama dengan kota kecil di sebelahnya, Meiringen, merupakan destinasi favorit bagi pecinta olahraga ski di musim dingin, karena letaknya di pegunungan yang selalu tertutupi salju tebal. Stasiun kereta terdekat untuk mencapai kota ini adalah Brünig-Hasliberg Station yang terletak di jalur Brünig Pass. Stasiun tersebut dilalui oleh kereta Brünig line yang terhubung dengan Interlaken dan Luzern. dan Stasiun tersebut berjarak sekitar 4 km dari Hohfluh, serta tersedia layanan bis PostBus Switzerland yang akan mengantar penumpang dari stasiun menuju ke desa-desa di Hasliberg.

8. Meiringen

Meiringen, Bernese Oberland
Meiringen - foto oleh Nikater
Kota cantik kedelapan adalah Meiringen, kota kecil yang terletak tepat di sebelah selatan Hasliberg, di wilayah timur Bernese Oberland. Kota ini juga masih termasuk dalam wilayah distrik Interlaken-Oberhasli. Dibanding Hasliberg, Meiringen merupakan kota yang lebih besar, dengan jumlah penduduk sekitar 4.600 jiwa pada tahun 2018. Selain kota utama, wilayah Meiringen juga meliputi pemukiman-pemukiman di sekitarnya yaitu Balm, Brünigen, Eisenbolgen, Hausen, Prasti, Sand, Stein, Unterbach, Unterheidon, Wylerli, dan Zaun. Di dekat kota ini terdapat air terjun Reichenbach Falls yang memilki tinggi 250 meter. Air terjun tersebut digunakan sebagai setting dalam salah satu serial detektif, Sherlock Holmes, yang menjadikan Meiringen menjadi cukup populer di dunia. Sama seperti Hasliberg, stasiun kereta di kota ini, Meiringen Station, juga dilalui oleh jalur kereta Brünig line yang menuju ke Interlaken dan Luzern. Dari stasiun tersebut, sekitar 20 menit dengan berjalan kaki, tepatnya di area Willigen, terdapat jalur funicular untuk menuju ke Reichenbach Falls.

9. Innertkirchen

Innertkirchen, Bernese Oberland
Sungai Aare di Innertkirchen
Kota cantik selanjutnya adalah Innertkirchen, kota kecil yang terletak di sebelah selatan Meiringen. Kota ini juga masih termasuk dalam wilayah distrik Interlaken-Oberhasli. Wilayah Innertkirchen juga meliputi wilayah Gadmen di sebelah timur, yang sebelumnya merupakan wilayah kota terpisah. Jumlah total penduduk kota ini sekitar 1.000 jiwa pada tahun 2018. Innertkirchen terletak di persimpangan Sungai Urbach dan Sungai Gadmer yang selanjutnya bergabung dengan Sungai Aare. Wilayah kota ini meliputi lembah Urbach, lembah Gadmen, lembah Gen, pegunungan Wetterhorn, dan gletser Gauli. Di aliran Sungai Aare antara Innertkirchen dan Meiringen terdapat ngarai Aareschluct (Aare Gorge) yang merupakan salah satu objek wisata utama di Bernese Oberland. Karena letaknya yang cukup terpencil, satu-satunya cara untuk mencapai Innertkirchen adalah dengan jalur kereta kecil Meiringen-Innertkirchen yang berangkat dari Meiringen. Di Meiringen, terdapat lebih banyak jalur kereta yang lebih besar yang menuju ke Interlaken dan Luzern.

10. Brienz

Brienz, Bernese Oberland
Brienz - foto oleh Arwin Meijer
Kota cantik selanjutnya adalah Brienz, kota kecil yang terletak di tepi timur Danau Brienz (Brienzersee). Kota ini terletak di sebelah timur Interlaken dan di sebelah barat Hasliberg, serta masih termasuk dalam wilayah distrik Interlaken-Oberhasli. Nama kota ini diambil dari nama Brienzersee, sebuah danau cantik yang membentang sepanjang 14 km dari timur ke barat di wilayah Bernese Oberland. Selain kota utama, wilayah Brienz juga meliputi desa Kienholz dan Axalp. Jumlah total penduduk kota ini sekitar 3.000 jiwa pada tahun 2018. Wilayah tengah Brienz dialiri oleh Sungai Aare yang selanjutnya bermuara di Danau Brienz; sementara di ujung utara menjulang Gunung Brienzer Rothorn, yang merupakan salah satu puncak utama di Bernese Oberland. Beberapa objek wisata utama di kota ini antara lain Danau Brienz, Giessbach Falls, dan Brienzer Rothorn. Untuk mencapai Brienz, pengunjung bisa menggunakan kereta dari Interlaken, Luzern, dan Meiringen. Selain Brienz, di tepi Danau Brienz juga terdapat beberapa desa lainnya seperti Iseltwald, Ringgenberg, dan Niederried bei Interlaken.

11. Thun

Thun, Bernese Oberland
Thun dan Danau Thun (Thunersee)
Kota cantik selanjutnya adalah Thun, kota terbesar di region Bernese Oberland. Sesuai dengan namanya, kota ini terletak di tepi Danau Thun (Thunersee), tepatnya di tepi barat danau. Dari Bern, Thun berjarak sekitar 30 km ke sebelah selatan; sementara dari Interlaken, kota ini berjarak sekitar 24 km ke sebelah barat. Thun merupakan pusat administrasi distrik Thun. Jumlah penduduk kota ini sekitar 43 ribu jiwa pada tahun 2018. Wilayah tengah Thun dialiri oleh Sungai Aare yang mengalir dari Danau Thun. Selain Danau Thun, dari kota ini wisatawan juga bisa menikmati pemandangan puncak Niesen, Stockhorn, dan Niederhorn.

Thun, Bernese Oberland
Sungai Aare dengan latar belakang Stadtkirche dan Thun Castle - foto oleh Andrew Bossi
Di kota ini juga terdapat Thun Castle (Schloss Thun), Rathaus, dan Schadau Castle (Schloss Schadau), yang merupakan landmark bersejarah yang juga sering dikunjungi oleh wisatawan. Karena merupakan kota besar, sehingga tersedia banyak jalur kereta yang menuju ke Stasiun Thun, di antaranya adalah dari Bern, Interlaken, dan Spiez. Selain Thun, di tepi danau Thun juga terdapat beberapa kota dan desa kecil lainnya, seperti Spiez, Faulensee, Krattigen, Leissigen, dan Därlingen yang terletak di tepi selatan danau; serta Hilterfingen, Oberhofen, Gunten, dan Merlingen yang terletak di tepi utara danau.

12. Spiez

Spiez, Bernese Oberland
Spiez Castle di tepi Danau Thun, Spiez - foto oleh Foto Fitti
Kota cantik selanjutnya adalah Spiez, yang juga terletak di tepi Danau Thun (Thunersee), tepatnya di tepi selatan danau. Dari Thun, kota ini hanya berjarak sekitar 10 km ke sebelah tenggara. Spiez termasuk dalam wilayah distrik Frutigen-Niedersimmental. Selain kota utama, wilayah Spiez juga meliputi beberapa desa kecil di sekitarnya yaitu Einigen, Hondrich, Faulensee, dan Spiezwiler. Jumlah total penduduk kota ini sekitar 12.800 jiwa pada tahun 2018. Selain terletak di tepi danau, wilayah Spiez juga dialiri oleh Sungai Kander yang juga mengalir dari Danau Thun. Di kota ini terdapa sebuah kastil klasik, Spiez Castle, yang dibangun dari abad ke-15 hingga abad ke-16. Karena merupakan kota besar sehingga tersedia banyak jalur kereta untuk mencapai Stasiun Spiez, di antaranya dari Bern, Basel, Interlaken, Brig di canton Valais, bahkan hingga ke Stasiun Milano di Italia.

Nah teman-teman, demikianlah Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang wisata Bernese Oberland, region cantik di ujung selatan Canton Bern, Swiss – bagian 2. Informasi sebelumnya tentang destinasi ini bisa dibaca di Wisata Bernese Oberland, Swiss – bagian 1, dan informasi selanjutnya silahkan dibaca di Wisata Bernese Oberland, Swiss – bagian 3.




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar