Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Klook.com

2016-04-11

Wisata Casablanca, Kota Artistik di tepi Samudra Atlantik, Maroko

Salam Traveling!

Setelah Marrakesh, kota kedua yang akan kita kunjungi di Maroko adalah Casablanca, kota terbesar di negara ini.

Casablanca meurupakan salah satu kota utama di Maroko, selain ibu kota negara, Rabat. Berbeda dengan Marrakesh dan Fes yang merupakan kota tradisional, Casablanca merupakan kota modern yang didominasi oleh budaya kolonial Prancis. Dalam Bahasa Arab, kota ini disebut dengan Dar al-Bayda, sedangkan dalam Bahasa Berber disebut dengan Anfa. Secara geografs, Casablanca terletak di tepi Samudra Atlantik, wilayah barat-laut Maroko. Dengan Rabat, kota ini berjarak sekitar 87 km ke sebelah barat. Sedangkan dengan Marrakesh, Casablanca berjarak sekitar 245 km ke sebelah utara. Jumlah penduduk kota ini sekitar 3,4 juta jiwa pada tahun 2015. Menurut sejarah, wilayah kota ini telah dihuni oleh bangsa Berber sejak 7 abad sebelum masehi. Saat ini, Casablanca merupakan kota pelabuhan utama dan pusat ekonomi finansial bagi negara Maroko, dan seluruh wilayah Afrika. Bandara internasional utama Maroko, Mohammed V International Airport (CMN), juga terletak di wilayah kota ini, tepatnya di Provinsi Nouaceur.

Apa saja landmark dan objek wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan di Casablanca? Berikut 8 di antaranya:

1. Hassan II Mosque

Hassan II Mosque, Casablanca
Hassan II Mosque, Casablanca
Hassan II Mosque, juga dikenal dengan nama Grande Mosque Hassan II, merupakan masjid terbesar di kota Casablanca, sekaligus di seluruh wilayah Maroko. yang menjulang tinggi di tepi Samudra Atlantik. Masjid yang menjulang tinggi di tepi Samudra Atlantik ini terletak di Bd. Sidi Mohamed Ben Abdellah, Sour Jdid, tidak jauh dari Pelabuhan Casablanca. Masjid ini pertama kali dibangun pada tahun 1986 di area seluas 9 hektar atas perintah Raja Hassan II. Pada tahun 1993, konstruksi masjid selesai dan Hassan II Mosque resmi dibuka ke publik. Bangunan Hassan II Mosque memiliki arsitektur perpaduan antara Arab – Andalusia dan Moor, serupa dengan Koutoubia Mosque di Marrakesh. Masjid ini memiliki 1 kubah dan 1 minaret dengan tinggi 210, yang merupakan minaret tertinggi di dunia. Hassan II Mosque dapat menampung hingga 105.000 jamaah: 25.000 jamaah di dalam bangunan utama, dan 80.000 jamaah di halaman masjid. Penduduk lokal sering menjuluki masjid ini sebagai Casablanca Hajj. Untuk mencapai objek wisata ini, pengunjung cukup berjalan kaki dari stasiun kereta Casa-Port, dan hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit.

2. Quartier Habous

Quartier Habous, Casablanca
Quartier Habous
Quartier Habous, atau Nouvelle Medina (New Medina), merupakan area pasar tradisional (souk) yang terletak di Route d'el Jadida, sekitar 1 km di sebelah tenggara pusat kota Casablanca. Area ini hampir serupa dengan Old Medina, tetapi di sini banyak terdapat lorong-lorong kecil dan toko-toko milik penduduk lokal. Quartier Habous pertama kali dibangun oleh kolonial Prancis pada tahun 1930 dengan arsitektur khas Prancis, sebagai area tambahan bagi pemukiman penduduk. Setelah itu, penduduk lokal mulai membangun rumah-rumah mereka dengan gaya tradisional Maroko, sehingga terciptalah perpaduan antara bangunan berarsitektur Prancis dan gaya tradisional Maroko. Selain pasar tradisional, di Quarter Habous juga terdapat bazaar, craft shop, bakery dan café. Untuk mencapai tempat wisata ini, gunakan bis No. 4 atau 40 dari Boulevard de Paris.

3. Old Medina

Old Medina, Casablanca
Old Medina - photo by Maher27777
Seperti namanya, Old Medina merupakan area kota tua Casablanca. Di sinilah pusat kota Casablanca pada zaman dahulu sebelum diduduki oleh kolonial Prancis. Old Medina terletak di sebelah utara Place des Nation Unies, pusat kota Casablanca. Karena merupakan kota tua, area ini dikeilingi oleh tembok. Sama seperti Quarter Habous, area Old Medina saat ini juga didominasi oleh pasar tradisional (souk). Dibandingkan dengan Old Medina di Marrakesh, pemandangan Old Medina Casablanca mungkin tidak seberapa. Tetapi jika berkunjung ke Casablanca, ada baiknya jika tidak lupa berkunjung ke tempat ini. Selain pasar tradisional, landmark lainnya yang ada di Old Medina antara lain: Clock Tower yang merupakan pintu gerbang untuk masuk ke area ini; Skala, bangunan benteng yang berukuran kecil; serta masjid tertua di area ini.

4. La Corniche

La Corniche, Casablanca
La Corniche - photo by Didier55
Dalam Bahasa Prancis, corniche berarti tepi pantai, jadi seperti namanya, La Corniche merupakan area yang terletak di pesisir pantai Casablanca. Area ini terletak di tepi Samudra Atlantik, di sebelah barat Hassan II Mosque. Area La Corniche meliputi jalan raya Boulevard de la Corniche dan Boulevard de l’Ocean Atlantique, yang terletak tepat di tepi pantai. Salah satu pantai terkenal di kota ini adalah Ain Diab Plage, yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Selain itu, di sepanjang jalan di pantai ini berderet berbagai hotel, restoran, dan café. Jadi, jika ingin menikmati pemandangan pantai Samudra Atlantik di Casablanca, La Corniche adalah tempat yang paling tepat.

5. Place Muhammed V

Place Muhammed V, Casablanca
Place Muhammed V - photo by Remi Jouan
Place Muhammed V, atau yang juga dikenal dengan nama Square Muhammed V, merupakan sebuah lapangan yang dikelilingi oleh berbagai bangunan kantor administrasi kota Casablanca. Bangunan-bangunan tersebut memiliki arsitektur khas Maroko dan berderet di sepanjang jalan sehingga menciptakan suatu panorama yang unik di wilayah Casablanca, serupa dengan Dataran Merdeka di Kuala Lumpur. Bangunan-bangunan tersebut sebagian besar dibangun pada awal abad ke-20. Beberapa bangunan utama di lapangan ini antara lain kantor gubernur (wilaya), Bank al-Maghrib, kantor pengadilan, kantor pos, dan kantor Kementrian Pertahanan. Di sebelah selatan terdapat taman Parc de la Ligue Arabe yang dihiasi dengan deretan pohon palm khas Maroko.

6. Mausolee Sidi Abdurrehman

Mausolee Sidi Abdurrehman, Casablanca
Mausolee Sidi Abdurrehman
Di Maroko, terdapat banyak mausolee (makam dan tempat peristirahatan terakhir) tokoh-tokoh Sufi. Salah satu mausolee utama adalah Mausolee Sidi Abdurrehman yang terletak di Casablanca. Bangunan ini terletak di atas lautan Samudra Atlantik, tepat di ujung area La Corniche. Mausolee ini terletak di atas batu karang dan hanya bisa diakses saat air laut surut. Bangunan utama hanya bisa dimasuki oleh Muslim, tetapi semua pengunjung bisa mengunjungi area di sekeliling bangunan ini. Kompleks mausolee ini dibangun menyerupai area kota Medina yang dikelilingi oleh tembok, dengan cat putih. Jika kebetulan berkunjung ke area pantai La Corniche, selain pantai Ain Diab, Mausolee Sidi Abdurrehman ini juga wajid dikunungi.

7. Mahkama du Pacha

Mahkama du Pacha, Casablanca
Mahkama du Pacha
Mahkama du Pacha merupakan kompleks bangunan pemerintahan yang terletak di pusat kota Casablanca. Kompleks bangunan ini terdiri atas mahkamah pengadilan dan reception hall. Bangunan berarsitektur Hispanic – Moorish ini pertama kali dibangun pada tahun 1948 dan mulai digunakan pada tahun 1952. Bangunan utama terdiri atas lebih dari 60 ruangan yang dihiasi dengan dekorasi khas Maroko. Untuk memasuki bangunan utama, tidak dipungut biaya sama sekali, tetapi tidak semua pengunjung diizinkan masuk ke dalam. Tempat wisata in ibis dikunjungi setiap hari Senin hingga sabtu mulai pukul 8 pagi hingga pukul 6 sore. Untuk mencapai tempat wisata ini, bisa menggunakan bis No. 81 dari Boulevard de Paris.

8. Central Post Office

Central Post Office, Casablanca
Central Post Office - photo by amnesia_pl
Tempat wsiata terakhir adalah Central Post Office atau kantor pos pusat, yang terletak di Place Muhammed V, Casablanca. Kartu pos saat ini mungkin sudah jarang digunakan, tetapi jika berkunjung ke Casablanca, salah satu souvenir yang menarik bagi para wisatawan adalah kartu pos, yang dibeli di kantor pos ini. Kantor pos ini pertama kali dibangun pada tahun 1918. Dari luar bangunan ini tampak seperti bangunan khas Maroko yang lain, dengan cat warna putih. Tetapi coba masuk ke bagian dalam bangunan, maka akan tampak interior yang dihiasi dengan mozaik ubin berwarna biru dan kuning. Karena memiliki dekorasi interior yang unik, sehingga kantor pos ini menjadi salah satu tempat wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan di Casablanca.

Nah teman-teman, demikianlan informasi tentang Wisata Casablanca, kota artistik di tepi Samudra Atlantik, Maroko. Semoga bermanfaat. Sampat jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar