Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Klook.com

2023-08-31

5 Kota dan Destinasi Wisata di Negara Bagian Virginia, Amerika Serikat

Salam Traveling!


Masih di wilayah East Coast atau Pantai Timur Amerika Serikat, setelah Massachusetts, New York, dan New Jersey, negara bagian selanjutnya yang akan kita tuju adalah Virginia.

Shenandoah National Park, Virginia
Virginia merupakan negara bagian Amerika Serikat yang terletak di bagian tengah region East Coast, di antara Pantai Atlantik dan Pegunungan Appalachian. Ibu kota negara bagian ini terletak di Richmond, tetapi kota terbesarnya adalah Virginia Beach. Populasi penduduk Virginia pada tahun 2022 mencapai 8,6 juta jiwa, 35% di antaranya menetap di area metropolitan Washington D.C.

Strawberry Street, Richmond, Virginia - foto oleh Pxfuel
Wilayah Virginia dibatasi oleh Maryland dan Washington D.C. di sebelah utara; dengan West Virginia dan Kentucky di sebelah barat; dengan North Carolina dan Tennessee di sebelah selatan; serta dengan Samudra Atlantik di sebelah timur. Pegunungan Blue Ridge yang merupakan bagian dari Pegunungan Appalachian, membentang di barat negara bagian hingga ke ujung barat-daya. Bagian tengah state didominasi oleh dataran tinggi Piedmont, sementara bagian timur merupakan dataran rendah Atlantik dengan Middle Peninsula yang membentuk muara Chesapeake Bay.

Berikut 5 kota dan destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh para traveler di Virginia:

1. Richmond

Richmond, Virginia - foto oleh Jeff Horne/Wikimedia Commons
Destinasi wisata pertama adalah Richmond, ibu kota negara bagian Virginia. Kota ini terletak di wilayah tengah state dan dialiri oleh Sungai James (James River) yang bermuara di Samudra Atlantik. Washington D.C., ibu kota negara Amerika Serikat, terletak sekitar 170 km di sebelah utara kota ini. Richmond merupakan kota terbesar keempat di Virginia dengan jumlah penduduk sekitar 226 ribu jiwa pada tahun 2020. Meski demikian, area metropolitan kota ini memiliki populasi penduduk mencapai 1,2 juta jiwa.

Church Hill, Richmond - foto oleh Patty King/Flickr
Di masa lampau, Richmond merupakan salah satu desa penting di Konfederasi Powhatan (Tsenacommacah) serta mulai didiami oleh colonial Inggris dari Jamestown sejak tahun 1609 hingga 1611. Pada tahun 1780, kota ini dijadikan sebagai ibu kota Colony and Dominion of Virginia menggantikan Williamsburg. Saat ini, Richmond merupakan pusat pemerintahan, hukum, dan keuangan. Area pusat kota didominasi oleh bangunan kantor pemerintahan, perusahaan hukum serta keuangan. Beberapa landmark utama di Richmond antara lain Virginia Museum of Fine Arts, Maymont, The Poe Museum, Virginia State Capitol, Hollywood Cemetery, Virginia Holocaust Museum, Virginia Museum of History & Culture, Lewis Ginter Botanical Garden, American Civil War Museum – Historic Tredegar, Historic St. John’s Church, Science Museum of Virginia, White House of the Confederacy, Black History Museum and Cultural Center of Virginia, Altria Theater, dan Carytown.

2. Shenandoah National Park

Shenandoah National Park - foto oleh Virginia State Parks/Flickr
Destinasi wisata kedua adalah Taman Nasional Shenandoah atau Shenandoah National Park. Taman nasional ini terletak di wilayah utara negara bagian Virginia serta merupakan bagian dari Pegunungan Blue Ridge. Shenandoah National Park membentang dari utara ke selatan di sepanjang aliran Sungai Shenandoah (Shenandoah River). Bagian barat taman nasional dodominasi lembah sungai, sementara bagian timur merupakan perbukitan Piedmont. Skyline Drive merupakan satu-satunya jalan utama yang melintasi perbukitan di taman nasional ini.

Jalan utama Skyline Drive di Shenandoah National Park - foto oleh PxHere
Shenandoah National Park diresmikan pada tahun 1935 dengan luas area sekitar 802 km persegi. Puncak tertinggi di area ini adalah Hawksbill Mountain (1.235 m). Kantor pusat Shenandoah National Park terletak di Luray. Akses ke taman nasional umumnya melalui kota Front Royal, yang terletak di sebelah utara. Dari utara, taman nasional ini selanjutnya membentang ke selatan sepanjang 169 km mengikuti jalan utama Skyline Drive, dan berakhir di dekat kota Waynesboro. Dari Washington D.C., kota Front Royal berjarak sekitar 110 km ke sebelah barat dan bisa dicapai dengan menggunakan bis.

3. Virginia Beach

Virginia Beach - foto oleh DanRVA/Wikimedia Commons
Destinasi wisata ketiga adalah Virginia Beach, kota resort yang terletak di pantai tenggara negara bagian Virginia. Kota pantai ini terletak di muara Teluk Chesapeake (Chesapeake Bay) dan tepi Samudra Atlantik. Virginia Beach merupakan kota terbesar di state ini dengan jumlah penduduk sekitar 459 ribu jiwa pada tahun 2020. Kota ini juga merupakan yang terbesar di area metropolitan Hampton Roads, yang juga meliputi 6 kota lainnya, Chesapeake, Hampton, Newport News, Norfolk, Portsmouth, Suffolk, serta kota-kota kecil di sekitarnya. Area metropolitan tersebut sering dijuluki sebagai ‘America’s First Region’.

Boardwalk di Virginia Beach - foto oleh Bill Barber/Flickr
Sebagai kota resort, Virginia Beach memiliki jalur jalan (boardwalk) sepanjang 4,8 km yang membentang di sepanjang tepi pantai, yang lebih dikenal dengan Virginia Beach Oceanfront. Di sepanjang jalur boardwalk tersebut terdapat berbagai hotel serta restoran. Selain Oceanfront, landamark dan objek wisata lainnya di kota ini antara lain First Landing State Park, Virginia Aquarium & Marine Science Center, Mount Trashmore Park, Military Aviation Museum, Cape Henry Lighthouse, Back Bay National Wildlife Refuge, False Cape State Park, Virginia Museum of Contemporary Art, Grommet Island Park, Virginia Beach Sufr & Rescue Museum, Neptune’s Park, Hunt Club Farm, Atlantic Wildfowl Heritage Museum, Ferry Plantation House, dan Norfolk Botanical Garden.

4. Williamsburg

Governor's Palace, Williamsburg - foto oleh Ron Cogswell/Wikimedia Commons
Destinasi wisata keempat adalah Williamsburg, kota klasik yang terletak di wilayah timur negara bagian Virginia. Kota kecil yang terletak di Semenanjung Virginia ini, di antara Sungai James dan Sungai York, dulunya merupakan ibu kota Colony dan Commonwealth Virginia pada dari tahun 1699 hingga 1780. Kota ini selanjutnya menjadi pusat berbagai kegiatan politik hingga terjadinya Revolusi Amerika. Saat ini Williamsburg memiliki populasi penduduk sekitar 15 ribu jiwa (estimasi 2020) serta membentuk ujung utara area metropolitan Hampton Roads.

Area wisata Colonial Williamsburg - foto oleh Kamoteus/Flickr
Sebagai kota bersejarah, wisata Williamsburg didominasi oleh area bersejarah Colonial Williamsburg. Kota ini beserta 2 kota di sebelahnya, Jamestown dan Yorktown, membentuk area yang dikenal dengan Historic Triangle, yang selalu dikunjungi oleh jutaan wisatawan setiap tahunnya. Beberapa landmark dan objek wisata utama di kota ini antara lain Colonial Williamsburg Visitor Center, Governor’s Palace, Busch Gardens Williamsburg, Water Country USA, Bruton Parish Episcopal Church, Abby Aldrich Rockefeller Folk Art Museum, Dewitt Wallace Decorative Art Museum, Jamestown Settlement, Historic Jamestowne, College of William & Mary, Colonial Williamsburg’s Merchants Square, Ripley’s Believe It or Not! Williamsburg, Williamsburg Winery, Ltd., The Virginia Beer Company, dan Jamestown Glasshouse.

5. Norfolk

Norfolk di malam hari - foto oleh Sharon Flowers/Flickr
Destinasi wisata kelima adalah Norfolk, kota terbesar ketiga di negara bagian Virginia setelah Virginia Beach dan Chesapeake. Sama seperti Virginia Beach, Norfolk juga terletak di pantai tenggara state, di muara Teluk Chesapeake (Chesapeake Bay). Jumlah penduduk kota ini sekitar 238 ribu jiwa pada tahun 2020. Letaknya di antara Virginia Beach dan Chesapeake menjadikan Norfolk sebagai pusat sejarah, budaya, ekonomi, serta finansial di Hampton Roads, area metropolitan terbesar ke-37 di negara Amerika Serikat dengan jumlah penduduk sekitar 1,8 juta jiwa.

Riverfront, Norfolk - foto oleh jpellgen/Flickr
Norfolk telah menjadi kota sejak tahun 1705. Kota ini dikelilingi oleh Sungai Elizabeth di sebelah barat dan Teluk Chesapeake di sebelah utara. Posisi seperti itu menjadikan Norfolk sebagai kota waterfront yang dikelilingi oleh perairan, baik sungai maupun pantai. Landamrk dan objek wisata utama di kota ini antara lain Naval Station Norfolk, Norfolk Botanical Garden, Virginia Zoo, Chrysler Museum of Art, Nauticus, Hermitage Museum and Gardens, Norfolk Tides Baseball Club at Harbor Park Stadium, Hampto Roads Naval Museum, Chrysler Museum Glass Studion, MacArthur Memorial, USS Wisconsin BB-64, Wells Theatre, Town Point Park, Waterside District, Ocean View Beach Park, dan Freemason Abbey Restaurant.

Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang 5 kota destindanasi wisata di negara bagian Virginia, wilayah pantai timur atau East Coast, Amerika Serikat. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!



Artikel Terkait:


Baca Juga:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar