Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

September 20, 2016

Wisata Toronto, Ibu Kota Provinsi Ontario, Kanada

Salam Traveling!

Masih di Kanada, setelah Vancouver, sekarang kita menuju ke destinasi wisata selanjutnya, yaitu Toronto.

Toronto merupakan ibu kota provinsi Ontario (ON) sekaligus kota terbesar di Kanada. Sama seperti Vancouver, Toronto juga terletak di dekat perbatasan KanadaAmerika Serikat, tetapi Vancouver terletak di wilayah barat Kanada, sedangkan Toronto terletak di wilayah timur negara ini. Secara geografis, Toronto terletak di sebelah barat-laut Danau Toronto, region Southern Ontario. Jumlah penduduk kota ini sekitar 2,6 juta jiwa pada tahun 2011. Toronto merupakan kota terbesar ke-4 di wilayah Amerika Utara setelah New York City, Los Angeles, dan Mexico City. Bandara tersibuk di Kanada, Toronto Pearson International Airport (YYZ), terletak di kota ini.

Apa saja landmark dan tempat wisata utama yang sering dikunjungi oleh para traveler di Toronto? Berikut 8 di antaranya:

1. Toronto Islands

Toronto Island
Rumah di Toronto Island - foto oleh chensiyuan
Seperti namanya, Toronto Islands merupakan deretan pulau-pulau kecil yang terletak di Danau Ontario, wilayah selatan kota Toronto. Pulau-pulau ini dahulu bernama Island of Hiawatha, dan juga dikenal dengan nama Menecing yang berarti “On the Island”. Luas keseluruhan wilayah pulau-pulau ini sekitar 330 hektar. Pulau-pulau tersebut antara lain Centre Island yang merupakan pulau terbesar, Algonquin (Sunfish Island), Olympic Island, Middle Island, Ward’s Island, Mugg’s Island, Forestry Island, Snake Island, South Island, South Chippewa Island, dan RCYC Island. Beberapa objek wisata yang ada di pulau-pulau ini antara lain Centreville, Far Enough Farm, Franklin’s Garden, Centre Island Beach, Ward’s Island Beach, dan Island Yacht Club. Di ujung barat-laut pulau ini terdapat bandara Billy Bishop Toronto City Airport, tetapi lebih dikenal dengan nama Toronto Island Airport.

2. Casa Loma

Casa Loma, Toronto
Casa Loma - foto oleh SimonP
Casa Loma, atau Hill House, adalah kompleks rumah dan taman yang terletak di Austin Terrace, pusat kota Toronto. Rumah berarsitektur Gothic Revival ini pertama kali dibangun pada tahun 1911 sebagai tempat tinggal Sir Henry Mill Pellatt, seorang saudagar terkenal di kota ini pada saat itu. Rumah ini dibangun di atas sebuah bukit pada ketinggian 140 meter dari permukaan laut. Sejak tahun 1937, Casa Loma dijadikan sebagai museum dan dibuka untuk publik hingga saat ini. Selain sebagai objek wisata, rumah ini juga sering dijadikan lokasi syuting film karena keunikan arsitekturnya. Tempat wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 9.30 pagi hingga pukul 5 sore.

3. CN Tower

CN Tower, Toronto
CN Tower - foto oleh Wladyslaw
CN Tower, atau Tour CN, adalah menara komunikasi dan observasi yang terletak di Front Street West, pusat kota Toronto. Menara setinggi 553 meter ini pertama kali dibuka pada tahun 1976. Selama 34 tahun, hingga tahun 2010, CN Tower merupakan menara tertinggi di dunia, sebelum dilampaui oleh Canton Tower di Guangzhou dan Burj Khalifa di Dubai. Saat ini, CN Tower merupakan menara tertinggi ke-3 dunia, tetapi tetap tertinggi di belahan bumi barat (Western Hemisphere). Nama CN diambil dari nama Canadian National, perusahaan kereta api yang membangun menara ini pertama kali. Pada tahun 1995, kepemilikan menara ini kemudian dipindahkan ke Canada Lands Company. CN Tower juga dilengkapi dengan 3 dek observasi yaitu Space Deck di ketinggian 447 meter, Indoor Lookout Level di ketinggian 346 meter, serta Outdoor Observation Terrace dan Glass Floor di ketinggian 342 meter. Tempat wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga pukul 10.30 malam.

4. Royal Ontario Museum

Royal Ontario Museum, Toronto
Royal Ontario Museum - foto oleh Raysonho
Royal Ontario Museum (ROM), atau Musée royal de ‘Ontario, adalah museum seni, sejarah, dan budaya, yang terletak di Queens Park, Toronto. Museum ini pertama kali dibuka ke publik pada tahun 1914 serta merupakan museum terbesar di Kanada bersama dengan Museum of Fine Arts di Montreal. Jumlah koleksi yang ada di museum ini lebih dari 6 juta item yang terbagi ke dalam 40 galeri. Beberapa koleksi utama museum antara lain fosil dinosaurus, spesimen fosil, mineral dan meteorit, sejarah Eropa, sejarah Kanada, serta karya seni yang berasal dari Asia dan Afrika. Di museum ini juga terdapat koleksi seni interior, pakaian, dan desain produk, terutara Art Deco. Tempat wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga pukul 5.30 sore.

5. Hockey Hall of Fame

Hockey Hall of Fame, Toronto
Hockey Hall of Fame - foto oleh Aude
Hockey Hall of Fame adalah sebuah museum dan hall of fame olahraga hoki es (ice hockey) yang terletak di Yonge Street, Toronto. Museum ini pertama kali dibuka pada tahun 1943 di Kingston untuk memberikan pengetahuan tentang sejarah olahraga hoki es di Kanada. Pada tahun 1958, museum ini kemudian dipindahkan ke Toronto. Koleksi yang dipamerikan di museum ini meliputi semua hal tentang pemain, tim, dan National Hockey League (NHL), termasuk trofi NHL. Pada tahun 2010, di Hockey Hall of Fame ditambahkan subkategori bagi pemain perempuan. Tempat wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 5 sore.

6. St. Lawrence Market South

St. Lawrence Market South, Toronto
St. Lawrence Market South -  foto oleh Chensiyuan
St. Lawrence Market South adalah bangunan pasar umum yang terletak di Front Street East, Toronto. Bangunan ini pertama kali dibuka pada tahun 1845 sebagai gedung balai kota (city hall). Tetapi pada tahun 1902, bangunan ini kemudian diubah menjadi kompleks pasar tradisional, bersama dengan bangunan St. Lawrence Hall dan St. Lawrence Market North. Jumlah total pedagang yang ada di pasar ini lebih dari 100. Bangunan St. Lawrence Market South sendiri terdiri atas 2 lantai; lantai atas dikhususkan bagi pedangan-pedagang bahan makanan seperti daging, ikan, sayuran, buah-buahan, keju, dan roti; sedangkan lantai bawah diperuntukkan bagi para pedagang non-makanan. Di kompleks pasar ini juga terdapat Market Gallery dan sebuah cooking school (market kitchen). Kompleks pasar ini hanya dibuka setiap hari Selasa hingga Sabtu, mulai pukul 8 pagi hingga 6 sore.

7. High Park

High Park, Toronto
High Park - foto oleh Chensiyuan
High Park adalah taman kota yang luas yang terletak di Bloor Street West, Toronto. Taman seluas 161 hektar ini pertama kali dibuka pada tahun 1876 dan merupakan taman kota terluas di kota ini. High Park menggunakan konsep gabungan antara taman alam dan rekreasi, dengan dilengkapi berbagai fasilitas olahraga, budaya, pendidikan, kebun, playground, dan kebun binatang. Area taman ini membentang mulai dari Bloor Street hingga ke The Queensway, tepat di tepi utara Danau Ontario. Sepertiga area taman ini masih berupa area alami dengan ekosistem savana pohon ek. Beberapa atraksi utama di taman ini adalah kebun bunga sakura (cherry), Colborne Lodge, Grenadier Café, High Park Zoo, dan Amphitheatre. Tempat wisata ini dibuka setiap hari selama 24 jam.

8. Scarborough Bluffs

Scarborough Bluffs, Toronto
Scarborough Bluffs
Scarboorugh Bluffs, atau lebih dikenal dengan nama The Bluffs, adalah sebuah tebing curam (bluff) yang terletak di distrik Scarborough, Toronto. Tebing ini terletak di tepi Danau Ontario, membentang sepanjang 15 km, dengan puncak tertinggi 90 meter dari permukaan danau. Tebing ini pertama kali diberi nama Scarboorugh pada tahun 1793. Nama tebing ini diambil dari nama daerah Scarborough yang terletak di North Yorkshire, Inggris. Scarborough Bluffs sering dideskripsikan sebagai salah satu “geological wonder” dan “unique feature” di wilayah Amerika Utara. Di area tebing ini terdapat beberapa taman seperti Bluffer’s Park, Cathedral Bluffs Park, Cudia Park, East Point Park, Rosetta McClain Gardens, Scarboorugh Heights Park, dan pantai Gates Gully.

Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang wisata Toronto, ibu kota Provinsi Ontario, Kanada. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip selanjutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar