Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Juli 10, 2016

8 Destinasi Wisata di Kanada yang Wajib Kamu Kunjungi

Salam Traveling!

Setelah Amerika Serikat, negara kedua yang akan kita kunjungi di Benua Amerika adalah Kanada.

Kanada (Canada) adalah sebuah negara luas yang menempati hampir setengah wilayah Amerika Utara, seperti halnya Amerika Serikat. Negara ini memiliki 10 provinsi dan 3 wilayah teritorial. Wilayah Kanada membentang dari Samudra Atlantik hingga ke Samudra Pasifik, dan dari perbatasan Amerika Serikat hingga ke kutub utara. Perbatasan Kanada – Amerika Serikat merupakan perbatasan negara yang terpanjang di dunia. Meskipn memilki wilayah darat yang luas, tetapi kepadatan penduduk Kanada sangat kecil. Penduduk negara ini sebagian besar hanya menempati kota-kota besar di wilayah selatan. Sedangkan wilayah tengah dan utara negara ini hanya didominasi oleh hutan, tundra, dan Pegunungan Rocky. Bahasa resmi di negara ini adalah Bahasa Inggris dan Prancis. Mata uang resminya adalah Canadian Dollar (CAD).

Apa saja destinasi wisata utama yang sering dikunjungi oleh para traveler di Kanada? Berkut 7 di antaranya:

1. Alberta

Alberta, Kanada
Banff, Alberta
Alberta (AB) merupakan sebuah provinsi yang terletak di wilayah barat Kanada. Provinsi ini berbatasan dengan British Columbia di sebelah barat, Northwest Territories di sebelah utara, Saskatchewan di sebelah timur, serta negara bagian Amerika Serikat, Montana, di sebelah selatan. Ibu kota provinsi ini terletak di Edmonton, tetapi Calgary merupakan kota terbesar. Beberapa wisata alam utama di Alberta antara lain Banff National Park, Jasper National Park, Moraine Lake, Lake Minnewanka, Lake Louise, Maligne Lake, dan Athabasca Falls. Di provinsi ini terdapat 2 bandara internasional yaitu Calgary International Airport (YYC) dan Edmonton International Airport (YEG). Lebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata Alberta.

2. Vancouver

Vancouver, Kanada
Seawall, Vancouver - foto oleh Andrew Raun
Vancouver (City of Vancouver) merupakan kota terbesar di provinsi British Columbia (BC). Secara geografis, Vancouver terletak di Semenanjung Burrard, wilayah barat Kanada, di dekat perbatasan Kanada – Amerka Serikat. Wilayah kota ini dibatasi oleh Inlet Burrard di sebelah utara, Sungai Fraser di sebelah timur, dan Selat Georgia di sebelah barat. Jumlah penduduk kota ini sekitar 603 ribu jiwa pada tahun 2011. Bandara utama di kota ini adalah Vancouver International Airport (YVR) yang terletak di Sea Island, City of Richmond. Di Vancouver terdapat taman kota terbesar di wilayah Amerika Utara yaitu Stanley Park, yang memiliki luas sekitar 405 hektar. Selain Stanley Park, landmark dan objek wisata utama lainnya di kota ini antara lain Kitsilano Beach, Spanish Banks, Wreck Beach, Pegunungan North Shore, Sungai Caplano, dan Vancouver Public Library. Lebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata Vancouver.

3. Toronto

Toronto, Kanada
Toronto - foto oleh George Socka
Toronto merupakan ibu kota provinsi Ontario (ON) sekaligus kota terbesar di Kanada. Sama seperti Vancouver, Toronto juga terletak di dekat perbatasan Kanada – Amerika Serkat, tetapi kota ini terletak di wilayah timur Kanada. Toronto terletak di sebelah barat-laut Danau Toronto, region Southern Ontario. Jumlah penduduk kota ini sekitar 2,6 juta jiwa pada tahun 2011. Toronto merupakan kota terbesar ke-4 di wilayah Amerika Utara setelah New York City, Los Angeles, dan Mexico City. Bandara tersibuk d Kanada, Toronto Pearson International Airport (YYZ), terletak di wilayah barat kota ini. Landmark dan objek wisata utama di Toronto antara lain CN Tower, Royal Ontario Museum, Art Gallery of Ontario, Gardiner Museum, Don Valley Brick Works, Canadian National Exhibition, Yorkville, Greektown, dan The Beaches. Lebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata Toronto.


4. Montreal

Montreal, Kanada
Montreal - foto oleh Anna Kucsma
Montreal merupakan kota terbesar di provinsi Quebec (QC). Sama seperti Toronto, Montreal juga terletak di wilayah barat Kanada, tidak jauh dari perbatasan Kanada – Amerika Serikat. Dari Toronto, kota ini berjarak sekitar 540 km di sebelah timur-laut. Secara geografis, Montreal terletak di Pulau Montreal, sebuah pulau yang terletak di persimpangan Sungai Saint Lawrence dan Sungai Ottawa. Sungai Saint Lawrence merupakan sungai yang menghubungkan Great Lakes dan Samudra Atlantik. Di kota ini terdapat Mount Royal (232 meter) yang merupakan puncak tertinggi di Pulau Montreal. Jumlah penduduk kota ini sekitar 1,6 juta jiwa pada tahun 2011. Montreal pada awalnya bernama Ville-Marie atau “City of Mary”, yang diambil dari nama Mount Royal. Bandara utama di kota ini adalah Montréal-Pierre Elliott Trudeau Airport (YUL). Landmark dan objek wisata utama di kota ini antara lain Old Montreal, Montreal Biodome, Notre-Dame Baslica, Old Port of Montreal, dan Mount Royal.

5. Quebec City

Quebec City, Kanada
Quebec City - foto oleh Martin St-Amant
Quebec City (City of Quebec) merupakan ibu kota provinsi Quebec. Dalam Bahasa Prancis, kota ini bernama Ville de Québec. Secara geografis, Quebec City terletak di tepi utara Sungai Saint Lawrence, wilayah timur Kanada. Dari Montreal, Quebec City berjarak sekitar 254 km di sebelah barat-laut. Nama Quebec berasal dari Bahasa Algonquin, Kébec, yang menunjukkan area di mana aliran Sungai Saint Lawrence menyempit. Quebec City merupakan salah satu kota tertua di wilayah Amerika Utara. Wilayah Old Quebec (Vieux-Québec) dikelilingi oleh benteng dan dinding serta saat ini dimasukkan ke dalam UNESCO World Heritage Site. Jumlah penduduk kota ini sekitar 540 ribu jiwa pada tahun 2015. Selain Old Quebec, landmark dan objek wisata lainnya di kota ini antara lain Montmorency Falls, Citadelle of Quebec, Mont-Sainte-Anne Ski Resort, Ice Hotel, Château Frontenac, dan Gare du Palais.


6. Niagara Falls

Niagara Falls, Kanada
Niagara Falls - foto oleh George Louis
Seperti namanya, Niagara Falls merupakan sebuah kota wisata yang terletak di tepi barat Sungai Niagara, provinsi Ontario (ON), wilayah barat Kanada. Di seberang Sungai Niagara juga terdapat sebuah kota dengan nama yang sama yaitu Niagara Falls tetapi merupakan wilayah negara bagian New York, Amerika Serikat. Dari Sungai Niagara inilah mengalir air terjun Niagara (Niagara Falls) yang merupakan salah satu air terjun terindah di dunia. Air terjun Niagara sendiri terdiri atas 3 air terjun yaitu Horseshoe Falls, American Falls, dan Bridal Veil Falls. Dari Niagara Falls, pengunjung bisa melihat Horseshoe Falls dan American Falls dengan sangat jelas. Jumlah penduduk kota ini sekitar 83 ribu jiwa pada tahun 2011. Antara Niagara Falls (Ontario) dengan Niagara Falls (New York) dihubungkan oleh 2 jembatan internasional, yang terkenal adalah Rainbow Bridge. Selain air terjun Niagara, objek wisata lainnya di kota ini antara lain MarineLand, Journey Behind the Falls, dan Niagara Parks Butterfly Conservatory.

7. Victoria

Victoria, Kanada
Victoria
Victoria merupakan ibu kota provinsi British Columbia (BC). Secara geografis, kota ini terletak di ujung selatan Pulau Vancouver, wilayah barat Kanada. Dari Vancouver yang terletak di daratan utama Kanada, Victoria berjarak sekitar 115 km di sebelah selatan. Jumlah penduduk kota ini sekitar 80 ribu jiwa pada tahun 2011. Nama kota ini diambil dari nama Queen Victoria, ratu negara United Kingdom. Victoria merupakan salah satu kota tertua di wilayah Pacific Northwest. Di kota ini terdapat berbagai bangunan bersejarah, yang terkenal adalah Legislative Building dan Empress Hotel. Selain itu, kota ini juga dikenal dengan nama “The Garden City” karena keindahan taman-taman kotanya. Dari Vancouver, Victoria bisa dicapai dengan ferry. Landmark dan objek wisata di kota ini antara lain Beacon Hill Park, Butchart Gardens, Royal British Columbia Museum, Craigdarroch Castle, dan Inner Harbour.


8. Ottawa

Ottawa, Kanada
Ottawa - foto oleh Padraic Ryan
Ottawa merupakan ibu kota negara Kanada. Kota ini terletak di provinsi Ontario, di tepi selatan Sungai Ottawa, wilayah timur Kanada. Sungai Rideau dan Kanal Rideau bermuara di wilayah kota ini. Dari Toronto, Ottawa berjarak sekitar 450 km di sebelah timur-laut. Nama kota dan Sungai Ottawa diambil dari Bahasa Algonquin, Odawa, yang berarti “perdagangan”. Jumlah penduduk kota ini sekitar 883 ribu jiwa pada tahun 2011. Selain sebagai pusat politik dan pemerintahan, Ottawa juga merupakan pusat pendidikan dan teknologi di negara Kanada. Di kota ini terdapat berbagai perguruan tinggi dan pusat penelitian, termasuk di antaranya National Arts Centre dan National Gallery. Selain itu, di kota ini juga terdapat beberapa bangunan yang merupakan UNESCO World Heritage seperti Kanal Rideau, Central Chambers, Central Experimental Farm, Château Laurier, dan Laurier House.

Nah, itulah 7 destinasi wisata utama yang sering dikunjungi oleh para traveler di Kanada. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar