Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Juli 16, 2016

8 Landmark dan Tempat Wisata Utama di Perth, Australia

Salam Traveling!

Masih di Australia, setelah Sydney dan Melbourne, sekarang kita akan menuju ke kota tujuan wisata selanjutnya, yaitu Perth, Western Australia.

Perth merupakan ibu kota negara bagian Western Australia (WA) sekaligus kota terbesar keempat di Australia. Secara geografis, Perth terletak di Swan Coastal Plain, pantai barat Australia. Sungai Swan membatasi wilayah kota ini di bagian timur dan selatan, serta Kings Park di bagian barat. Bangsa Inggris pertama kali mendiami wilayah Perth pada tahun 1829. Nama Perth sendiri berasal dari nama kota Perth di Skotlandia. Sedangkan nama Swan berasal dari black swan (angsa hitam) yang merupakan hewan asli di Sungai Swan. Jumlah penduduk kota ini sekitar 2,02 juta jiwa pada tahun 2014. Di Perth terdapat beberapa perguruan tinggi utama Australia seperti University of Western Australia, Curtin University, dan Murdoch University. Bandara internasional utama di kota ini adalah Perth Airport (PER).

Apa saja landmark dan tempat wisata yang sering dikunjungi oleh para traveler di Perth? Berikut 8 si antaranya:

1. Kings Park

Kings Park, Perth
Kings Park
Kings Park merupakan taman kota sekaligus tempat wisata utama yang terletak di tepi barat Central Business District (CBD), Perth. Taman seluas 406 hektar ini pertama kali dibangun pada tahun 1895. Dari taman ini, pengunjung bisa menikmati panorama kota Perth, Sunga Swan, dan Pegunungan Darling. Area Kings Park merupakan perpaduan antara taman kota, kebun botani, dan area semak-semak di wilayah Mount Eliza. Di taman ini terdapat lebih dari 324 sepsies tumbuhan, 80 spesies burung, dan 215 spesies fungi (jamur). Di Kings Park juga dibangun beberapa monumen seperti War Memorial, Honour Avenues, Fraser Avenue, Bali Memorial, dan Editch Cowan Clock. Bagian taman lainnya yang juga sering dikunjungi antara lain Synergy Parkland, Lotterywest Family Area, Aboriginal Art Gallery, DNA Tower, dan Jacob’s Ladder. Tempat wisata ini dibuka setiap hari selama 24 jam.




2. Swan Valley

Swan Valley, Perth
Swan Valley - foto oleh Orderinchaos
Swan Valley adalah lembah Sungai Swan yang terletak di sebelah timur kota Perth. Dari pusat kota, lembah bisa dijangkau dengan menggunakan kendaraan sekitar 25 menit. Wilayah Swan Valley memiliki tanah yang subur, berbeda dengan wilayah Perth. Di lembah ini terdapat berbagai perkebunan anggur, utama Australia seperti Houghtons dan Sandalfords. Selain perkebunan anggur, di Swan Valley juga terdapat berbagai perkebunan melon, asparagus, jeruk, stroberi, lavender, dan zaitun. Selain itu di lembah ini juga terdapat pabrik coklat, pabrik keju, dan peternakan lebah madu. Saat ini Swan Valley telah menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Perth dan Western Australia.


3. Aquarium of Western Australia

Aquarium of Western Australia, Perth
Aquarium of Western Australia - foto oleh RaNdOm26
Aquarium of Western Australia (AQWA) merupakan akuarium milik Coral World International yang terletak di Hillary, Western Australia, tidak jauh dari Perth. Akuarium ini pertama kali pada tahun 1988 di Perth dengan nama Underwater World. Pada tahun 2001, nama akuarium ini diubah menjadi AQWA The Aquarium of Western Australia, serta hanya memiliki 2 area pameran, AQWA telah memiliki sekitar 40 area pameran dan merupakan salah satu akuarium terbesar di dunia. Beberapa area pameran utama di akuarium ini antara lain Great Southern, Shipwreck Coast, Perth Coast, Far North, dan Marmion Marine Park. Jumlah hewan laut yang ada di akuarium ini sekitar 400 spesies, di antaranya hiu abu-abu, stingray, kura-kura loggerhead, dan octopus. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 5 sore.


4. Western Australian Museum

Western Australian Museum, Perth
Western Australian Museum - foto oleh Nachoman-au
Western Australian Museum merupakan museum publik yang terletak di area Perth Cultural Centre, wilayah sentral Perth. Museum ini terbagi menjadi 6 bagian. Selain di Perth, 2 museum lainnya terletak di Fremantle, 1 museum di Albany, 1 museum di Geraldton, dan 1 museum lagi di Kalgoorlie-Boulder. Museum ini pertama kali dibangun pada tahun 1891 di wilayah Old Perth Gaol dengan nama Geological Museum. Koleksi yang ada di museum ini mencapai 4,7 juta item yang terdiri dari berbagai bidang ilmu pengetahuan seperti sejarah, zoologi, antropologi, arkeologi, dan sains.


5. Art Gallery of Western Australia

Art Gallery of Western Australia, Perth
Art Gallery of Western Australia - foto oleh Navid Mavaddat
Art Gallery of Western Australia merupakan galeri publik yang juga terletak di area Perth Cultural Centre, di dekat Western Australian Museum. Galeri ini pertama kali dibangun pada tahun 1895 di Jubilee Building bersama dengan State Museum and Library. Tetapi bangunan utama galeri ini baru dibangun pada tahun 1977. Jumlah koleksi karya seni yang terdapat di galeri ini mencapai 17.000 item. Beberapa karya terkenal berasal dari seniman Auguste Rodin, Monet, dan Max Ernest. Koleksi seni lainnya adalah Islamic Art yang berasal dari Kuwait, lukisan Pre-Raphealite yang berasal dari Tate Gallery London, Italian Renaissance yang berasal dari Amsterdam Historich Museum, dan Indian Contemporary Art.


6. Round House

Round House - foto oleh Tolo
Round House merupakan bangunan permanen pertama di bangun di Swan River Colony. Bangunan ini terletak di wilayah Arthur Head, Fremantle, Perth. Round House pertama kali dibangun pada tahun 1830 dan hingga saat ini merupakan bangunan tertua yang ada di wilayah Western Australia. Sesuai dengan namanya, Round House, bangunan ini memiliki bentuk menyerupai lingkaran, dengan warna dominasi warna putih pada bagian luar. Di bagian dalam terdapat 2 lantai, 8 sel tahanan, dan sebuah halaman. Pada saat pertama kali dibangun, Round House digunakan sebagai penjara hingga tahun 1886, saat dibangunnya Fremantle Prison. Tetapi sejak tahun 1966, bangunan ini kemudian diubah menjadi museum dan atraksi wisata. Round House saat ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 10.30 pagi hingga pukul 3.30 sore.


7. John Forrest National Park

John Forrest National Park, Perth
John Forrest National Park
John Forrest National Park adalah taman nasional yang terletak di wilayah Darling Scarp, sekitar 24 km di sebelah timur kota Perth. Taman nasional ini merupakan yang pertama di wilayah Western Australia. Taman nasional ini memiliki luas 26 km persegi dan pertama kali pada tahun 1898 dengan nama Greemount National Park. Beberapa tahun kemudian nama taman nasional ini diubah menjadi John Forrest National park untuk mengenang Sir John Forrest, kepala legislatif (premier) pertama di Western Australia. Hewan yang umum dijumpai di taman nasional ini adala kangguru dan hewan-hewan marsupial. Untuk menyusuri keseluruhan area tersedia 3 jalur yang bisa digunakan yaitu John Forrest Heritage Trail, Glen Brook Walk Trail, dan Eagle View Walk Trail.


8. Cohunu Koala Park

Cohunu Koala Park, Perth
Cohunu Koala Park - foto oleh Bahnfrend
Sesuai namanya, Cohunu Koala Park merupakan kebun binatang sekaligus cagar alam koala yang terletak di wilayah Byford, di dekat Perth, Western Australia. Cagar alam seluas 14 hektar ini pertama kali dibangun pada tahun 1982 di wilayah Gosnells. Pada saat itu, jumlah koala yang ada di cagar alam ini hanya 4 ekor yang diambil dari wilayah South Australia. Pada tahun 2005, cagar alam ini kemudian dipindahkan ke wilayah Byford, lokasinya saat ini. Di Cohunu Koala Park saat ini terdapat sekitar 25 koala. Selain koala, di cagar alam ini juga terdapat beberapa hewan khas Australia lainnya seperi dingo, kangguru, burung emu, wallaby, wombat, burung kakatua, elang, echidna, dan angsa hitam. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 4 sore.


Nah, itulah 8 landmark dan tempat wisata favorit para traveler di Perth, Western Australia (WA), Australia. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!

Indeks Artikel






Artikel Terkait


Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar