Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Juli 28, 2016

7 Destinasi Wisata Utama di Uni Emirat Arab

Salam Traveling!

Setelah Arab Saudi dan Turki, sekarang kita menuju ke negara Timur Tengah selanjutnya, yaitu Uni Emirat Arab.

Uni Emirat Arab (United Arab Eimirates / Dawlat al-Imarat al-Arabiyah al-Muttahidah) merupakan sebuah negara federal yang terletak di wilayah tenggara Jazirah Arab. Nama negara ini sering disingkat dengan UAE atau Emirates. Di sebelah utara dan barat, negara ini berbatasan dengan Teluk Persia; di sebelah selatan dengan Arab Saudi, dan di sebelah timur dengan Oman. Wilayah Uni Emirat Arab dibagi menjadi 7 emirat. Negara ini merupakan salah satu negara penghasil minyak dan gas bumi terbesar di dunia. Bahasa resmi yang digunakan oleh penduduk adalah Bahasa Arab, tetapi Bahasa Inggris juga umum digunakan, terutama di Abu Dhabi dan Dubai. Mata uang resmi negara ini adalah UAE Dirham (AED). Bandara internasional utama di negara ini adalah Dubai International Airport (DXB) dan Abu Dhabi International Airport (AUH).

Apa saja destinasi wisata tama yang sering dikunjungi oleh para traveler di Uni Emirat Arab? Berikut 7 di antaranya:

1. Dubai

Dubai, Uni Emirat Arab
Dubai - foto oleh Jacky Lee
Dubai merupakan ibu kota Emirat Dubai sekaligus kota terbesar di Uni Emirat Arab. Secara geografis, Dubai terletak di pantai tenggara Teluk Persia, wilayah utara Uni Emirat Arab. Jumlah penduduk kota ini sekitar 2,5 juta jiwa pada tahun 2016. Menurut sejarah, pada abad ke-18, Dubai hanya merupakan sebuah kota kecil yang dihuni oleh para nelayan. Tetapi saat ini, Dubai merupakan kota global serta pusat bisnis di wilayah Timur Tengah. Kota ini juga akan menjadi tuan rumah World Expo 2020. Di Dubai terdapat bangunan tertinggi di dunia yaitu Burj Khalifa yang memiliki tinggi 830 meter. Di kota ini juga terdapat Dubai International Airport (DXB) yang merupakan bandara tersibuk di dunia. Landmark dan tempat wisata utama di kota ini antara lain Burj Khalifa, Burj Al Arab, Dubai Miracle Green, Dubai Creek, dan Jumeirah Mosque. Untuk lebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata Dubai.


2. Abu Dhabi

Abu Dhabi, Uni Emirat Arab
Abu Dhabi
Abu Dhabi merupakan ibu kota negara Uni Emirat Arab sekaligus kota terbesar kedua di negara ini setelah Dubai. Kota ini juga merupakan ibu kota Emirat Abu Dhabi, emirat terbesar di negara ini. Secara geografis, Abu Dhabi terletak di sebuah pulau di Teluk Persia, wilayah pantai barat Uni Emirat Arab. Dengan daratan utama Jazirah Arab, kota ini dihubungkan oleh 3 jembatan : Maqta Bridge, Mussafah Bridge, dan Sheikh Zayed Bridge. Jumlah penduduk kota ini sekitar 1,5 juta jiwa pada tahun 2014. Sebagai ibu kota negara, di Abu Dhabi terdapat berbagai kantor pemerintahan sekaligus kediaman resmi Presiden Uni Emirat Arab. Kota ini juga merupakan pusat politik, industri, perdagangan, dan kebudayaan di negara ini. Bandara utama di kota ini adalah Abu Dhabi International Airport (AUH). Beberapa landmark utama di Abu Dhabi antara lain Sheikh Zayed Grand Mosque, Etihad Tower, Emirates Palace, Heritage Village, dan Heritage Park. Untuk lebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata Abu Dhabi.


3. Sharjah

Sharjah, Uni Emirat Arab
Sharjah - foto oleh Nithin bolar k
Sharjah merupakan ibu kota Emirat Sharjah sekaligus kota terbesar ketiga di Uni Emirat Arab setelah Dubai dan Abu Dhabi. Secara geografis, Sharjah terletak di tepi Teluk Persia, wilayah pantai utara negara ini. Jumlah penduduk kota ini sekitar 1,4 juta jiwa pada tahun 2015. Sharjah merupakan salah satu kota yang sering dikunjungi oleh para wisatawan Muslim karena di kota ini minuman beralkohol tidak diizinkan peredarannya. Pada tahun 1998, oleh UNESCO, Sharjah diberi penghargaan sebagai Cultural Capital of the Arab World karena kota ini selalu menjaga tradisi dan kebudayaan Arab hingga saat ini. Bandara utama di kota ini adalah Sharjah International Airport (SHJ). Landmark dan tempat wisata utama di Sharjah antara lain Rolla Square, Blue Souq, Heritage District, Sharjah Heritage Museum, Al Noor Island, dan Sharjah Desert Park.


4. Fujairah

Fujairah, Uni Emirat Arab
Fujairah - foto oleh Mike Che
Fujairah merupakan 1 dari 7 emirat yang membentuk negara Uni Emirat Arab. Berbeda dengan emirat yang lain, wilayah Fujairah tidak teletak di tepi Teluk Persia, melainkan di tepi Teluk Oman, pantai timur Uni Emirat Arab. Wilayah Fujairah sebagian besar berupa pegunungan sehingga memiliki curah hujan yang relatif lebih tinggi dibandngkan wilayah emirat lainnya. Beberapa kota yang sering dikunjungi oleh wisatawan di Fujairah antara lain Khor Fakkan, Kalba, dan Masafi. Dari Dubai, Fujairah diubungkan oleh jalan Sheik Khalifa Highway, dan dari Abu Dhabi wilayah ini bisa dijangkau dengan airplane melalui bandara Fujairah International Airport (FJR). Beberapa landmark utama di Fujairah antara lain Fujairah Fort, Heritage Village, Al Badiyah Mosque yang merupakan masjid tertua di Uni Emirat Arab.


5. Ras al-Khaimah

Ras al-Khaimah, Uni Emirat Arab
Ras al-Khaimah - foto oleh Dpsobczyk
Sama seperti Fujairah, Ras al-Khaimah juga merupakan 1 dari 7 emirat di negara Uni Emirat Arab. Dalam Bahasa Arab, Ras al-Khaimah berarti ‘tanah dengan pondok-pondok kecil’. Nama tersebut merujuk pada bangunan-bangunan asli penduduk Arab yang masih terdapat di sepanjang pantai di wilayah emirat ini. Secara geografis, Ras al-Khaimah terletak di wilayah utara Uni Emirat Arab, dan berbatasan dengan Musandam, wilayah exclave Oman. City of Ras al-Khaimah, yang merupakan ibu kota emirat ini, dibagi menjadi 2 wilayah : Old Ras al-Khaimah dan Nakheel. Di kota ini terdapat Ras Al Khaimah International Airport (RKT). Beberapa landmark utama di wilayah emirat ini antara lain National Museum of Ras al-Khaimah, Dhayah Fort, Al Jazirah Al Hamra, dan Old City & Souq.


6. Al Ain

Al Ain, Uni Emirat Arab
Al Ain - foto oleh Hashem Al Hashemi
Al Ain merupakan kota terbesar kedua di Emirat Abu Dhabi, sekaligus terbesar keempat di negara Uni Emirat Arab. Dalam Bahasa Arab, Al Ain berarti ‘The Spring’. Kota ini sering dijuluki sebagai Garden City karena di wilayah ini terdapat banyak oasis dan kebun-kebun dengan pepohonan hijau. Secara geografis, Al Ain terletak di wilayah timur Uni Emirat Arab, tidak jauh dari perbatasan UAE – Oman. Jumlah penduduk kota ini sekitar 650 ribu jiwa pada tahun 2013. Di Al Ain terdapat beberapa oasis dan area yang merupakan UNESCO World Heritage Site, yaitu Hafit, Hili, dan Bidaa Bint Saud. Dari Abu Dhabi dan Dubai, kota ini bisa dicapai dengan bis. Beberapa landmark utama di Al Ain antara lain Al Ain Oasis, Al Ain National Museum, Al Ain Palace Museum, Hill Archeological Park, dan Jebel Hafeet.


7. Ajman

Ajman, Uni Emirat Arab
Ajman - foto oleh Sergey Kutuzov
Kota wisata terakhir adalah Ajman, yang juga merupakan ibu kota Emirat Ajman. Secara geografis, Ajman terletak di tepi Teluk Persia, wilayah utara Uni Emirat Arab. Kota juga merupakan bagian dari wilayah metropolitan Dubai-Sharjah-Ajman. Dari Dubai, kota ini hanya berjarak sekitar 40 km, dan dari Sharjah, hanya sekitar 20 km. Jumlah penduduk kota ini sekitar 238 ribu jiwa pada tahun 2010. Emirat Ajman sendiri merupakan emirat dengan wilayah yang paling kecil. Di emirat ini terdapat bandara Ajman International Airport, tetapi Sharjah International Airport terletak lebih dekat dengan pusat kota Ajman. Beberapa landmark utama di Ajman antara lain Ajman National Museum, Ajman Fort, Red Fort, dan Ajman Corniche.


Nah, itulah 7 destinasi wisata utama yang sering dikunjungi oleh para traveler di Uni Emirat Arab atau UAE (United Arab Emirates). Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!


Indeks Artikel







Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar