Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Juli 25, 2016

8 Landmark dan Tempat Wisata Utama di Wellington, Selandia Baru

Salam Traveling!

Masih di Selandia Baru, setelah Auckland, sekarang kita menuju ke ibu kota negara ini, yaitu Wellington.

Wellington merupakan ibu kota negara Selandia Baru. Kota ini juga merupakan ibu kota negara yang letaknya paling selatan di dunia. Secara geografis, Wellington terletak di ujung selatan North Island, di antara Selat Cook dan Pegunungan Rimutaka. Wellington merupakan pusat region Wellington, yang terdiri dari 4 kota yaitu Wellington, Porirua, Lower Hutt, dan Upper Hut. Dalam Bahasa Maori, kota ini bernama yaitu Te Whanga-nui-a-Tara. Wellington merupakan kota terbesar kedua di North Island setelah Auckland, dengan jumlah penduduk sekitar 398 ribu jiwa pada tahun 2015. Sebagai ibu kota negara, Wellington merupakan pusat pemerintahan dan politik di Selandia Baru. Bandara internasional utama di kota ini adalah Wellington Airport (WLG).

Apa saja landmark dan tempat wisata yang sering dikunjungi oleh para traveler di Wellington? Berikut 8 di antaranya:

1. Wellington Cable Car

Wellington Cable Car
Wellington Cable Card
Seperti namanya, Wellington Cable Car merupakan kereta yang digerakkan dengan kabel yang terbentang mulai dari wilayah Lambton Quay hingga ke Kelburn. Jalur kereta ini memiliki panjang 612 meter, dan mencapai ketinggian 120 meter pada area perbukitan di Kelburn. Cable Car ini terdiri atas 2 kereta; 1 kereta mulai berjalan pada stasiun di Lambton Quay; dan 1 kereta lainnya mulai berjalan pada stasiun di Kelburn. Pengunjung yang menggunakan kereta ini umumnya mereka yang ingin mengunjungi Wellington Botanical Garden atau Victoria Universty yang terletak di wilayah Kelburn. Bagi pengunjung yang ingin mengetahui informasi tentang cable car ini, bisa mengunjungi Cable Car Museum yang juga terletak di Kelburn.


2. Museum of New Zealand

Museum of New Zealand, Wellington
Museum of New Zealand
Museum of New Zealand Te Papa Tongerawa adalah museum nasional dan galeri seni yang terletak di Cable Street, Wellington. Museum ini pertama kali dibangun pada tahun 1992, menggantikan New Zealand Dominion Museum dan National Art Gallery yang telah dibangun sebelumnya. Dalam Bahasa Maori, nama Te Papa berarti “Our Place”. Koleksi yang dipamerkan di museum ini antara lain koleksi sejarah, budaya, fosil, herbarium, dan berbagai fotografi kebudayaan Maori. Salah satu koleksi utama di museum adalah spesimen cumi-cumi raksasa sepanjang 4,2 meter yang berasal dari wilayah Ross Sea, Antartika. Bangunan utama museum terdiri atas 6 lantai pameran yang dilengkapi dengan café dan toko souvenir. Di lantai 4 terdapat sebuah perpustakaan, yaitu Te Aka Matua Library. Di bagian luar museum juga terdapat beberapa gua buatan, padang rumput dan kolam.


3. Zealandia

Zealandia, Wellington
Zealandia - foto oleh Neil Leslie
Zealandia adalah cagar alam yang terletak di wilayah Karori, Wellington. Sebelumnya, cagar alam ini bernama Karori Wildlife Sanctuary. Cagar alam seluas 225 hektar ini dibangun pertama kali pada tahun 1999, untuk menyedikan habitat bagi hewan-hewan asli Selandia Baru. Wilayah cagar alam ini terletak di areal perbukitan antara Wright Hill dan Brooklyn. Di beberapa area di cagar alam dipasang pagar untuk melindungi kelestarian ekosistem dari gangguan luar. Beberapa spesies hewan utama di tempat ini diantaranya bellbird, brown teal, kiwi, merpati, robin (sejenis burung murai), falcon, fantail, tuatara (sejenis kadal), cecak hutan, dan sigung. Ada beberapa spesies yang diletakkan di luar pagar seperti kucing hutan, tikus hitam, kelinci hutan, rusa, dan kambing hutan.


4. Wellington Botanic Garden

Wellington Botanic Garden
Wellington Botanic Garden - foto oleh Pear285
Wellington Botanic Garden merupakan taman kota dan kebun botani yang terletak di wilayah Kelburn, Wellington. Taman seluas 25 hektar ini dibangun di atas sebuah bukit pada tahun 1868. Ekosistem yang ada di taman ini terdiri dari pepohonan asli Selandia Baru, conifer, aneka koleksi tanaman, dan beberapa spesies tanaman luar yang diletakkan di Lady Nordwood Rose Garden. Di taman ini juga terdapat sebuah rumah kaca berarsitektur Victorian, Treehouse Visitor Centre, Begonia House, Duck Pond, playground, dan berbagai jalur track yang bisa digunakan untuk berjalan-jalan menyusuri area taman. Dari Wellington CBD (Central Business District), cara termudah untuk mencapai taman ini adalah dengan menggunakan Wellington Cable Car yang beroperasi dari Lambton Quay.


5. Space Place at Carter Observatory

Space Place at Carter Observatory, Wellington
Space Place at Carter Observatory
Space Place at Carter Observatory merupakan observatorium yang terletak di kompleks Wellington Botanical Garden, Kelburn, Wellington. Observatorium ini pertama kali dibangun pada tahun 1937 dengan nama Carter Observatory. Pada tahun 1977, observatorium ini dijadikan sebagai observatorium nasional Selandia Baru dan difokuskan untuk penelitian dan pengembangan pengetahuan astronomi bagi publik. Observatorium ini memiliki 2 teleskop utama yang terletak di dalam bangunan, dan 1 teleskop tambahan yang terletak di luar bangunan. Dua teleskop utama tersebut adalah teleskop Thomas Cooke yang berdiameter 9,75 inchi dan teleskop Ruth Crisp yang berdiameter 16 inchi. Di dekat observatorium ini, terdapat observatorium lainnya yaitu Thomas King Observatory.


6. Wellington Museum

Wellington Museum
Wellington Museum - foto oleh Lanma726
Selain Museum of New Zealand, di Wellington juga ada Wellington Museum (Museum of City & Sea) yang terletak di wilayah Queens Wharf. Museum ini pertama kali dibuka pada tahun 1972 dengan nama Wellington Maritime Museum. Bangunan museum ini menggunakan bangunan Wellington Harbour Head Office yang telah ada sejak tahun 1892. Jika Museum of New Zealand berfokus pada sejarah dan budaya, maka Wellington Museum berfokus pada bidang maritim dan perkembangan kota Wellington sejak menjadi ibu kota negara Selandia Baru. Di bagian luar museum terdapat sebuah layar untuk menampilkan film tentang kota Wellington, dan teater yang menceritakan tentang suku Maori.


7. Matiu / Somes Island

Matiu/Somes Island, Wellington
Matiu / Somes Island - foto oleh 111 Emergency
Matiu atau Somes Island merupakan 1 dari 3 pulau kecil yang terletak di lepas pantai Wellington Harbour. Dua pulau lainnya adalah Makaro/Ward Island dan Mokopuna Island. Dari ketiga pulau tersebut, Matiu merupakan pulau terbesar dengan luas sekitar 25 hektar. Dari Wellington, pulau ini berjarak sekitar 10 km dan dapat dijangkau dengan ferry. Nama Matiu berasal dari Bahasa Maori, sedangkan nama Somes Island mulai digunakan saat bangsa Eropa menduduki wilayah Selandia Baru. Beberapa spesies hewan yang ada di pulau ini antara lain pinguin, shag, sigung, dan burung camar.


8. Wellington Zoo

Wellington Zoo
Wellington Zoo - foto oleh KioreRat
Wellington Zoo merupakan kebun binatang yang terletak di wilayah Newtown, Wellington. Kebun binatang seluas 13 hektar ini pertama kali dibuka pada tahun 1906 serta merupakan kebun binatang pertama di Selandia Baru. Jumlah hewan yang ada di kebun binatang ini lebih dari 500 ekor, yang terdiri dari 100 spesies yang berasal dari berbagai belahan dunia. Beberapa hewan utama diantaranya harimau Sumatra, simpanse, beruang matahari (sun bear), jerapah, cheetah, berang-berang, kakatua, dan masih banyak lagi. Kebun binatang ini juga memiliki program The Wild Theatre dan The Nest – Te Kōhanga.


Nah, itulah 8 landmark dan tempat wisata utama yang sering dikunjungi oleh para traveler di Wellington, Selandia Baru. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!


Indeks Artikel






Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar