Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Februari 29, 2016

8 Destinasi Wisata di Jerman favorit para Traveler - Bagian 1

Salam Traveling!

Setelah United Kingdom, Prancis, dan Belanda, sekarang kita menuju ke Jerman.

Jerman (Federal Republik of Germany / Bundesrepublik Deutschland) merupakan sebuah negara maju di yang terletak di region Eropa Barat. Negara ini memiliki 16 state (negara bagian); tiga yang terbesar adalah North-Rhine Westphalia, Bavaria, dan Baden-Württemberg. Secara geografis, wilayah Jerman membentang mulai dari Pegunungan Alpen di sebelah selatan hingga ke North Sea (Nordsee) dan Baltic Sea (Ostsee) di sebelah utara. Di sebelah utara, negara ini berbatasan dengan Denmark; di sebelah timur dengan Polandia dan Republik Ceko; di sebelah selatan dengan Austria dan Swiss; serta di sebelah barat dengan Prancis, Luxembourg, Belgia dan Belanda.

Pada tahun 1945, setelah Perang Dunia II, negara Jerman sempat terbagi menjadi dua: Jerman Barat dan Jerman Timur, yang dipisahkan oleh Tembok Berlin (Berliner Mauer). Pada tahun 1990, kedua negara tersebut bersatu dengan Berlin sebagai ibu kota. Selain terkenal dengan sejarah, Jerman juga merupakan negara yang terkenal dengan kebudayaan, filosofi, seni, musik, olah raga, enterpreneur, pariwisata, pendidikan, sains dan teknologi. Bandara internasional utama di negara ini adalah Frankfurt International Airport (FRA), yang juga merupakan salah satu bantara internasional utama di wilayah Eropa.

Berikut 8 destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh para traveler di Jerman:

1. Berlin

Berlin, Jerman
Berlin, Jerman
Destinasi wisata pertama adalah Berlin, ibu kota sekaligus kota terbesar di negara Jerman. Selain merupakan sebuah kota, Berlin juga merupakan sebuah state. Secara geografis, kota ini terletak di di tepi Sungai Spree dan Sungai Havel, wilayah timur laut Jerman. Sebagian wilayah Berlin masih berupa hutan, sungai, danau, lahan terbuka dan taman-taman publik. Jumlah penduduk kota ini sekitar 3,7 juta jiwa pada tahun 2017. Wilayah Berlin sempat terbagi menjadi 2 setelah Perang Dunia II, Berlin Timur dan Berlin Barat, yang dipisahkan oleh Tembok Berlin. Pada tahun 1990, pada saat Jerman bersatu, Kota Berlin juga bersatu dan Tembok Berlin diruntuhkan. Selain Tembok Berlin, landmark dan objek wisata yang sering dikunjungi di Berlin antara lain Brandenburg Gate, Reichstag Building, Museum Island, Charlottenburg Palace, dan Alexanderplatz. Untuk lebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata Berlin.

2. Munich (München)

Munich (München), Jerman
Munich (München), Jerman
Destinasi wisata kedua adalah Munich (München), ibu kota sekaligus merupakan kota terbesar di state Bavaria. Kota ini terletak di wilayah selatan Jerman, di tepi Sungai Isar dan Pegunungan Alpen Bavaria. Nama Munich berasal dari Bahasa Jerman kuno Munichen yang berarti oleh para biarawan. Kata ini digunakan karena dahulu para biarawan Benedictine membangun sebuah biara di tempat ini yang saat ini menjadi kota tua (Old Town) Munich. Jumlah penduduk kota ini sekitar 1,4 juta jiwa pada tahun 2015. Objek wisata yang terkenal di Munich antara lain Nymphenburg Palace, Blutenburg Castle, Fürstenried Palace, Englishcer Garten, Marienplatz, Munich Residenz, Deutsches Museum, dan Allianz Arena. Untuk lebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata Munich.


3. Frankfurt

Frankfurt, Jerman
Samstagsberg, Frankfurt, Jerman - foto oleh Mylius
Destinasi wisata ketiga adalah Frankfurt, atau Frankfurt am Main, kota terbesar di state Hesse (Hessen). Secara geografis, kota metropolitan ini terletak di tepi Sungai Main, wilayah barat daya Jerman. Jumlah penduduk kota ini sekitar 717 ribu jiwa pada tahun 2015. Frankfurt dikenal sebagai kota asal salah satu penulis terkenal dunia, Johann Wolfgang von Goethe. Bandara internasional Jerman, Frankfurt International Airport (FRA), juga terletak di wilayah kota ini. Frankfurt juga terkenal dengan berbagai trade fair terbesar di dunia, seperti Messe Frankfurt dan Frankfurt Book Fair. Di kota ini terdapat berbagai institusi pendidikan ternama seperti Johann Wolfgang Goethe University dan Frankfurt University of Applied Sciences. Landmark dan objek wisata utama di Frankfurt antara lain Römer, Goethe House, Alte Oper, Städel, Naturmuseum Senckenberg, dan Palmengarten. Lebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata Frankfurt. Lebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata Frankfurt.

4. Köln (Cologne)

Köln, Jerman
Köln, Jerman
Destinasi wisata keempat adalah Köln (Cologne), kota terbesar di state North-Rhine-Westphalia. Secara geografis, kota ini terletak di sepanjang Sungai Rhine, wilayah barat Jerman. Dari perbatasan Jerman - Belgia, Köln hanya berjarak sekitar 8 km. Jumlah penduduk kota ini sekitar 1 juta jiwa pada tahun 2015. Menurut sejarah, Köln pertama kali dibangun oleh Bangsa Romawi sekitar 2000 tahun yang lalu, sebagai ibu kota provinsi Germania Inferior. Pada saat Perang Dunia II, Köln termasuk salah satu kota yang sering dijatuhi bom oleh Royal Air Force Inggris, sehingga diperlukah restorasi besar-besaran untuk mengembalikan semua bangunan-bangunan klasik di kota ini. Salah satu perguruan tinggi terbesar dan tertua di Eropa, Universität zu Köln (University of Cologne), terletak di kota ini. Landmark utama di Köln antara lain Kölner Dom (Cologne Cathedral), Kölner Rathaus (Cologne City Hall), Museum Ludwid, Imhoff-Schokoladenmuseum (Chocolate Museum), Römisch-Germanisches Museum, Farina Fragrance Museum (tempat asal parfum Eau de Cologne), dan Hohenzollern Bridge.

5. Heidelberg

Heidelberg, Jerman
Heidelberg Castle, Heidelberg, Jerman
Destinasi wisata kelima adalah Heidelberg, sebuah kota kecil di state Baden-Württemberg. Kota ini terletak di tepi Sungai Neckar, wilayah barat-laut Jerman. Jumlah penduduk kota ini hanya sekitar 152 ribu jiwa pada tahun 2014. Salah satu universitas tertua dan terkenal di Eropa, Heidelberg University, yang telah dibangun sejak abad ke-14, terletak di kota ini. Objek wisata utama di kota ini adalah area Old Town (Altstadt) yang terletak di tepi selatan Sungai Neckar. Di area ini, tepatnya di Bukit Königstuhl, terdapat banyak reruntuhan Heidelberg Castle. Untuk mencapai bukit ini, wisatawan bisa menggunakan Bergbahn Railway Tram. Objek wisata lainnya adalah Church of The Holy Spirit, Carl Bosch Museum, Kurpfälzisches Museum, Heiligenberg, dan Philosophers' Walk (Philosophenweg) yang terletak di tepi Pegunungan Heiligenberg. Untuk mencapai destinasi ini, pengunjung bisa menggunakan kereta maupun bis dari Frankfurt serta Stuttgart.


6. Hamburg

Hamburg, Jerman
Speicherstadt, Hamburg, Jerman
Destinasi wisata keenam adalah Hamburg, kota terbesar kedua di Jerman setelah Berlin. Selain sebagai kota, Hamburg juga merupakan sebuah state, serupa dengan Berlin. Kota ini terletak di Jutland Peninsula, wilayah utara Jerman. Sungai Elbe mengalir melalui kota ini sebelum akhirnya bermuara di North Sea. Karena letaknya berdekatan dengan laut, Hamburg memiliki banyak kanal dan menjadi kota pelabuhan penting di negara Jerman. Jumlah penduduk kota ini sekitar 1,7 juta jiwa pada tahun 2015. Salah satu perguruan tinggi terkenal dunia, University of Hamburg, juga terletak di kota ini. Landmark dan objek wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan di Hamburg antara lain Port Hamburg, Rathaus (Town Hall), St. Michael’s Church, Miniatur Wunderland, Planten un Blomen Park, Danau Außenalster, Jungfernstieg Boulevard, dan Speicherstadt (Warehouse District) yang merupakan UNESCO World Heritage Site.

7. Dresden

Dresden, Jerman
Hofkirche, Dresden, Jerman
Destinasi wisata ketujuh adalah Dresden, ibu kota state Saxony. Kota ini terletak di lebah Sungai Elbe, di wilayah timur Jerman, tidak jauh dari perbatasan Jerman – Republik Ceko. Jumlah penduduk kota ini sekitar 536 ribu jiwa pada tahun 2015. Dresden memiliki sejarah panjang sebagai kota kediaman resmi para Prince-Elector dan keluarga Kerajaan Saxony. Kota ini dijuluki sebagai Jewel Box karena memiliki berbagai bangunan indah dengan arsitektur baroque (khas abad ke-17) dan rococo (khas abad ke-18). Salah satu perguruan tinggi terkenal Jerman, Dresden University of Technology, terletak di kota ini. Landmark dan objek wisata utama di Dresden antara lain Dresden Frauenkirche, Gemäldegalerie Alte Meister (Old Masters Gallery), Grünes Gewölbe (Green Vault), Brühl's Terrace, Dresden Castle, Semperoper, dan Yenidze.

8. Nuremberg

Nuremberg, Jerman
Nuremberg, Jerman
Destinasi wisata kedelapan adalah Nuremberg, sebuah kota yang terletak di state Bavaria. Kota ini terletak di wilayah selatan Jerman, tepatnya di tepi Sungai Pegnitz dan Jalur Sungai Rhine-Main-Danube. Dari Munich, Nuremberg berjarak sekitar 170 km ke sebelah. Jumlah penduduk kota ini sekitar 517 ribu jiwa pada tahun 2015. Nuremberg memiliki peran penting dalam sejarah Nazi Jerman. Di kota inilah Partai Nazi mengadakan konvensi partai terbesar yang dikenal dengan nama Nuremberg Rally. Bekas lokasi konvensi tersebut saat ini menjadi salah satu atraksi wisata populer yang dikenal dengan nama Nazi Party Rally Grounds. Old Town (Altstadt) juga merupakan salah satu area yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Landmark dan objek wisata utama lainnya antara lain Nuremberg Castle, Albrecht Dürer’s House, Hauptmarkt, Schöner Brunnen, Gothic Lorenzkirche, Germanisches Nationalmuseum, dan Nuremberg State Theatre.


Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang 8 destinasi wisata di Jerman - bagian 1 yang sering dikunjungi oleh para traveler. Destinasi wisata selanjutnya di negara ini, bisa dibaca di 8 Destinasi Wisata di Jerman – Bagian 2. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar