Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Oktober 10, 2016

8 Destinasi Wisata di Italia yang Wajib Kamu Kunjungi

Salam Traveling!

Setelah Austria, Swiss, dan Prancis, sekarang kita menuju ke negara tujuan wisata selanjutnya di Eropa, yaitu Italia.

Italia (Republik Italia / Republicca Italiana) merupakan sebuah negara Uni Eropa (EU) yang terletak di wilayah Eropa Selatan. Negara ini membentang mulai dari Pegunungan Alpen di sebelah utara hingga ke Laut Mediterania di sebelah selatan. Di sebelah utara, negara ini berbatasan dengan Prancis, Swiss, Austria, dan Slovenia. Wilayah Italia juga meliputi pulau Sisilia (Sicily) dan Sardinia yang terletak di Laut Mediterania, serta exclave Campione d’Italia yang terletak di wilayah Swiss. Mont Blanc/Monte Bianco, salah satu puncak tertinggi di Eropa, terletak di perbatasan Italia dan Prancis. Ibu kota negara ini terletak di Roma. Bahasa resmi yang digunakan adalah Bahasa Italia (Italiano) dan mata uang resminya adalah Euro (EUR). Bandara internasional utama di negara ini adalah Malpensa International Airport (MXP) di Milan, dan Leonardo da Vinci International Airport (FCO) di Roma.

Beberapa destinasi wisata utama yang sering dikunjungi oleh para traveler di Italia antara lain :

1. Venezia (Venice)

Venezia, Italia
Venezia - foto oleh Juliette Gibert
Venezia merupakan ibu kota region Veneto, sebuah region yang terletak di wilayah utara Italia. Secara geografis, kota ini terletak di sebuah lagoon (danau tepi laut), yang disebut Venetian Lagoon, di antara 2 muara sungai yaitu Po dan Piave. Jumlah penduduk kota ini sekitar 264 ribu jiwa pada tahun 2014. Area Venezia terdiri atas sekitar 117 pulau kecil yang dipisahkan oleh ratusan kanal, dan dihubungkan oleh ratusan jembatan. Sama seperti Amsterdam, kanal-kanal di Venezia juga merupakan objek wisata favorit para wisatawan karena keindahan panoramanya, dipadu dengan arsitektur dan karya-karya seni yang ada di kota ini. Kanal utama yang sering dikunjungi adalah Grand Canal yang bisa ditelusuri dengan perahu tradisional Italia, yang disebut gondola. Selain kanal, landmark lainnya di Venezia antara lain Piazza San Marco, La Fenice, dan San Giorgio Maggiore Island. Dari Roma, kota ini bisa dicapai dengan menggunakan kereta maupun pesawat udara melalui bandara Marco Polo International Airport (VCE). Untuk lebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata Venezia.

2. Roma (Rome)

Roma, Italia
Sant' Angelo Bridge, Roma
Roma merupakan ibu kota negara sekaligus kota terbesar di Italia. Secara geografis, kota ini terletak di wilayah tengah Italia, di tepi Sungai Tevere (Tiber). Roma merupakan commune khusus yang disebut Roma Capitale, serta merupakan pusat region Lazio. Jumlah penduduk kota ini sekitar 2,9 juta jiwa pada tahun 2015. Sama seperti Paris dan London, Roma juga merupakan salah satu kota tertua di dunia. Menurut sejarah, kota ini telah dibangun sejak tahun 753 sebelum masehi oleh Bangsa Latin. Di wilayah Roma terdapat negara Vatikan (Vatican City), yang merupakan negara berdaulat terkecil di dunia. Landmark dan objek wisata utama di kota ini antara lain Colosseum, Pantheon, Trevi Fountain, Gereja Basilica San Paolo, Palazzo Venezia, dan Villa Borghese. Di kota ini juga terdapat Moschea di Roma (Mosque of Rome) yang merupakan masjid terbesar di wilayah Eropa.

3. Cinque Terre

Cinque Terre, Italia
Cinque Terre
Cinque Terre merupakan area perbukitan di sepanjang tepi pantai Italian Riviera (Riviera ligure). Area ini terletak di region Liguria, tepat di sebelah barat kota La Spezia. Dalam Bahasa Italia, Cinque Terre berarti "Five Lands" atau "Lima Daratan". Dinamakan demikian, karena area ini terdiri atas 5 desa yaitu Monterosso al Mare, Vernazza, Corniglia, Manarola, dan Riomaggiore. Seluruh wilayah desa-desa tersebut, beserta area pantai dan perbukitan di sekitarnya, merupakan bagian dari Cinque Terre National Park. Taman nasional ini dimasukkan ke dalam daftar UNESCO World Heritage Site pada tahun 1997. Untuk mencapai Cinque Terre, cara yang umum digunakan adalah dengan menggunakan kereta khusus dari La Spezia, kota terdekat dengan area ini. Dan untuk mencapai La Spezia, wisatawan bisa menggunakan kereta lokal dari Genoa, maupun kereta antar kota dari Milan, Roma, Turin, dan Tuscany.

4. Firenze (Florence)

Firenze, Italia
Firenze - foto oleh Steve Hersey
Firenze (Florence) merupakan ibu kota region Tuscany, sebuah region yang terletak di wilayah tengah Italia. Secara geografis, kota ini terletak di lembah Sungai Arno, dan dikelilingi oleh wilayah perbukitan Careggi, Fiesole, Settignano, Arcetri, Poggio Imperiale, dan Bellosguardo. Jumlah penduduk kota ini sekitar 382 ribu jiwa pada tahun 2015. Sama seperti Roma dan Venezia, sebagian besar area Firenze juga termasuk dalam daftar UNESCO World Heritage Site, serta merupakan destinasi wisata yang selalu dikunjungi oleh jutaan wisatawan setiap tahunnya. Landmark dan objek wisata tersebut antara lain Palazzo Vecchio, Santa Maria del Fiore (The Duomo), Uffizi Gallery, Ponte Vecchio, Boboli Gardens, Piazza della Repubblica, dan Via de’ Turnabuoni. Dari Roma, Firenze bisa dicapai dengan menggunakan kereta melalui Stasiun Santa Maria Novella, atau dengan pesawat udara melalui bandara Florence Airport.

5. Sicilia (Sicily)

Sicilia, Italia
Cefalu, Sicilia
Sicilia merupakan satu dari dua pulau milik negara Italia yang terletak di Laut Mediterania, tepatnya di ujung selatan negara ini. Pulau Sicilia merupakan pulau terbesar dari semua pulau di wilayah Laut Mediterania. Wilayah pulau ini beserta pulau-pulau kecil di sekitarnya, membentuk satu region yang disebut Regione Siciliana, dengan ibu kota Palermo. Dengan Semenanjung Italia, Pulau Sicilia dipisahkan oleh Selat Messina. Jumlah penduduk pulau ini sekitar 5 juta jiwa pada tahun 2015. Puncak tertinggi di pulau ini adalah Mount Etna, yang juga merupakan gunung vulkanik tertinggi di Eropa (3.329 m). Di pulau juga terdapat beberapa sungai, yang terkenal antara lain Salso (144 km), Alcantara (52 km), dan Simeto (113 km). Landmark dan objek wisata utama di pulau ini antara lain Valle dei Templi, Villa Romana del Casale, Kepulauan Aeolia, dan Val di Noto. Dengan daratan utama Italia, Pulau Sicilia bisa dicapai dengan menggunakan ferry melalui pelabuhan Messina, Palermo, dan Catania.

6. Milan

Navigli, Milan
Milan merupakan ibu kota region Lombardy, region yang terletak di wilayah utara Italia. Secara geografis, kota ini terletak di wilayah barat-laut Lembah Po. Di sebelah utara kota ini terletak Sungai Po, di sebelah selatan merupakan wilayah kaki Pegunungan Alpen dengan 3 danau utamanya (Como, Maggiore, dan Lugano), di sebelah barat terdapat Sungai Ticino, dan di sebelah timur terdapat Sungai Adda. Jumlah penduduk kota ini sekitar 1,3 juta jiwa pada tahun 2015. Milan terkenal sebagai kota pusat mode dan fashion dunia. Kota ini juga merupakan kota asal 2 klub sepak bola utama Eropa, yaitu AC Milan dan FC Internazionale. Landmark dan objek wisata utama di Milan antara lain Sforza Castle, Milan Cathedral, Porta Sempione, Galleria Vittorio Emanuele II, Bosco Verticale, Aulenti Square, dan Navigli. Dari Roma, kota ini bisa dicapai dengan kereta maupun pesawat udara.

7. Napoli (Naples)

Napoli, Italia
Napoli
Napoli merupakan ibu kota region Campania, sebuah region yang terletak di wilayah pantai barat Italia. Secara geografis, kota ini terletak di tepi Teluk Napoli, sebuah teluk yang menghadap ke Laut Mediterania. Wilayah Napoli terletak di antara 2 region vulkanik, Mount Vesuvius dan Campi Flegrei. Jumlah penduduk kota ini sekitar 975 ribu jiwa pada tahun 2015. Napoli merupakan kota terbesar ketiga di Italia setelah Roma dan Milan. Landmark utama di kota ini antara lain Museum Arkeologi Nasional Napoli, Teatro di San Carlo, Piazza del Plebiscito, San Francesco di Paola, dan Villa Comunale. Area Old Town Napoli, yang didominasi oleh bangunan-bangunan Medieval, Renaissance, dan Baroque, dimasukkan ke dalam UNESCO World Heritage Site pada tahun 1995. Dari Roma, kota ini bisa dicapai dengan menggunakan kereta melalui stasiun Napoli Centrale.

8. Pisa

Pisa - foto oleh José Luiz
Pisa merupakan sebuah kota yang terletak di region Tuscany, sama seperti Firenze. Secara geografis, kota ini terletak di sepanjang Sungai Arno, wilayah pantai barat Italia. Sungai Arno tersebut kemudian mengalir ke Laut Tyrrhenian, yang juga merupakan bagian dari Laut Mediterania. Jumlah penduduk kota ini sekitar 90 ribu jiwa pada tahun 2015. Di seluruh dunia, Pisa dikenal dengan Menara Miring Pisa (Leaning Tower of Pisa), sebuah menara lonceng (bell tower) berwarna putih yang telah dibangun sejak abad ke-12. Menara tersebut terletak di Piazza dei Miracoli, memiliki ketinggian 56 meter dan kemiringan 5,5°. Selain Menara Pisa, landmark utama lainnya di kota ini antara lain Campo Santo, Piazza dei Cavalieri, Museo Nazionale di San Matteo, dan Villa di Corliano. Dari Firenze, Pisa bisa dicapai dengan menggunakan kereta melalui stasiun Pisa Centrale.

Nah teman-teman, itulah 8 destinasi wisata utama yang sering dikunjungi oleh para traveler di Italia. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

1 komentar:

  1. min infonya dong din Roma ada tempat penginapaan yg murah dimana nya ya? rencana pengen liburan kesana cuma masih cari-cari info nih min
    btw makasih min buat infonya

    BalasHapus