Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Agustus 31, 2015

10 Tempat Wisata Favorit di Jawa Barat

Salam Traveling!

Setelah Jakarta, sekarang kita menuju ke provinsi selanjutnya di Indonesia, yaitu Jawa Barat.

Jawa Barat merupakan sebuah provinsi yang terletak di wilayah barat Pulau Jawa. Ibu kota provinsi ini terletak di Bandung. Selain Bandung, 3 kota utama di provinsi ini adalah Depok, Bogor,dan Bekasi. Tetapi ketiga kota tersebut sering digabungkan dalam wilayah Jabodetabek (Jakarta – Bogor – Depok – Tangerang - Bekasi). Provinsi ini berbatasan dengan Jakarta dan Banten di sebelah barat, dengan Jawa Tengah di sebelah timur, dengan Laut Jawa di sebelah utara, dan dengan Samudra Hindia di sebelah selatan. Bandara utama di provinsi ini adalah Husein Sastranegara International Airport (BDO) yang terletak di Bandung.

Apa saja tempat wisata menarik yang ada di Jawa Barat? Berikut 10 di antaranya:

1. Gedung Sate

Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat
Gedung Sate - foto oleh ITENAS Bdg
Gedung Sate adalah gedung publik yang terletak di Jalan Diponegoro, Kota Bandung. Gedung ini dibangun pada tahun 1920 oleh seorang arsitek Belanda, dengan perbaduan arsitektur asli Indonesia dan Neoclassic. Dinamakan Gedung Sate karena di bagian puncak atap gedung terdapat sebuah ornamen yang menyerupai tusuk sate. Pada saat dibangun, gedung ini digunakan sebagai kantor Departemen Transportasi dan Manajemen Air oleh pemerintah Hindia Belanda. Saat ini, Gedung Sate digunakan sebagai kantor gubernur Jawa Barat sekaligus objek wisata utama di Bandung, Jawa Barat.


2. Gunung Tangkuban Perahu

Tangkuban Perahu, Jawa Barat
Gunung Tangkuban Perahu
Gunung Tangkuban Perahu merupakan gunung vulkanik yang terletak sekitar 30 km di sebelah utara kota Bandung. Gunung setinggi 2.084 meter ini merupakan gunung api aktif dan relatif sering mengalami erupsi, terakhir terjadi tahun 2015. Meski demikian, Tangkuban Perahu merupakan salah satu tujuan wisata favorit terutama bagi pecinta hiking. Dalam Bahasa Sunda, nama Tangkuban Perahu berart perahu yang terbalik, yang merujuk pada legenda rakyat Sangkuriang dan Dayang Sumbi. Di bagian tepi kawah gunung ini terdapat mata air panas dan aliran lumpur panas. Pengunjung umumnya bisa merebus telur di mata air panas tersebut.


3. Taman Safari Bogor

Taman Safari Bogor, Jawa Barat
Taman Safari Bogor - foto oleh Arisdp
Sesuai namanya, Taman Safari Bogor merupakan taman safari yang terletak di Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Taman Safari ini merupakan 1 dari 3 taman safari yang ada di Indonesia, 2 taman safari lainnya terletak di Pasuruan, Jawa Timur, dan di Pantai Marina, Bali. Taman Safari Bogor pertama kali dibuka pada tahun 1990. Taman ini memiliki luas sekitar 170 hektar serta memiliki koleksi lebih dari 2.500 satwa. Beberapa hewan utama antara lain harimau, beruang matahari, jerapah, rusa, orang utan, kuda nil, zebra, macan tutul, gajah, dan komodo.


4. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan, Jawa Barat
Gunung Papandayan - foto oleh Kondephy
Selain Gunung Tangkuban Perahu, di Jawa Barat ada juga Gunung Papandayan yang terletak di Kabupaten Garut. Dari pusat kota Garut, gunung ini berjarak sekitar 15 km d sebelah barat laut. Gunung Papandayan juga merupakan gunung vulkanik yang memilki ketinggian 2.666 meter dari permukaan laut. Di bagian kawah gunung terdapat 4 kawah besar yang mengeluarkan gas sulfur. Gunung ini memiliki 2 puncak, yang disebut Papandayan dan Gunung Puntang. Kedua puncak tersebut dipisahkan oleh kawah yang sangat luas yang disebut Kawah Alun-Alun.


5. Situ Patenggang

Situ Patenggang, Jawa Barat
Situ Patenggang - foto oleh Crisco 1492
Situ Patenggang atau Situ Patengan adalah sebuah danau yang terletak di Desa Ciwidey, wilayah selatan Kota Bandung, Jawa Barat. Dari pusat kota Bandung, danau ini berjarak sekitar 35 km. Situ Patenggang berada pada ketinggian sekitar 1.600 meter serta dikelilingi oleh perkebunan teh yang hijau. Luas danau ini sekitar 45 ribu hektar dan luas keseluruhan cagar alam danau ini mencapai 123 ribu hektar. Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau kecil yang disebut Pulau Sasaka. Tidak jauh dari danau ini, terdapat wisata alam yang juga sering dikunjungi, yaitu Kawah Putih.


6. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor, Jawa Barat
Kebun Raya Bogor - foto oleh Hiroshi Sanjuro
Kebun Raya Bogor atau Bogor Botanical Garden merupakan sebuah kebun botani yang terletak di Jalan Ir. Haji Juanda, Bogor, Jawa Barat. Dari Jakarta, tempat wisata ini berjarak sekitar 60 km di sebelah selatan. Kebun botani seluas 87 hektar ini pertama kali dibangun pada tahun 1817 oleh pemerintah Hindia Belanda. Saat ini, di Kebun Raya Bogor terdapat sekitar 13.983 tumbuhan yang berasal dari berbagai wilayah di dunia. Di kebun ini juga terdapat beberapa tumbuhan bunga bangkai dan aneka macam anggrek. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore.


7. Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas, Jawa Barat
Kebun Raya Cibodas
Kebun Raya Cibodas (Cibodas Botanical Garden) merupakan kebun botani yang terletak di Kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango, Desa Cimacan, Cianjur, Jawa Barat. Kebun raya ini terletak di perbukitan pada ketinggian 1.275 meter dari permukaan laut sehingga memiliki suhu udara yang sangat sejuk, sekitar 17 – 27 derajat Celcius. Kebun Raya Cibodas pertama kali didirikan pada tahun 1852 sebagai bagian dari Kebun Raya Bogor. Kebun raya ini dikhususkan bagi tumbuhan basah tropis khas dataran tinggi seperti tumbuhan runjung, tusam, dan paku-pakuan. Di kebun raya ini juga terdapat air terjun dan taman lumut yang memiliki ratusan jenis lumut dari seluruh dunia.


8. Kawah Putih

Kawah Putih, Jawa Barat
Kawah Putih - foto oleh Crisco 1492
Kawah Putih merupakan danau vulkanik yang terletak di Gunung Patuha, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Disebut Kawah Putih karena air di danau ini berwarna putih kebiruan akibat pengaruh sulfur. Warna air danau tersebut bisa berubah menjadi putih kehijaun hingga coklat, bergantung pada konsentrasi sulfur. Pasir dan batu-batuan di sekitar kawah ini juga berubah warna menjadi putih karena kontaminasi sulfur dari air danau. Kawah Putih berada pada ketinggian 2.430 meter dari permukaan laut. Area danau ini dikelilingi oleh hutan dan dinding batu-batuan besar. Dari pusat kota Bandung, tempat wisata ini berjarak sekitar 50 km dan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam.


9. Istana Bogor

Istana Bogor, Jawa Barat
Istana Bogor - foto oleh Michael J. Lowe
Istana Bogor merupakan salah satu Istana Kepresidenan yang terletak di sebelah Kompleks Kebun Raya Bogor, Jawa Barat. Bangunan ini pertama kali dibangun pada tahun 1744 sebagai tempat tinggal Gubernur-Jenderal Hindia Belanda. Luas keseluruhan kompleks istana sekitar 28,4 hektar. Yang unik dari istana ini adalah di bagian taman sering terlihat kawanan rusa. Rusa-rusa tersebut berasal dari India dan Nepal yang dibawa ke taman istana ini. Istana ini sering digunakan pada masa pemerintahan Presiden Soekarno hingga tahun 1967. Pada tahun 1968, atas izin Presiden Soeharto, istana ini dibuka untuk publik dan bisa dikunjungi sebagai tempat wisata hingga saat ini.


10. Masjid Raya Bandung

Masjid Raya Bandung
Masjid Raya Bandung
Tempat wisata terakhir adalah Masjid Raya Bandung, yang terletak di Jl. Asia Afrika, Alun-Alun Kota Bandung. Masjid ini pada awalnya adalah sebuah masjid kayu yang dibangun pada tahun 1812. Pada tahun 2001 hingga 2003, bangunan masjid direnovasi total sehingga menjadi Masjid Raya Bandung seperti yang tampak saat ini. Masjid ini memiliki 3 kubah, 2 menara dengan tinggi masing-masing 81 meter, dan daya tampung hingga 13.000 jamaah. Sebelum menjadi Masjid Raya Bandung, masjid ini bernama Masjid Agung Bandung. Pada tahun 2004, masjid ini mendapat status sebagai masjid provinsi dan namanya diubah menjadi Masjid Raya Bandung.


Nah, itulah 10 tempat wisata favorit yang serng dikunjungi oleh para traveler di Jawa Barat. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!


Indeks Artikel





Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar