Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

September 17, 2017

7 Destinasi Wisata di Finlandia yang Wajib Kamu Kunjungi

Salam Traveling!

Setelah Denmark dan Swedia, sekarang kita menuju ke negara ketiga di Skandinavia, yaitu Finlandia.

Finlandia (Suomi / Republik Finlandia) merupakan negara yang letaknya paling timur di region Skandinavia. Secara geografis, negara ini terletak di Semenanjung Fennoskandia dan Skandinavia. Di sebelah timur, Finlandia berbatasan dengan Rusia; di sebelah utara dengan Norwegia; di sebelah barat dengan Swedia; dan di sebelah selatan dengan Teluk Finlandia. Ibu kota dan kota terbesar di negara ini terletak di Helsinki. Bahasa resmi yang digunakan oleh penduduk adalah Bahasa Finlandia (Suomi), Swedia, dan Sami. Mata uang resminya adalah Euro (EUR). Bandara internasional utama di negara ini adalah Helsinki International Airport (HEL) yang terletak di Vantaa, sekitar 17 km dari pusat kota Helsinki.

Berikut beberapa destinasi wisata utama yang sering dikunjungi oleh para traveler di Finlandia:

1. Helsinki

Helsinki, Finlandia
Suomenlinna, Helsinki - foto oleh Michal Pise
Destinasi wisata pertama adalah Helsinki, ibu kota negara sekaligus kota terbesar di Finlandia. Secara geografis, kota ini terletak di ujung selatan Finlandia, tepat di tepi Teluk Finlandia, yang merupakan bagian dari Laut Baltik. Helsinki termasuk dalam region Uusimaa. Jumlah penduduk kota ini sekitar 629 ribu jiwa pada tahun 2016. Jika dilihat dari sisi historis, Helsinki memiliki hubungan erat dengan tiga kota besar yaitu: Tallinn di Estonia; Stockholm di Swedia; dan St. Petersburg di Rusia. Saat ini area metropolitan Hesinki juga meliputi beberapa kota di sekitarnya yaitu Espoo, Vantaa, dan Kauniainen. Beberapa landmark utama di kota ini antara lain Suomenlinna yang merupakan UNESCO World Heritage Site, Helsinki Cathedral, Helsinki City Hall, Classical Art Museum Ateneum, Kiasma Museum of Contemporary Art, dan Aurinkolahti Beach. Selain melalui bandara Helsinki International Airport (HEL), untuk mencapai kota ini wisatawan juga bisa menggunakan jasa penyeberangan ferry dari beberapa kota di sekitar Laut Baltik seperti Tallinn, Stockholm, Gdynia, Rostock, dan St. Petersburg.

2. Rovaniemi

Rovaniemi, Finlandia
Aurora Borealis, Rovaniemi - foto oleh Tarja Mitrovic
Destinasi wisata kedua adalah Rovaniemi, ibu kota region Lapland, region paling utara di wilayah Finlandia. Secara geografis, kota ini terletak di antara perbukitan Ounasvaara dan Korkalovaara, serta di persimpangan Sungai Kemijoki dan Ounasjoki. Jumlah penduduk kota ini sekitar 62 ribu jiwa pada tahun 2016. Dari Lingkaran Arktik, Rovaniemi hanya berjarak sekitar 6 km ke sebelah selatan. Karena letaknya itulah, kota ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan Aurora Borealis atau Northern Lights di musim dingin. Selain aurora, objek wisata lainnya di Rovaniemi antara lain Santa Claus Village, Santa Park, Arktikum House, Jätkänkynttilä Bridge, Rovaniemi Town Hall, dan Ounasvaara Ski Centre. Untuk mencapai kota ini, wisatawan bisa menggunakan kereta dari beberapa kota besar di Finlandia seperti Helsinki, Oulu, Tampere, dan Turku.

3. Turku

Turku, Finlandia
Musim gugur di Turku - foto oleh Andrei Niemimäki
Destinasi wisata ketiga adalah Turku, kota pelabuhan yang terletak di tepi Laut Baltik. Turku merupakan ibu kota region Varsinais-Suomen (Southwest Finland). Secara geografis, kota ini terletak di muara Sungai Aura, wilayah barat-daya Finlandia. Jumlah penduduk kota ini sekitar 186 ribu jiwa pada tahun 2016. Menurut sejarah, Turku telah dibangun menjadi kota sejak abad ke-13, yang menjadikan kota ini sebagai kota tertua di Finlandia. Karena memiliki sejarah yang panjang, pada tahun 2011 kota ini dinobatkan sebagai European Capital of Culture. Selain itu, karena letaknya yang strategis di tepi Laut Baltik, Pelabuhan Turku menjadi salah satu pelabuhan penting di wilayah Skandinavia. Beberapa landmark utama di kota ini antara lain Turku Castle, Turku Cathedral, Per Brahe, medieval Market, dan Sungai Aura. Dari Helsinki dan Tampere, Turku bisa dicapai dengan menggunakan kereta.

4. Tampere

Tampere, Finlandia
Vanha kirkko, Tampere
Destinasi wisata keempat adalah Tampere, kota metropolitan yang juga terletak di wilayah selatan Finlandia. Kota ini termasuk dalam wilayah region Pirkanmaa. Secara geografis, Tampere terletak di antara dua danau yaitu Näsijärvi dan Pyhäjärvi. Kedua danau tersebut memiliki selisih ketinggian 18 meter, sehingga pada abad ke-15 dibangunlah sebuah sungai buatan yang dikenal dengan nama Tammerkoski. Sungai tersebut telah menjadi pusat pembangkit listrik utama di kota ini. Selain itu, di masa lampau Tampere juga merupakan pusat industri sehingga sering dijuluki sebagai „Manchester of Finland“. Jumlah penduduk kota ini sekitar 225 ribu jiwa pada tahun 2016. Beberapa landmark utama di kota ini antara lain Vanha kirkko, Tampere Cathedral, Tampere City Hall, Tampere Theatre, dan Särkänniemi Amusement Park. Dari Helsinki dan Turku, Tampere berjarak sekitar 160 km dan dapat dicapai dengan kereta maupun bis.

5. Kuusamo

Kuusamo, Finlandia
Kuusamo
Destinasi wisata kelima adalah Kuusamo, sebuah kota kecil yang terletak di region Pohjois-Pohjanmaan (Northern Ostrobothnia), wilayah utara Finlandia. Kota ini berbatasan dengan Republik Karelia, Rusia. Jumlah penduduk kota ini hanya sekitar 15 ribu jiwa pada tahun 2016. Kuusamo merupakan salah satu destinasi wisata favorit bagi pencinta ski dan olah raga musim dingin. Di kota ini terdapat salah satu ski resort terbesar di Finlandia, yaitu Ruka (Rukatunturi). Letaknya yang tidak jauh dari Lingkaran Kutub Utara, menyebabkan Kuusamo selalu tertutup salju tebal pada musim dingin. Selain ski, Kuusamo juga terkenal dengan wisata budaya suku Sami, salah satu suku tradisional yang mendiami wilayah sekitar Arktik, termasuk di antaranya wilayah Kuusamo. Dari Oulu dan Rovaniemi, Kuusamo bisa dicapai dengan menggunakan bis. Sedangkan dari Helsinki, kota ini bisa dicapai dengan pesawat udara melalui Kuusamo Airport (KAO).

6. Oulanka National Park

Oulanka National Park, Finlandia
Oulanka National Park - foto oleh Lysy
Destinasi wisata keenam adalah Oulanka National Park (Oulangan kansallispuisto), taman nasional yang terletak di wilayah utara Finlandia. Wilayah taman nasional ini terletak di 2 region: Lapland dan Northern Ostrobothnia. Di sebelah timur, area Oulanka langsung berbatasan dengan Paanajärvi National Park, Rusia. Taman nasional ini pertama kali diresmikan pada tahun 1956 di area seluas 270 km persegi. Suku tradisional Sami telah mendiami wilayah ini hingga akhir abad ke-17. Saat ini, aktivitas di Oulanka sebagian besar didominasi oleh pariwisata. Area taman nasional ini sebagian besar berupa hutan pinus, aliran sungai dan lembah sungai berpasir. Dari Kuusamo, Oulanka hanya berjarak sekitar 53 km dan dapat dicapai melalui jalur darat.

7. Oulu

Oulu, Finlandia
Oulu Cathedral, Oulu
Destinasi wisata ketujuh adalah Oulu, kota terbesar di wilayah utara Finlandia. Secara geografis, kota ini terletak di tepi Teluk Bothnia, region Northern Ostrobothnia. Oulu merupakan kota terbesar kelima di negara ini dengan jumlah penduduk sekitar 198 ribu jiwa pada tahun 2016. Bersama dengan Murmansk (Rusia) kedua kota ini menjadi kota metropolitan yang letaknya paling utara di bumi. Pelabuhan Oulu merupakan merupakan salah satu pelabuhan tersibuk di Teluk Bothnia dan Laut Baltik. Bandara Oulu (OUL) juag merupakan bandara terbesar kedua di Finlandia. Selain itu, dari Helsinki kota ini juga bisa dicapai dengan kereta VR dan membutuhkan waktu tempuh sekitar 5,5 jam. Landmark utama di kota ini antara lain Oulu City Hall, Oulu Cathedral, Oulu Market Hall, Rotuaari, Nalikari, dan Mannerheim Park.

Nah teman-teman, itulah sekilas informasi tentang beberapa destinasi wisata di Finlandia yang wajib kalian kunjungi. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar