Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Februari 14, 2018

7 Destinasi Wisata Cantik di Slovenia yang Wajib Kalian Kunjungi

Salam Traveling!

Masih di Eropa Tengah, setelah Austria, Ceko, dan Hongaria, sekarang kita menuju ke negara selanjutnya, yaitu Slovenia.

Slovenia (Slovenija) merupakan sebuah negara republik yang terletak di region Eropa Tengah, tepat di persimpangan jalur perdagangan dan kebudayaan Eropa. Negara ini berbatasan dengan Italia di sebelah barat, dengan Austria di sebelah utara, dengan Hongaria di timur-laut, dengan Kroasia di sebelah timur dan selatan, serta dengan Laut Adriatik di barat-daya. Berbeda dengan negara-negara sebelumnya yang telah lama merdeka, Slovenia baru menjadi negara berdaulat sejak tahun 1991. Sebelumnya, negara ini merupakan bagian dari negara Yugoslavia. Saat ini, ibu kota negara Slovenia terletak di Ljubljana. Bahasa resmi yang digunakan oleh penduduk adalah Bahasa Slovenia (Slovenščina). Karena merupakan anggota Uni Eropa, Slovenia menggunakan mata uang Euro (EUR). Bandara internasional utama di negara ini adalah Ljubljana Jože Pučnik Airport (LJU) yang terletak di Brnik, sekitar 24 km dari pusat kota Ljubljana.

Berikut beberapa destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh para traveler di Slovenia:

1. Bled

Bled, Slovenia
Danau Bled, Slovenia
Destinasi wisata pertama adalah Bled, kota kecil cantik yang terletak di tepi Danau Bled, wilayah barat-laut Slovenia. Kota ini berada pada ketinggian 507 meter serta termasuk dalam region Upper Carniolan. Bled terletak di kaki selatan Pegunungan Karawanks, di dekat perbatasan Slovenia – Austria. Jumlah penduduk kota ini sekitar 6.300 jiwa pada tahun 2002. Bled dan Danau Bled merupakan destinasi yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun internasional. Danau Bled sendiri merupakan danau gletser yang dihiasi dengan sebuah pulau kecil dan menara di bagian tengahnya. Di tepi danau ini terdapat Bled Castle, yang merupakan kastil tertua di Slovenia. Kota ini juga terkenal dengan wisata kuliner kremna rezina / kremšnita, sejenis kue kering dengan lapisan krim dan vanilla. Dari ibu kota negara, Ljubljana, Bled berjarak sekitar 54 km ke sebelah barat-laut, dan bisa dicapai dengan menggunakan bis.

2. Ljubljana

Ljubljana, Slovenia
Ljubljana, Slovenia - foto oleh Janez Kotar
Destinasi wisata kedua adalah Ljubljana, ibu kota negara sekaligus kota terbesar di Slovenia. Secara geografis, kota ini terletak di wilayah tengah Slovenia, di sepanjang Sungai Ljubljanica, di antara Pegunungan Southern Limestone Alps dan Pegunungan Karst. Jumlah penduduk kota ini sekitar 279 ribu jiwa pada tahun 2016. Sebagai ibu kota negara, Ljubljana telah menjadi pusat politik, ekonomi, pendidikan dan kebudayaan sejak negara ini mencapai kemerdekaan di tahun 1991. Beberapa landmark dan objek wisata utama di kota ini antara lain Ljubljana Castle, Tivoli City Park, Sungai Ljubljanica, Dragon Bridge, dan Metelkova. Stasiun kereta utama di Ljubljana ini adalah Železniška postaja Ljubljana, yang menghubungkan kota ini dengan Trieste, Frankfurt, Munich, Zurich, Praha, Wina, Graz, Budapest, Zagreb, dan Belgrade.

3. Slovene Istria

Istria, Slovenia
Slovene Istria
Destinasi wisata ketiga adalah Slovene Istria (Slovenska Istra), sebuah region yang terletak di wilayah barat-daya Slovenia. Istria sendiri sebenarnya merupakan sebuah semenanjung di Laut Adriatik. Sebagian besar semenanjung tersebut termasuk dalam wilayah negara Kroasia. Hanya sebagian kecil di ujung utara yang termasuk dalam wilayah Slovenia. Beberapa kota utama di Slovene Istria antara lain Koper, Izola, Piran, dan Portorož. Jumlah penduduk di region ini sekitar 93 ribu jiwa pada tahun 2002. Karena letaknya di tepi Laut Adriatik, region ini juga sering dijuluki sebagai Slovene Riviera atau Slovenska obala. Dengan garis pantai yang membentang sepanjang 43 km, di Slovene Istria terdapat berbagai teluk, semenanjung, tebing, inlet, serta cagar alam. Beberapa yang sering dikunjungi oleh wisatawan antara lain Semenanjung Piran, Teluk Koper, Semenanjung Ankaran, Sečovilje Salina Nature Park, dan Strunjan Nature Reserve. Untuk mencapai destinasi ini, pengunjung bisa menggunakan bis dari Ljubljana menuju ke Koper

4. Triglav National Park

Triglav National Park, Slovenia
Triglav National Park
Destinasi wisata keempat adalah Triglav National Park (Triglavski narodni park), satu-satunya taman nasional di Slovenia. Taman nasional ini terletak di wilayah barat-laut negara ini, tepatnya di area Pegunungan Julian Alps. Nama Triglav National Park diambil dari nama Mt. Triglav (2.864 m) yang juga merupakan puncak tertinggi di Slovenia. Taman nasional ini pertama kali diresmikan pada tahun 1924, tetapi saat itu masih merupakan bagian dari Alpine Conservation Park. Pada tahun 1961, nama taman nasional ini kemudian diganti menjadi Triglav National Park. Selain Mt. Triglav, bentang alam lainnya yang ada di area ini antara lain Mt. Mangart, Mt. Jalovec, Mt. Prisojnik, Mt. Špik, Lake Bohinj, Lake Krn, Savica Waterfall, Peričnik Waterfall, dan Tolmin Gorges. Taman nasional ini sangat populer bagi para hikers terutama di musim panas. Di sepanjang jalur hiking juga sudah dilengkapi dengan berbagai penginapan dan pondok peristirahatan. Dari Ljubljana, Triglav National Park berjarak sekitar 60 km serta bisa dicapai dengan menggunakan bis.

5. Kranjska Gora

Kranjska Gora, Slovenia
Kranjska Gora
Destinasi wisata kelima adalah Kranjska Gora, kota kecil cantik yang terkenal dengan wisata ski di musim dingin. Sama seperti Bled dan Triglav National Park, kota ini juga terletak wilayah barat-laut Slovenia. Wilayah kota ini juga di terletak di Pegunungan Julian Alps, serta di tepi Sungai Sava Dolinka. Jumlah penduduk kota ini sekitar 1.400 jiwa pada tahun 2012. Setiap tahunnya, di Kranjska Gora diadakan event FIS Alpine Ski World Cup, atau yang juga dikenal dengan nama Vitranc Cup. Di kota ini terdapat sekitar 18 jalur ski dengan ketinggian 800 meter hingga 1.215 meter, serta dilengkapi dengan fasilitas 6 chairlift dan 13 drag lift yang bisa digunakan oleh pengunjung. Salah satu jalur ski yang paling populer adalah Planica yang terletak di dekat Tamar Valley. Dari Ljubljana, Kranjska Gora berjarak sekitar 84 km dan bisa dicapai dengan menggunakan bis.

6. Maribor

Maribor, Slovenia
Lent, Maribor
Destinasi wisata keenam adalah Maribor, kota terbesar kedua di Slovenia setelah Ljubljana. Secara geografis, kota ini terletak di sepanjang Sungai Drava, wilayah timur-laut Slovenia. Di Sungai Drava sendiri terdapat sebuah pulau kecil yang dikenal dengan nama Mariborski otok (Maribor Island). Dari pusat kota, pulau tersebut berjarak sekitar 5 km serta terhubung dengan jalur jalan dan jembatan. Di pulau tersebut terdapat sebuah permandian umum yang tertua di negara ini. Jumlah penduduk Maribor sekitar 94 ribu jiwa pada tahun 2016. Di wilayah kota ini terdapat 2 bukit; Calvary Hill dan Pyramid Hill; keduanya dikelilingi oleh perkebunan anggur. Di ujung utara kota terdapat reruntuhan Maribor Castle yang telah dibangun sejak abad ke-11. Dari bukit tersebut, pengunjung bisa menikmati pemandangan kota Maribor serta pedesaan di sebelah selatan Sungai Drava. Beberapa landmark dan objek wisata di kota ini antara lain Lent (Old Vine), Pohorje Hill, Sungai Drava, Main Square dan City Hall, National Liberation Museum, Regional Museum , serta Maribor Art Gallery. Dari Ljubljana, Maribor berjarak sekitar 127 km serta bisa dicapai dengan menggunakan kereta.

7. Postojna

Postojna, Slovenia
Postojna Cave
Destinasi wisata terakhir kita kali ini adalah Postojna, sebuah kota kecil yang terletak di wilayah barat-daya Slovenia. Kota ini terletak di tepi Sungai Pivka, dengan jumlah penduduk sekitar 9.100 jiwa pada tahun 2012. Postojna terkenal dengan objek wisata Postojna Cave, sebuah gua kapur (karst) dengan saluran sepanjang lebih dari 24 km. Saluran gua tersebut merupakan yang terpanjang kedua di negara ini setelah Migovec Cave. Di dalam Postojna Cave terdapat banyak stalaktit dan stalakmit yang terbentuk akibat aktivitas Sungai Pivka. Di dalam gua ini juga terdapat jalur kereta sepanjang 5 km yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk menjelajahi beberapa area. Tidak jauh dari Postojna, terdapat objek wisata populer lainnya yaitu Predjama Castle, yang telah dibangun sejak abad ke-15 dan juga berada di dekat gua. Dari Ljubljana, Postojna berjarak sekitar 53 km serta bisa dicapai dengan menggunakan kereta maupun bis.

Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang destinasi wisata cantik di Slovenia yang wajib kalian kunjungi. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar