Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Maret 24, 2016

10 Destinasi Wisata Cantik di Jepang yang Wajib Kamu Kunjungi

Salam Traveling!

Salah satu negara di Asia Timur yang merupakan tujuan wisata favorit para traveler di seluruh dunia adalah Jepang, negara kepulauan yang sering dijuluki sebagai Negeri Matahari Terbit dan Negeri Sakura.

Jepang (Nippon atau Nihon) adalah negara maju yang berbentuk kepulauan yang terletak di Samudra Pasifik. Wilayah Jepang membentang mulai dari Laut Okhotsk di sebelah utara hingga ke Laut China Timur di sebelah selatan. Dengan Korea, Jepang dipisahkan oleh Laut Jepang. Kepulauan Jepang tersusun atas lebih dari 6.000 pulau yang sebagian besar merupakan daratan vulkanik. Empat pulau utamanya adalah Honshu, Hokkaido, Kyushu, dan Shikoku. Wilayah Jepang dibagi menjadi 8 region, dan 47 prefektur. Mata uang yang digunakan di negara ini adalah Yen (JPY) dan bahasa resmi yang digunakan oleh penduduk adalah Bahasa Jepang. Setidaknya, ada 3 bandara internasional utama di negara ini yaitu Haneda Airport (HND) dan Narita Airport (NRT) yang terletak di wilayah Tokyo, serta Kansai Airport (KIX) yang terletak di wilayah Osaka.

Lalu apa saja destinasi wisata favorit yang sering dikunjungi oleh para traveler di Jepang? Berikut 10 diantaranya:

1. Kyoto

Arashiyama, Kyoto
Arashiyama, Kyoto
Destinasi wisata pertama adalah Kyoto, kota seribu kuil sekaligus ibu kota Jepang selama lebih dari seribu tahun, sebelum dipindahkan ke Tokyo. Secara geografis, Kyoto terletak di region Kansai, di wilayah tengah Pulau Honshu. Kyoto juga merupakan merupakan ibu kota Prefektur Kyoto. Jumlah penduduk kota ini sekitar 1,4 juta jiwa pada tahun 2015. Dalam Bahasa Jepang “Kyoto” berarti “ibu kota” karena kota inilah yang merupakan ibu kota Jepang pertama kali. Kyoto juga dikenal sebagai City of Ten Thousand Shrines karena di kota ini terdapat banyak terdapat kuil Budha maupun Shinto yang terlah berumur ribuan tahun. Pada tahun 1994 oleh UNESCO, Kyoto dimasukkan ke dalam daftar World Heritage Site dengan nama Historic Monuments and Ancient Kyoto. Landmark dan objek wisata utama di Kyoto antara lain Kuil Kinkakuji, Kiyomizu-dera, Arashiyama, Fushimi Inari-taisha, dan Ryoan-ji. Untuk lebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata Kyoto.

2. Tokyo

Tokyo, Jepang
Tokyo - photo by Taro Tokyo
Destinasi wisata kedua adalah Tokyo, dengan ibu kota negara Jepang. Tokyo merupakan kota metropolitan terbesar di Jepang dengan jumlah penduduk lebih dari 13,5 juta jiwa pada tahun 2015. Dalam Bahasa Jepang nama Tokyo berarti “Ibu Kota Timur”. Sebelum menjadi ibu kota, dahulu Tokyo dikenal dengan nama Edo. Tokyo resmi menjadi ibu kota pada tahun 1868 saat Kekaisaran Meiji memindahkan pusat pemerintahan dari Kyoto ke Tokyo (Edo). Saat itulah nama Edo diubah menjadi Tokyo. Secara geografis Tokyo terletak di region Kanto, di wilayah tenggara Pulau Honshu. Wilayah Tokyo juga meliputi Kepulauan Izu dan Kepulauan Ogasawara. Landmark dan tempat wisata utama di Tokyo antara lain Tokyo Imperial Palace, Kuil Meiji, Kuil Sensoji, Ueno Park, dan Harajuku. Untuk lebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata Tokyo.

3. Osaka

Dotonburi, Osaka
Dotonburi, Osaka - photo by JKT-c
Destinasi wisata ketiga adalah Osaka, kota pelabuhan terbesar dan pusat perdagangan di Pulau Honshu. Osaka merupakan ibu kota Prefektur Osaka sekaligus merupakan kota terbesar kedua di Jepang setelah Tokyo. Jumlah penduduk kota ini lebih dari 2,6 juta jiwa pada tahun 2012. Secara geografis, Osaka terletak di region Kansai, di muara Sungai Yodo dan Teluk Osaka, wilayah tengah Pulau Honshu. Sejak Periode Edo, Osaka telah menjadi kota pusat perdagangan. Selain itu Osaka juga dijuluki sebagai “tenka no daidokoro” atau “dapur nasional” karena kota ini merupakan pusat perdagangan beras di seluruh wilayah Jepang. Landmark dan objek wisata utama di Osaka antara lain Universal Studios Japan, Tempozan Ferris Wheel, Osaka Castle, Osaka Aquarium Kaiyukan, Nakanoshima Park, Kuil Sanko, Kuil Shitennoji, Dotonbori, dan festival Tenjin Matsuri. Untuk lebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata Osaka.


4. Nagoya

Osu, Nagoya
Osu, Nagoya - photo by Bariston
Destnasi wisata keempat adalah Nagoya (Nagoya-shi), kota pusat industri dan manufaktur di Pulau Honshu. Nagoya merupakan ibu kota prefektur Aichi (Aichi-ken), serta merupakan kota terbesar ketiga di Jepang setelah Tokyo dan Osaka. Jumlah penduduk kota ini lebih dari 2,2 juta jiwa pada tahun 2015. Secara geografis, Nagoya terletak di Teluk Ise, region Chubu, wilayah tengah Pulau Honshu. Tiga orang samurai yang berhasil menyatukan Jepang: Oda Nobunaga, Toyotomi Hideyoshi, dan Tokugawa Ieyasu; berasal dari wilayah Nagoya. Sejak Restorasi Meiji, Nagoya telah menjadi pusat industri utama di Jepang. Dua produsen mobil ternama dunia, Toyota dan Mitsubishi, memiliki kantor pusat di Nagoya. Landmark dan objek wisata utama di kota ini antara lain Nagoya Castle, Kuil Atsuta, Tokugawa Art Museum, Nagoya City Art Museum, Oasis 21, Nagoya TV Tower, Nagoya Port, dan pusat perbelanjaan Osu. Lebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata Nagoya.

5. Fukuoka

Fukuoka
Fukuoka
Destinasi wisata kelima adalah Fukuoka (Fukuoka-shi), ibu kota Prefektur Fukuoka. Secara geografis, Fukuoka terletak di region Kyushu, di pantai utara Pulau Kyushu. Fukuoka merupakan kota terbesar di Pulau Kyushu, dengan jumlah penduduk lebih dari 1,4 juta jiwa pada tahun 2012. Fukuoka juga sering disebut dengan nama Dazaifu. Pelabuhan Hakata dan Fukuoka Airport (FUK), yang terletak di kota ini, merupakan pusat transportasi di Pulau Kyushu. Di wilayah barat kota ini terdapat objek wisata Sky Dream Fukuoka, sebuah ferris-wheel setinggi 120 meter. Landmark dan objek wisata lainnya antara lain Fukuoka Castle, Ohori Park, Kuil Kushida, Kuil Komyozen-ji, Canal City Hataka, Kyushu National Museum, Fukuoka Art Museum, Fukuoka Tower, Hakata Port Tower, dan Yatai (kedai makanan) yang menjual mie ramen Hakata. Di Fukuoka juga sering diadakan festival tradisional Jepang, yang paling terkenal adalah Hakata Dontaku dan Hakata Gion Yamasaka.

6. Sapporo

Hokkaido University, Sapporo
Hokkaido University, Sapporo - photo by 663highland
Destinasi wisata keenam adalah Sapporo, kota terbesar di Pulau Hokkaido. Sapporo merupakan ibu kota Prefektur Hokkaido. Secara geografis, kota ini terletak di Dataran Ishikari, di tepi Sungai Toyohira, wilayah barat Pulau Hokkaido. Sapporo merupakan kota terbesar keempat di Jepang setelah Tokyo, Osaka, dan Nagoya. Jumlah penduduk kota ini lebih dari 1,9 juta jiwa pada tahun 2013. Di dunia internasional, Sapporo terkenal dengan festival Yuki Matsuri atau Sapporo Snow Festival yang diadakan pada bulan Februari setiap tahun. Sapporo juga dikenal sepagai kota asal biskuit shiroi koibito (white sweetheart), mie ramen miso, dan mie ramen Sapporo. Landmark dan objek wisata utama di kota ini antara lain Odori Park, Mount Moiwa Ropeway, Sapporo TV Tower, Former Hokkaido Government Office, Sapporo Clock Tower, Kuil Hokkaido, dan Susukino. Lebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata Sapporo, Hokkaido.


7. Hiroshima

Itsukushima, Hiroshima
Itsukushima, Hiroshima
Destinasi wisata ketujuh adalah Hiroshima, kota bersejarah yang pernah menjadi target serangan bom nuklir. Hiroshima merupakan ibu kota Prefektur Hiroshima. Secara geografis, Hiroshima terletak di Teluk Hiroshima, region Chugoku, wilayah barat Pulau Honshu. Jumlah penduduk kota ini sekitar 1,17 juta jiwa pada tahun 2010. Dalam Bahasa Jepang, Hiroshima berarti “pulau yang luas”. Pada saat Perang Dunia II, Hiroshima merupakan kantor pusat armada perang Jepang serta pusat logistik perlengkapan militer, karena itulah kota ini menjadi sasaran bom atom. Pada 6 Agustus 1945, sebuah bom nuklir “Little Boy” dijatuhkan oleh tentara perang Amerika Serikat ke kota ini dan langsung membunuh lebih dari 80.000 jiwa. Tidak hanya itu, pada akhir tahun, jumlah penduduk yang meninggal meningkat mencapat hingga 166.000 jiwa akibat radiasi nuklir. Untuk mengenang peristiwa tersebut, di kota ini dibangun Hiroshima Peace Memorial Park, Atomic Bomb (Genbaku) Dome, Hiroshima Peace Memorial Museum, dan Peace Pagoda. Objek wisata lainnya di kota ini antara lain Shukkei-en, Itsukushima, Hiroshima Castle, dan Mitaki-dera.

8. Hakone

Hakone
Hakone
Destinasi wisata kedelapan adalah Hakone (Hakone-machi), pintu gerbang menuju ke Gunung Fuji (Fuji-san). Hakone adalah kota kecil yang terletak di Distrik Ashigarashimo, Preferktur Kanagawa. Jumlah penduduk kota ini hanya sekitar 13 ribu jiwa pada tahun 2012. Secara geografis, Hakone terletak region Kanto, di tepi Danau Ashi, wilayah Taman Nasional Fuji-Hakone-Izu. Wilayah Hakone merupakan salah satu UNESCO Geopark di Jepang. Pada Periode Edo, Hakone hanya merupakan stasiun transit antara Edo (Tokyo) dan Kyoto. Setelah Restorasi Meiji, Hakone menjadi sebuah kota dan bergabung dengan Prefektur Kanagawa. Selain Gunung Fuji, Hakone juga terkenal dengan wisata onsen (permandian air panas). Objek wisata lainnya di kota ini antara lain Danau Ashi, Hakone Gongen, geyser Owakugani, dan Hakone Botanical Parden.

9. Kobe

Chinatown, Kobe
Chinatown, Kobe - photo by Laitr Keiows
Destinasi wisata kesembilan adalah Kobe, kota metropolitan yang juga terletak di Teluk Osaka. Kobe merupakan ibu kota Prefektur Hyogo. Kota ini terletak di region Kansai, di tepi utara Teluk Osaka, wilayah selatan Pulau Honshu. Dari Osaka, Kobe hanya berjarak sekitar 30 km di sebelah barat. Jumlah penduduk kota ini sekitar 1,5 jiwa pada tahun 2015. Kobe bersama dengan Kyoto dan Osaka, merupakan bagian dari area metropolitan Keihanshin. Kobe merupakan satu-satunya kota di Jepang yang membuka perdangangan dengan negara-negara Barat. Beberapa perusahaan terkenal Jepang memiliki kantor pusat di Kobe, seperti Kawasaki Heavy Industries dan Kobe Steel. Landmark dan objek wisata utama di kota ini antara lain Gunung Rokko, Onrima Onsen, Kuil Ikuta, Kobe Chinatown, Akashi Kaikyo Bridge, dan Kobe Port Tower.


10. Nara

Nara Park, Nara
Nara Park, Nara- photo by Talko
Destinasi wisata kesepuluh adalah Nara (Nara-shi), yang juga merupakan ibu kota Prefektur Nara. Kota ini terletak di wilayah utara prefektur dan berbatasan dengan Prefektur Kyoto di sebelah utara. Nara terletak di region Kansai, wilayah tengah Pulau Honshu. Jumlah pendudnuk kota ini sekitar 368 ribu jiwa pada tahun 2010. Di wilayah Nara, terutama di sekitar Nara Park, terdapat banyak rusa yang jinak. Rusa-rusa tersebut dianggap sebagai hewan suci sehingga dilindungi oleh masyarakat. Di Nara terdapat 8 kuil yang merupakan UNESCO World Heritage yaitu Todai-ji, Saidai-ji, Kofuku-ji, Kasuga-taisha, Gango-ji, Yakushi-ji, Toshodai-ji, dan Heijo Palace. Objek wisata lainnya di kota ini antara lain Nara Park, Kasugayama Primeval Forest, Isuien Garden, Gunung Wakakusa, Nara Hotel, dan Nara National Museum.

Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang 10 destinasi wisata cantik di Jepang yang wajib kalian kunjungi. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip selanjutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

1 komentar: