Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Juni 09, 2016

8 Destinasi Wisata Cantik di Filipina yang wajib Kamu Kunjungi

Salam Traveling!

Setelah Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Thailand, sekarang kita menuju ke Filipina.

Filipina (Republic of the Philippines / Republika ng Pilipinas) adalah negara Asia Tenggara yang terletak di Samudra Pasifik, di sebelah utara Indonesia. Sama seperti negara kita, wilayah Filipina juga berupa kepulauan yang terdiri atas lebih dari 7.000 pulau. Wilayah negara ini dibagi menjadi 3 region utama yaitu Luzon, Visayas, dan Mindanao. Karena letaknya di Samudra Pasifik dan dekat dengan garis khatulistiwa, di wilayah negara ini kerap terjadi angin topan dan gempa bumi. Ibu kota Filipina terletak di Manila dan kota terbesarnya adalah Quezon City. Bahasa resmi yang digunakan oleh penduduk adalah Bahasa Filipino (Tagalog) dan Bahasa Inggris. Mata uang yang digunakan adalah Philippine Peso (PHP). Bandara internasional utama di Filipina adalah Ninoy Aquino International Airport (MNL) yang terletak di kota Pasay, sekitar 7 km dari pusat kota Manila.

Berikut 8 destinasi wisata favorit yang sering dikunjungi oleh para traveler di Filipina:

1. Boracay

Boracay, Filipina
Boracay - foto oleh Angelo Juan Ramos
Boracay adalah sebuah pulau kecil yang terletak di region Western Visayas, wilayah tengah Filipina. Dari Panay Island, Boracay berjarak sekitar 2 km ke sebelah barat-laut, sedangkan dari Manila, pulau ini berjarak sekitar 442 km ke sebelah selatan. Secara administratif, Boracay termasuk dalam wilayah Malay, Provinsi Aklan. Luas pulau hanya ini sekitar 10 km persegi dengan jumlah penduduk 28 ribu jiwa pada tahun 2010. Boracay terkenal dengan objek wisata pantai berpasir putih, dengan air laut yang biru dan deretan pohon kelapa di sepanjang pantai. Pada tahun 2012, majalah Travel + Leisure memberi penghargaan kepada pulau ini sebagai salah satu pulau terbaik di dunia. Selain pantai, aktivitas wisata lainnya yang terkenal di Boracay adalah diving, snorkeling, windsurfing, kiteboarding, dan parasailing. Untuk mencapai pulau cantik ini, para traveler umumnya menggunakan jalur udara melalui bandara Godofredo P. Ramos Airport (MPH) yang terletak di Provinsi Aklan.

2. Manila

Manila, Filipina
Manila - foto oleh Obra19
Manila adalah ibu kota negara Filipina, sekaligus pusat region Metro Manila. Secara geografis, Manila terletak di tepi Teluk Manila (Manila Bay), wilayah pantai barat pulau Luzon. Sungai Pasig mengalir melalui kota ini dan membagi wilayah Manila menjadi 2 bagian. Jumlah penduduk kota ini sekitar 1,7 juta jiwa pada tahun 2015. Menurut sejarah, Manila pertama kali dibangun oleh Kerajaan Tondo, juga dengan nama Tondo. Setelah itu, kota ini menjadi bagian dari Kerajaan Hindu Majapahit. Kemudian, kota ini dikuasai oleh Sultan Bolkiah Brunei dan namanya diganti menjadi Maynilá. Landmark dan objek wisata utama di kota ini antara lain Malacañang Palace, National Museum of the Philippines, Intramuros, Rizal Park, Fort Santiago, San Agustin Church, Manila City Hall, Manila Ocean Park, Binondo, Ermita, Malate, dan Manila Zoo.


3. Cebu City

Cebu City, Filipina
Cebu City
Cebu City (City of Cebu) adalah ibu kota Provinsi Cebu sekaligus merupakan pusat area metropolitan Metro Cebu. Secara geografis, Cebu City terletak di wilayah tengah Pulau Cebu, region Central Visayas, wilayah tengah Filipina. Di sebelah timur, wilayah kota ini dibatasi oleh Selat Mactan dan Selat Cebu. Jumlah penduduk kota ini sekitar 922 ribu jiwa pada tahun 2015. Cebu City merupakan pusat ekonomi, perdagangan, dan pendidikan di region Visayas. Landmark dan objek wisata utama di kota ini antara lain Basilica Minore del Santo Niño, Fort San Pedro, Magellan’s Cross, Casa Gorordo Museum, dan Cebu Taoist Temple.

4.Bohol

Bohol, Filipina
Chocolate Hills, Bohol - foto oleh P199
Bohol adalah sebuah pulau sekaligus provinsi yang terletak di region Central Visayas, wilayah tengah Filipina. Selain pulau utama, wilayah Provinsi Bohol juga meliputi beberapa pulau kecil di sekitarnya. Ibu kota provinsi ini adalah Tagbilaran City. Pulau Bohol dikelilingi oleh 3 pulau besar yaitu Cebu di sebelah barat, Leyte di sebelah timur-laut, dan Mindanao di sebelah selatan. Jumlah penduduk provinsi ini sekitar 1,3 juta jiwa pada tahun 2015. Objek wisata utama di Bohol adalah Chocolate Hills, deretan perbukitan kapur yang bentuknya menyerupai coklat. Menurut penelitian, bukit-bukit tersebut berasal dari terumbu karang pada zaman es. Selain Chocolate Hills, objek wisata lainnya di Bohol antara lain Sungai Lobok, Alona Beach, dan Baclayon Church.


5. Davao City

Davao City, Filipina
Davao City - foto oleh scorpious18
Davao City (City of Davao) merupakan kota terbesar di region Mindanao sekaligus pusat area metropolitan Metro Davao. Kota ini merupakan ibu kota Provinsi Davao del Sur. Secara geografis, Davao City terletak di pantai tenggara Pulau Mindanao, di tepi Teluk Davao, wilayah selatan Filipina. Puncak tertinggi di Filipina, Mount Apo, terletak di wilayah barat-laut kota ini. Sungai Davao mengalir di wilayah kota dan merupakan sungai utama di Davao City. Jumlah penduduk kota ini sekitar 1,6 juta jiwa pada tahun 2015. Landmark dan objek wisata utama di Davao City antara lain Mount Apo, People’s Park, Samal Island, Eden Nature Park, dan Kadayawan Festival. Kota ini juga terkenal dengan kuliner tradisional yang terbuat dari pisang dan durian.

6. Baguio

Baguio, Filipina
Baguio - foto oleh Bro. Jeffrey Pioquinto, SJ
Baguio (City of Baguio) adalah kota wisata yang terletak di Provinsi Benguet. Secara geografis, Baguio terletak di dataran tinggi Pegunungan Cordilerra Central, wilayah utara Pulau Luzon. Kota ini berada pada ketinggian sekitar 1.540 meter dari permukaan laut. Karena letaknya di daerah pegunungan, Baguio memiliki iklim sejuk sepanjang tahun sehingga sering dijuluki sebagai “City of Pines” dan “Summer Capital of the Philippines”. Jumlah penduduk kota ini sekitar 345 ribu jiwa pada tahun 2015. Landmark dan objek wisata utama di kota ini antara lain Burham Park, Mines View Park, The Mansion, Casa Vallejo, Teacher’s Camp, dan Laperal White House.


7. Tagaytay

Tagaytay, Filipina
Tagaytay - foto oleh Roberto Verzo
Tagaytay (City of Tagaytay) adalah kota wisata yang terletak di Provinsi Cavite. Secara geografis, kota ini terletak di ujung selatan Pulau Luzon, wilayah utara Filipina. Dari Manila, Tagaytay hanya berjarak sekitar 55 km. Dari kota ini, kita bisa melihat Danau Taal (Taal Lake) yang terletak di Provinsi Batangas. Di tengah danau tersebut, terdapat sebuah pulau yang disebut Taal Volcano Island. Jumlah penduduk kota ini sekitar 71 ribu jiwa pada tahun 2015. Sama seperti Baguio, Tagaytay juga terletak di dataran tinggi dan memiliki iklim sejuk sepanjang tahun, sehingga sering dijuluki sebagai “The Country 2nd Summer Capital”. Selain panorama Danau Taal, objek wisata lainnya di kota ini antara lain Sky Ranch Amusement Park, Robinson Summit Ridge, Picnic Grove Complex, dan People’s Park in the Sky.

8. El Nido, Palawan

El Nido, Filipina
El Nido - foto oleh glwx
El Nido (Municipality of El Nido) adalah kota resort yang terletak di Provinsi Palawan. Secara geografis, El Nido terletak di ujung utara Pulau Palawan, wilayah tengah Filipina. Dari Manila, kota ini berjarak sekitar 420 km di sebelah barat-daya, dan dari Puerto Princesa, ibu kota Provinsi Palawan, kota ini berjarak sekitar 238 km di sebelah timur-laut. Jumlah penduduk kota ini sekitar 36 ribu jiwa pada tahun 2010. El Nido terkenal dengan objek wisata pantai berpasir putih, terumbu karang, tebing-tebing karst, dan merupakan pintu gerbang menuju ke Kepulauan Bacuit. Beberapa objek wisata utama di wilayah kota ini antara lain Nacpan Beach, Bacuit Bay, Cadlao Island, Dilumacad Island, Matinloc Island, dan Ille Cave.

Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang destinasi wisata cantik di Filipina yang wajib kalian kunjungi. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar