Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Oktober 10, 2017

7 Wisata Alam Spektakuler di Selandia Baru

Salam Traveling!

Masih di Selandia Baru, setelah Auckland, Christchurch, dan Wellington, sekarang kita akan mengunjungi beberapa wisata alam spektakuler di negara ini.

Selandia Baru (New Zealand) adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di wilayah barat-daya Samudra Pasifik. Negara ini terdiri atas 2 pulau utama, yaitu North Island (Te Ika-a-Maui) dan South Island (Te Waipounamu), serta pulau-pulau kecil di sekitarnya. Dari Australia, Selandia Baru berjarak sekitar 1.500 km di sebelah tenggara. Letaknya yang terpencil menjadikan Selandia Baru menjadi salah satu negara yang paling akhir dihuni oleh penduduk. Ibu kota negara ini adalah Wellington, yang terletak di North Island. Dua kota utama lainnya adalah Auckland yang merupakan kota terbesar di North Island, serta Christchurch, kota terbesar di South Island. Di Selandia Baru, ada 2 bandara internasional utama Auckland International Airport (AKL) dan Christchurh International Airport (CHC).

Bagi pecinta alam, Selandia Baru tentunya menjadi salah satu negara yang wajib dikunjungi, karena di sini terdapat berbagai wisata alam dengan panorama yang menakjubkan. Berikut di antaranya:

1. Milford Sound

Milford Sound, Selandia Baru
Mitre Peak, Milford Sound
Wisata alam pertama adalah Milford Sound, sebuah fyord yang terletak di pantai barat-daya South Island, Selandia Baru. Fyord ini termasuk dalam area Fiordland National Park dan merupakan destinasi wisata alam paling favorit di Selandia Baru. Milford Sound membentang sepanjang 15 km mulai dari Laut Tasman hingga ke Dale Point. Sepanjang fyord dikelilingi oleh pegunungan dan tebing-tebing batu yang tingginya lebih dari 1.000 meter. Salah satu puncak utama adalah Mitre Peak (1.692 m), yang juga merupakan wilayah tengah fyord. Di fyord ini juga terdapat 2 air terjun utama yaitu Lady Bowen Falls dan Stirling Falls. Selain itu, jika turun hujan deras, banyak air terjun kecil yang akan terbentuk, kemudian mengalir melalui tebing, tetapi akan berhenti beberapa hari kemudian. Dari Queenstown, Milford Sound berjarak sekitar 287 km serta bisa dicapai melalui jalur jalan State Highway 6 dan State Highway 94. Untuk menjelajahi fyord, tersedia jasa cruise ship maupun penyewaan perahu.

2. Abel Tasman National Park

Abel Tasman National Park, Selandia Baru
Abel Tasman National Park
Wisata alam kedua adalah Abel Tasman National Park, taman nasional yang terletak di ujung utara South Island, tepatnya di antara Golden Bay dan Tasman Bay. Taman nasional seluas 22 ribu hektar ini pertama kali diresmikan pada tahun 1942. Nama area ini diambil dari nama Abel Tasman, seorang penjelajah Eropa yang pertama kali mendarat di Selandia Baru. Wilayah taman nasional ini sebagian besar berupa hutan dan perbukitan yang membentang mulai dari lembah Takaka dan Sungai Riwaka, hingga ke perairan Golden Bay dan Tasman Bay, termasuk beberapa pulau kecil di sekitarnya seperti Tata Island, Tonga Island, dan Fisherman Island. Untuk menjelajahi area ini, terdapat jalur yang umum digunakan oleh pengunjung adalah Abel Tasman Coast Track yang mengikuti jalur pantai. Jalur lainnya adalah Abel Tasman Inland Track tetapi jarang digunakan. Pemukiman yang paling dekat dengan taman nasional ini adalah Marahau, sedangkan kota terdekat adalah Motueka yang berjarak 20 km.


3. Tongariro National Park

Tongariro National Park, Selandia Baru
Emerald Lake, Tongariro National Park
Wisata alam ketiga adalah Tongariro National Park, taman nasional yang terletak di wilayah tengah North Island, Selandia Baru. Tongariro pertama kali diresmikan pada tahun 1887 serta merupakan taman nasional tertua di Selandia Baru. Luas area taman nasional ini sekitar 79 ribu hektar, serta hanya beberapa kilometer di sebelah barat Danau Taupo. Tepat di bagian tengah area ini terdapat deretan gunung vulkanik aktif yaitu Ruapehu, Ngauruhoe, dan Tongariro, yang dianggap sakral oleh suku Maori. Beberapa pemukiman penduduk di sekitar area taman antara lain Ohakune, Turangi, National Park Village,dan Whakapapa. Di taman nasional ini juga terdapat jalur Tongariro Alpine Crossing yang melalui Emerald Lake, sebuah danau kawah dengan air yang berwarna biru kehijauan. Dari Wellington, Tongariro berjarak sekitar 320 km ke sebelah utara, sedangkan dari Auckland taman nasional ini berjarak sekitar 300 km ke sebelah selatan.

4. Aoraki/Mount Cook National Park

Mount Cook National Park, Selandia Baru
Aoraki/Mount Cook National Park
Wisata alam keempat adalah Aoraki atau Mount Cook National Park, taman nasional yang terletak di wilayah tengah South Island. Taman nasional ini pertama kali diresmikan pada tahun 1953 untuk melestarikan area di sekitar Mount Cook (3.724 m), puncak tertinggi di Selandia Baru. Area taman nasional ini membentang sepanjang 60 km di wilayah pegunungan Southern Alps. Sebagian besar wilayah Aoraki berupa puncak pegunungan dan gletser, yang terkenal adalah Tasman Glacier yang mengalir di Tasman Valley, tepat di sebelah timur Mt Cook. Aktivitas yang umum dilakukan oleh wisatawan di sini tentunya hiking serta ski terutama di area gletser. Kota terdekat dengan taman nasional ini adalah Twizel, yang berjarak sekitar jarak sekitar 65 km. Dari kota tersebut, pengunjung bisa melalui jalan State Highway 80 menuju ke Mount Cook Village, pintu gerbang ke Mount Cook National Park.


5. Huka Falls

Huka Falls, Selandia Baru
Huka Falls
Wisata alam kelima adalah Huka Falls, air terjun cantik yang terletak di wilayah tengah North Island. Air terjun ini berasal dari aliran Sungai Waikato, yang selanjutnya akan mengalir ke Danau Taupo. Huka Falls terbentuk karena pada area hilir Sungai Waikato terdapat canyon sempit sepanjang 100 meter dan lebar hanya 15 meter. Dari canyon inilah, air sungai akan jatuh dan membentuk air terjun yang berwarna biru cerah ini. Tinggi Huka Falls hanya sekitar 6 meter. Di atas air terjun ini, terdapat air terjun yang leih kecil setinggi 8 meter. Kota terdekat untuk menacai objek wisata ini adalah Taupo, dengan melalui jalan State Highway 1. Di Taupo juga terdapat wisata alam lainnya yaitu Danau Taupo, danau tereluas di wilayah Selandia Baru.

6. Lake Tekapo

Lake Tekapo
Lake Tekapo
Wisata alam keenam adalah Lake Tekapo, danau cantik berwarna biru kehijauan yang terletak di wilayah tengah South Island. Danau ini termasuk dalam wilayah Distrik Mackenzie, region Canterbury. Lake Tekapo merupakan danau terbesar kedua dari tiga danau yang membentang sejajar di tepi lembah sungai Mackenzie. Dua danau lainnya adalah Lake Pukaki dan Lake Ohau. Lake Tekapo memiliki luas permukaan 83 km persegi dan berada pada ketinggian 710 meter dari permukaan laut. Di sekeliling danau ini tumbuh banyak bunga lupin yang membuat panorama danau ini semakin cantik. Di salah satu tepi danau juga terdapat bangunan gereja tua yang telah ada sejak tahun 1935. Di ujung selatan danau ini terdapat kota kecil yang juga bernama Lake Tekapo, yang merupakan pintu masuk ke objek wisata ini. Dari Christchurch, Lake Tekapo berjarak sekitar 227 km, serta terhubung dengan jalur jalan State Highway 79 dan State Highway 1.


7. Waitomo Glowworm Caves

Waitomo Glowworm Caves, Selandia Baru
Waitomo Glowworm Caves
Wisata alam terkahir kita kali ini adalah Waitomo Glowworm Caves, sebuah gua dengan banyak cacing yang selalu bersinar pada malam hari. Gua ini terletak di distrik Waitomo, region Waikato, North Island. Yang menyebabkan gua menjadi bersinar adalah spesies Arachnocampa luminosa, sejenis cacing yang mengeluarkan cahaya dan hanya ditemukan di wilayah Selandia Baru. Struktur gua sendiri sebagian besar tersusun atas batuan kapur (limestone) dengan banyak stalaktit dan stalagmite pada bagian langit-langit. Sedangkan bagian dasar gua berupa sungai bawah tanah (Waitomo River) sehingga untuk menelusurinya harus menggunakan perahu. Selain gua ini, di Waitomo juga terdapat beberapa gua lainnya seperti Ruakuri Cave dan Aranui Cave. Objek wisata ini dilengkapi dengan pusat informasi dan guided tour bagi pengunjung. Dari Auckland, Waitomo berjarak sekitar 195 km ke sebelah selatan serta dihubungkan oleh jalur State Highway 39 dan State Highway 1.

Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang Wisata Alam spektakuler favorit para traveler di Selandia Baru. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya !




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar